November 27, 2020
Kesehatan Bagi Orang Dewasa

5 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Orang Dewasa Selama Pandemi Covid 19

Ketika menjadi orang tua, hal utama yang diperhatikan adalah kebutuhan anak. Sehingga perawatan serta perhatian terhadap diri pun sering kali diabaikan. Namun, selama masa pandemi Covid 19 ini, semua individu diimbau untuk menjaga kesehatan. Karena anak-anak, orang dewasa, hingga orang usia lanjut berisiko dalam menularkan dan tertular Virus Corona. Oleh karena itu, berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan yang dapat anda terapkan.

Cara Menjaga Kesehatan Selama Pandemi

1. Prioritaskan Kesehatan

Sebenarnya memprioritaskan kesehatan tidak hanya penting dilakukan saat pandemi saja, namun di saat-saat normal pun hal ini merupakan sesuatu yang penting. Anda dapat memulainya dengan melakukan gaya hidup sehat. Seperti makan makanan yang bergizi dilengkapi dengan kandungan-kandungan yang dibutuhkan tubuh, olahraga teratur, menjaga kebersihan, dan tidur yang cukup.

Dewasa Selama Pandemi Covid 19

Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka anda pun tidak akan mudah terserang penyakit. Tidak hanya kesehatan fisik saja, beberapa hal tersebut juga bisa menyebarkan energi yang positif pada mental anda. Tubuh serta mental yang kuat akan membuat anda siap menjalani hari, anda pun dapat membantu menjaga kesehatan keluarga. Anda sehat, keluarga sehat, penularan virus pun dapat berkurang.

2. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menjaga kesehatan mental juga merupakan hal yang penting. Maka anda perlu menjaga dan menciptakan waktu untuk diri sendiri. Karena bepergian dapat berisiko di saat-saat seperti ini, maka sebaiknya anda membuat waktu untuk diri di rumah. Seperti sholat malam atau membaca setelah anak-anak tertidur. Maka anda pun dapat menenangkan dan mengevaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya.

3. Berhubungan Kembali dengan Hal-Hal yang Disuka di Rumah

Pikirkan kembali hal-hal yang dapat anda lakukan selama pandemi di rumah. Daripada anda sibuk bepergian ke luar karena sudah bosan terlalu lama di rumah saja, sebaiknya anda mencoba kembali hobi atau kegiatan yang anda sukai. Mungkin ada proyek rajutan yang selalu ingin anda pelajari, atau berbagai macam menu masakan yang ingin anda coba. Atau saling mengenal lebih dalam dengan masing-masing anggota keluarga juga merupakan ide yang bagus selama di rumah.

4. Batasi Informasi yang Negatif

Menjadi orang dewasa berarti relasi anda pun semakin banyak. Tergabung dalam berbagai grup yang selalu mengabarkan berita mengkhawatirkan tentu dapat membuat anda cemas. Beritahu orang-orang yang sering mengirimkan broadcast buruk atau cenderung memicu kecemasan untuk berhenti melakukan hal tersebut. Karena bersimpati bukan berarti mengajak orang lain untuk panik dan ikut cemas. Atau anda cukup menekan tombol mute pada grup tersebut.

Kesehatan Bagi Orang Dewasa anda

5. Ikuti Protokol Kesehatan

Tips yang terakhir yakni mengikuti dengan benar protokol kesehatan yang telah diimbau oleh pemerintah. Tak bisa dipungkiri, hal ini memang merupakan cara terbaik untuk menekan laju penyebaran Virus Corona. Meski memasuki era normal, anda harus tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan bersih, membawa handsanitizer, dan menjaga jarak sekitar 1 hingga 2 meter dengan orang lain terutama di tempat umum.

Itulah beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk menjaga kesehatan. Selama anda sehat, anda juga dapat membantu menjaga kesehatan setiap anggota keluarga. Hal ini tidak berlaku pada kesehatan fisik saja, melainkan juga untuk kesehatan mental. Dengan bersikap baik terhadap diri sendiri, maka akan membantu anda tetap tenang selama masa-masa sulit pandemi ini. Jika merasa tenang dan tidak cemas, maka anda dapat menjaga kesehatan secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *