December 4, 2020
menjaga kesehatan anak di rumah lakukan tips sederhana ini supaya anak anda tetap sehat

6 Cara Menjaga Anak Tetap Sehat Selama Pandemi Virus Corona

Wabah Virus Corona melanda hampir seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Bahkan mengakibatkan angka kematian yang relatif tinggi di setiap daerah. Pemerintah pun meminta seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan mengikuti protokol kesehatan yang disarankan. Hal ini tidak berlaku bagi orang dewasa saja, anak pun perlu diajarkan untuk mengikuti imbauan tersebut. Berikut beberapa cara yang dapat anda terapkan agar si kecil tetap sehat selama pandemi.

Cara Menjaga Buah Hati Selama Pandemi

1. Memakai Masker

Penggunaan masker merupakan salah satu cara yang disarankan oleh pemerintah untuk menekan laju penyebaran Virus Corona. Sebab, virus tersebut diklaim dapat menular bahkan melalui droplet seperti air ludah, bersih, dan cairan batuk. Oleh karena itu, setiap ke luar rumah anda diwajibkan menggunakan masker. Hal ini juga berlaku untuk si kecil, anda perlu mengajarkan buah hati anda untuk mulai menggunakan masker apabila mengajaknya ke luar.

Menjaga Anak Tetap Sehat masker untuk bayi

2. Cuci Tangan

Selain penggunaan masker, menjaga kebersihan juga termasuk salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah tertular virus. Untuk itu, sebaiknya anda mulai mengajarkan si kecil bagaimana cara mencuci tangan yang baik. Setiap ia selesai bermain, ke kamar mandi, atau saat sebelum dan setelah makan. Anda dapat mengajarkannya dengan bermain seperti menari, agar si kecil tertarik untuk melakukannya.

3. Batasi Waktu dengan Orang Usia Lanjut

Jika terdapat anggota keluarga yang berisiko tinggi mengalami Covid-19, seperti kakek dan nenek yang sudah berusia lanjut serta mengidap penyakit tertentu. Maka sebaiknya anda pertimbangkan tindakan pencegahan ekstra, dengan memisahkan buah hati dari orang-orang tersebut. Untuk sementara, sebaiknya tunda kunjungan ke rumah kakek dan nenek yang berusia lanjut. Di masa pandemi ini, terhubung secara virtual adalah jalan yang terbaik.

4. Mencuci Barang-Barang Si Kecil

Sama halnya dengan mencuci tangan, mencuci barang-barang di rumah hingga bersih juga termasuk hal penting. Cuci semua barang termasuk mainan serta pakaian, apalagi jika barang tersebut adalah barang yang baru di beli. Jika memungkinkan, gunakan air hangat dan deterjen untuk mencucinya. Dan jemur hingga kering di bawah sinar matahari, agar virus, kuman, serta bakteri yang menempel hilang tak bersisa.

5. Praktikan Jarak Sosial

Kunci untuk mengurangi penyebaran Virus Corona adalah dengan membatasi kontak sebanyak mungkin. Saat belajar di sekolah ditiadakan dan diganti dengan belajar di rumah, anak sebaiknya tidak boleh bermain sendiri dengan tetangga. Jika si kecil bermain di luar rumah, penting bagi anda untuk selalu mengawasi. Agar ia tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Namun, alangkah lebih baiknya bila si kecil bermain di dalam rumah saja.

Menjaga Anak Tetap Sehat jaga jarak

6. Hindari Orang Sakit

Seperti halnya menjaga jarak minimal 1 hingga 2 meter dari orang lain, orang sakit tentu jelas harus dihindari oleh buah hati anda. Meski itu hanya nampak seperti sakit ringan, sebaiknya minta si kecil untuk tidak terlalu dekat. Selain itu, ajarkan buah hati anda mengenai etika batuk dan bersin yang benar. Ajarkan ia untuk menutup mulut dengan menggunakan bagian dalam lipatan sikut saat bersin maupun batuk.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga si kecil tetap sehat dan aman selama masa pandemi. Wabah Virus Corona memang terlihat seperti flu biasa, namun sangat mematikan. Maka, penting bagi anda untuk selalu memperhatikan kesehatan keluarga. Yakni dengan mengikuti protokol kesehatan dan anjuran yang telah disarankan oleh pemerintah, agar risiko penularan Covid 19 dapat diminimalisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *