December 4, 2020
Cara perizinan usaha

Apa Itu Izin Usaha Mikro ?

Usaha Mikro Kecil adalah bentuk badan usaha yang legal dan mengantongi izin resmi. Peran UMK ini memberikan lapangan pekerjaan untuk para pengangguran di berbagai daerah. Untuk bisa mendapatkan izin usaha mikro kecil anda harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu. Sehingga para pelaku usaha mikro akan lebih lancar dalam menjalankan bisnisnya. Yuk simak cara melakukan perizinan usaha mikro tersebut.

Langkah Untuk Mengurus Izin Usaha Mikro Kecil

Untuk mendaftarkan usaha anda ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengurusnya. Anda harus mempersiapkan surat pengantar dari aparat lingkungan seperti RT atau RW yang memiliki hubungan dengan pembangunan usaha. Persiapkan pula fotokopi dan dokumen asli KTP serta KK. Jangan lupa untuk menyiapkan foto dua lembar 4 kali 6 cm sebagai syarat untuk mengajukan perizinan usaha.

Cara perizinan usaha Pengertian Surat Perizinan Usaha Perdagangan Kegunaan dan Contoh

Jika sudah memenuhi segala dokumen tersebut, maka ada juga formulir yang disediakan. Isilah formulir tersebut dengan segala data yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk mencantumkan jumlah modal usaha dan tempatnya. Namun apabila ada dokumen yang belum selesai dilengkapi, maka sebaiknya diurus terlebih dahulu.

Setelah semua berkas dipenuhi dan formulir telah terisi secara detail, maka cara perizinan usaha selanjutnya adalah melampirkannya ke pejabat yang berwenang. Dalam hal ini yang dimaksud dengan pejabat adalah camat dari masing masing daerah. Apabila data belum terpenuhi maka data akan terancam dikembalikan.

Karena dikumpulkan di kantor kecamatan, maka petugas yang menganalisis adalah camat yang sudah mengantongi surat delegasi. Biasanya camat masing masing daerah telah diberikan limpahan wewenang untuk menyetujui izin usaha mikro dari bupati atau walikota. Apabila anda memiliki pertanyaan terkait pemeriksaan maka anda bisa langsung datang ke kantor pusat yang ada di Jakarta Selatan. Ketika anda ingin menerbitkan izin usaha, maka data harus disetujui oleh camat terlebih dahulu.

Jika sudah mendapatkan persetujuan maka kartu izin usaha akan segera dicetak sehingga segala aktivitas bisnis mikro ini akan bisa berjalan maksimal. Kartu ini akan mencantumkan bank yang bekerja sama dengan pemerintah, yaitu bank BRI. Untuk waktu penerbitan izin usaha pun berbeda beda, hal ini karena dalam aturan pelaksanaannya hanya menjelaskan segera untuk dilaksanakan.

Manfaat Izin Usaha Mikro Kecil

Apabila ada memiliki izin usaha mikro maka anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Cara perizinan usaha yang membutuhkan waktu tidak terntu ini akan membuat anda memperoleh perlindungan dari segi hukum oleh pihak berwenang. Hal ini karena sudah mengantongi izin maka pihak yang tidak bertanggung jawab akan berpikir dua kali jika ingin membuat masalah.

Cara perizinan usaha untuk anda

Anda juga akan mendapatkan banyak sekali pelatihan terkait sumber daya manusia yang kerapkali diadakan oleh dinas sosial maupun daerah setempat. Bisa jadi pelatihan yang diadakan tersebut bersifat gratis sehingga akan menambah skil dalam dunia usaha dan bisnis. Anda juga akan merasakan kemudahan ketika mengalami kesultan tambahan modal.

Pemilik izin usaha mikro akan memperoleh pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya karena sudah memiliki izin. Tentunya adanya izin ini akan membuat jamian lebih kuat karena ada aturan hukum yang berlaku. Karena sudah mengantongi izin, maka barang yang dijual atau pelayanan sudah terjamin oleh hukum.

Dengan banyaknya keuntungan yang dirasakan ketika mendapatkan izin usaha mikro, anda bisa mengembangkan karir anda lebih baik lagi setiap harinya. Bisnis yang sedang anda jalankan pun akan semakin baik setiap harinya. Untuk mendapatkan izin usaha maka anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Jangan sampai tertinggal satu dokumen pun karena akan membuat anda mengulangi proses mendapatkan izin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *