November 28, 2020
Bangkrut Saat Pandemi corona

5 Strategi Hindari Bisnis Bangkrut Saat Pandemi

Melakukan bisnis memiliki plus dan minusnya, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para usahawan. Untuk mencapai kemajuan bisnis yang makin sukses, perlu adanya strategi jitu agar usaha Anda tidak bangkrut meskipun wabah corona masih merajalela. Berikut tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari gulung tikar saat wabah.

Strategi Hindari Kemerosotan Bisnis

1. Lakukan Evaluasi Terhadap Bisnis

Jika merasa bisnis mengalami kemerosotan keuangan maka baiknya melakukan evaluasi terhadap bisnis. Lihat secara terperinci apa yang menjadi penyebab utama mengapa bisnis Anda tidak bisa berkembang meski saat pandemi berlangsung. Mengikutsertakan evaluasi dengan karyawan, investor dan klien juga tidak ada salahnya.

Pemilik Bisnis Saat Pandemi Bangkrut Saat Pandemi

Dengan melakukan evaluasi Anda bisa tahu dititik manakan yang perlu untuk dibenahi dan dikembangkan lebih baik lagi. Lakukan pula pengecekan secara rutin terhadap produk yang ditawarkan. Bagaimana kualitasnya, layanan yang diberikan, posisi harga, apa itu semua sudah mencakup sebagai bisnis yang baik.

2. Optimalkan Layanan Online

Pembelian secara online sekarang ini banyak digandrungi oleh masyarakat. Pebisnis yang cerdas pasti tahu dan akan meningkat pelayanan online, karena menjual secara online tentu dapat membantu meningkatkan penjualan produk. Saat wabah, maksimalkan semua layanan online yang di miliki, seperti aplikasi, sosial media, website dan lain-lain.

Agar memudahkan konsumen ketika hendak membeli produk yang kita miliki walau mereka sedang berada di rumah saja. Jika memungkinkan, gunakan juga alternatif untuk bergabung ke berbagai e-commerce atau berbagai macam platform distributor, hal ini dapat memperluas lapak penjualan kamu di dunia maya.

3. Usahakan Tetap Melakukan Promosi

Tips lainnya adalah tetap adakan promosi dengan menawarkan harga yang lebih rendah. Sehingga hal ini menjadi daya ikat tersendiri bagi konsumen. Jika memungkinkan Anda bisa melakukan diskon atau paket pembelian yang lebih murah dibanding biasanya. Terus fokuskan terhadap harga yang rendah, agar menarik banyak konsumen untuk membelinya.

Lakukan promosi dengan efisien pada sosial media, gencarkan produk-produk yang mendapat potongan harga dan harga yang rendah untuk menu berpaket. Masyarakat yang didominasi memiliki sosial media tentu akan memudahkan mereka lebih mudah tertarik dari proses promosi melalui internet.

4. Meminta Pendapat Ide Pengembangan Pada Karyawan

Pemilik bisnis juga harus mendengarkan beberapa ide masukan dari karyawan. Anda tidak boleh bersikap egois dengan tidak mendengarkan beberapa pemikiran dari tim yang dimiliki. Bisa jadi ada ide yang belum terpikirkan oleh Anda selama ini. Ide juga bisa menjadi inovasi baru untuk melonjakkan bisnis agar tidak gulung tikar.

Bangkrut Saat Pandemi startup

Mulailah mengadakan diskusi khusus dengan karyawan, dari situ Anda bisa mengerti dan memahami hal-hal yang belum terpikirkan, bisa menanyakan bagaimana strategi mengembangkan bisnis. Dan juga, diharapkan untuk tidak mengumbar terancamnya bisnis bangkrut di saat wabah.

5. Tingkatkan Efisiensi

Maksud dari meningkatkan efisiensi disini adalah melakukan penghematan dalam pengeluaran rutin. <>Kondisi finansial merupakan hal yang harus dijaga dengan baik agar tidak berdapat pada orang lain. Oleh karena itu, minimkan biaya operasional yang dirasa kurang dibutuhkan dan tidak begitu penting agar bisnis Anda tetap berlangsung kedepannya.

Melakukan hal diatas bukan berarti Anda harus melakukan Pemutus Hubungan Kerja dengan segelintir karyawan. Walaupun banyak yang melakukan hal ini, namun ini bukanlah keputusan yang baik karena akan merugikan kelangsungan hidup karyawan itu sendiri. Cobalah untuk berusaha berhemat dengan anggaran yang ada.

Demikian tips yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis agar tidak gulung tikar walau sedang dalam masa pandemi. Lakukan dengan baik langkah-langkah diatas dengan telaten dan tetap tenang. Pastikan Anda tidak mengambil keputusan yang merugikan diri sendiri maupun banyak orang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *