August 6, 2020
membuat kemasan produk packaging

5 Cara Mudah Membuat Kemasan Produk yang Menarik

Menjalankan sebuah bisnis memang tidak mudah, karena ada banyak hal yang harus diperhatikan agar produk yang dijual bisa bersaing dengan produk yang lain. Selain harga dan kualitas, kemasan juga menjadi faktor penting agar produk lebih banyak diminati. Bahkan bisa dikatakan jika kemasan menjadi hal pertama yang membuat pelanggan melirik suatu produk. Membuat kemasan produk agar lebih menarik dapat dilakukan dengan mudah, melalui cara berikut ini.

Tips Menentukan Kemasan yang Tepat untuk Produk Anda

1. Memilih Desain yang Simpel

Membuat sebuah kemasan yang menarik dan disukai oleh konsumen tidak perlu dilakukan dengan memilih desain yang rumit. Desain seperti ini justru akan membingungkan konsumen. Kemasan yang menarik bisa didapatkan dengan memilih desain yang lebih sederhana dan mudah dibawa oleh konsumen. Namun, anda juga tidak boleh mengabaikan keunikan dari kemasan itu sendiri. Selain memudahkan konsumen, desain yang sederhana juga bisa menekan biaya produksi.

membuat kemasan produk

2. Menggunakan Warna yang Cerah

Agar kemasan dari produk anda berbeda dengan yang lain, maka anda harus memilih warna yang cerah. Anda bisa melakukan riset kecil kecilan terlebih dahulu, mengenai warna kemasan yang umumnya ada di pasaran. Selanjutnya anda dapat menentukan jenis warna yang jarang digunakan oleh kompetitor. Warna cerah dianggap sebagai pilihan yang tepat, karena dapat memberikan kesan yang lebih mencolok jika diletakkan di tempat yang sama dengan produk lain.

Maka ketika seorang pelanggan berbelanja di Supermarket, mereka lebih tertuju kepada produk anda karena kemasan yang unik tersebut. Selain itu, anda juga perlu memilih gambar yang menarik, mengingat masyarakat lebih mudah menangkap informasi dalam bentuk visual. Gambar yang dipilih tidak harus berkaitan langsung dengan produk yang anda jual. Anda juga bisa menggunakan gambar lucu atau unik yang secara tidak langsung masih ada keterkaitan dengan produk.

3. Gunakan Font yang Menarik

Setelah menentukan warna kemasan dan gambar yang dicantumkan, maka selanjutnya anda perlu memikirkan informasi yang akan dicantumkan saat sedang membuat kemasan produk. Adanya informasi ini tentu sangat penting bagi konsumen agar lebih mudah dalam mengenali produk tersebut. Sebaiknya, gunakan informasi yang lebih singkat dan jelas. Selain itu, pilih font huruf yang lebih menarik, agar konsumen tertarik untuk membaca informasi tersebut.

4. Menambahkan Legalitas dari Pemerintah

Mencantumkan legalitas dari pemerintah akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang anda tawarkan. Apalagi konsumen saat ini cukup pandai, sehingga lebih waspada terhadap produk yang kurang jelas. Maka dari itu, anda perlu menambahkan data legalitas pemerintah yang memang berwenang dengan produk yang dijual. Beberapa contoh legalitas dari pemerintah bisa dari Dinas Kesehatan, Badan pengawas Makanan dan Obat serta sertifikasi halal.

membuat kemasan produk desain kemasan cookies

5. Menggunakan Bahan yang Terjangkau

Selain dari tampilan yang menarik, anda juga perlu menerapkan tips membuat kemasan dengan memilih bahan yang terjangkau. Misalnya memilih bahan dari kertas daur ulang maupun bahan daur ulang yang lain. Namun, cara ini hanya jika kemasan tersebut tidak mempengaruhi kualitas produk yang ada jual. Terdapat banyak keuntungan yang bisa anda peroleh ketika menggunakan bahan daur ulang. Selain lebih ramah lingkungan, harga bahan juga lebih ekonomis.

Itulah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mendapatkan kemasan yang lebih menarik. Selain itu, pastikan memilih material yang tepat jika memang produk dijual ke tempat yang lebih jauh. Sehingga produk yang masih dalam kemasan bisa terlindungi dengan baik tanpa ada cacat selama proses perjalanan. Jika produk lebih banyak dijual secara online, maka anda perlu memperhatikan tingkat keunikan saat ditangkap oleh mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *