December 4, 2020
batas konsumsi gula per hari

Agar Tetap Sehat, Yuk Cari Tahu Batas Konsumsi Gula Per Hari

Gula merupakan salah satu dari sumber energi yang dibutuhkan oleh manusia. Namun, apabila anda terlalu banyak mengonsumsi gula, maka akan berdampak pada kesehatan anda. Tak hanya bisa membuat gigi berlubang, asupan gula yang berlebih juga bisa membuat anda cepat gemuk. Untuk itu, sebelum mengonsumsinya maka anda bisa mengetahui lebih dulu batas konsumsi gula per hari yang tepat. Simak ulasan selengkapnya.

Mengintip Jumlah Maksimal Untuk Konsumsi Gula Tiap Harinya

1. Untuk Anak Anak

Bagi anak anak yang masih berusia yakni rentang 2 hingga 18 tahun, maka disarankan untuk tidak mengonsumsi gula lebih dari 25 gram. Sehingga, anda pun bisa memberikan batasan untuk si kecil agar mengonsumsi gula paling banyak sebanyak 6 sendok teh gula per harinya. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menjaga kesehatannya sejak dini. Sehingga, ia pun akan terlindung dari masalah gigi berlubang yang kerap kali dialami anak kecil.

batas konsumsi gula per hari bahaya gula untuk anak

Sebagai orang tua, maka anda pun bisa membatasi untuk mengonsusi minuman bersoda atau jenis minuman yang manis lainnya. hal ini dikarenakan tubuh akan lebih cepat untuk mencerna gula yang berasal dari minuman. Sehingga, dengan begitu akan bisa terjadi lonjakan kadar gula di dalam darah. Untuk itu, anda pun bisa mulai untuk mengurangi anak mengonsumsi minuman yang manis sejak kecil.

2. Untuk Wanita

Tak hanya anak anak saja, maka wanita pun juga memiliki batas konsumsi gula per hari yang harus diterapkan. Pada dasarnya, wanita dianjurkan untuk mengonsumsi gula tak lebih dari 100 kalori tiap harinya. Jika ditakar, maka sekitar 25 gram saja yang bisa untuk dikonsumi. Untuk itu, baik wanita ataupun anak anak memiliki batas maksimal untuk konsumsi gula yakni kurang lebih 6 sendok teh.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membatasi konsumsi gula tiap harinya, yakni dengan mengonsumsi makanan dalam bentuk asli. Sehingga, anda pun bisa mulai mengurangi untuk konsumsi makanan olahan. Pasalnya, gula alami yang terkandung di dalam makanan, salah satunya adalah yang berasal dari buah buahan. Anda pun bisa mengonsumsi buah setiap harinya sebagai makanan penutup yang sehat dan juga manis.

3. Untuk Pria

Selain wanita dan anak anak, maka pria pun juga mempunyai batas untuk mengonsumsi gula per harinya. AHA sendir menganjurkan sebaikna pria mengonsumsi maksimal sekitar 150 kalori setiap harinya. Hal ini dapat diartikan yakni setara dengan sekitar 38 gram atau 9 sendok teh gula. Konsumsi ini lebih banyak dibandingkan dengan wanita dan anak anak yang hanya mengonsumsi sekitar 2/3 nya saja.

batas konsumsi gula per hari wanita

Jika anda terbiasa mengonsumsi gula dalam jumlah banyak, maka anda bisa membatasinya secara perlahan. Untuk anda yang ingin menambah rasa pada minuman karena terbiasa dengan rasa yang manis, maka anda pun bisa menambahkan madu maupun jeruk nipis pada minuman anda. Hal ini tentu saja sebagai salah satu bentuk untuk mengurangi gula yang bisa anda terapkan. Anda juga bisa memeriksa label gizi di dalam kemasan untuk tahu kadar gula

Apabila anda mengalami kesulitan di dalam mengurangi gula maka anda pun bisa berkonsultasi kepada dokter. Hal ini dikarenakan nantinya anda bisa untuk mendapatkan rekomendasi asupan makanan yang cocok dan sesuai. Gula memang menjadi salah satu asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, apabila anda terlalu sering untuk mengonsumsi gula. Hal tersebut dikarenakan bisa mengganggu kesehatan tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *