May 24, 2020
Manfaat Oralit

Aturan Pemakaian dan Manfaat Oralit yang Harus Anda Tahu, Yuk Intip Disini

Tak sedikit jenis obat obatan yang dapat ditemui saat ini. Seperti misalnya adalah jenis obat obatan yang dibuat khusus untuk mengatasi masalah pencernaan. Cara untuk memperoleh jenis obat oralit tersebut juga relatif mudah. Namun tentu saja Anda juga harus mengikuti aturan pemakaian yang ada guna memperoleh manfaat dari kandungan di dalamnya. Kemudian bagaimana cara atau aturan pakai dari jenis obat tersebut? Mari simak ulasannya berikut ini.

Manfaat yang Diperoleh dari Mengonsumsi Obat Oralit

Jenis obat yang dapat dikonsumsi oleh hampir semua jenjang usia salah satunya adalah oralit. Jenis obat ini juga cenderung mudah untuk diperoleh di sekitar Anda. Salah satu manfaat oralit adalah untuk meredakan gejala dehidrasi akibat diare yang dialami oleh seseorang. Gejala dehidrasi dapat diketahui dari timbulnya rasa haus yang sangat dan juga keadaan mulut yang menjadi kering.

Jika Anda mengalami dehidrasi, gejala berupa sakit kepala dan pusing juga dapat Anda rasakan. Rasa lelah juga akan mendera tubuh yang sedang mengalami dehidrasi. Jika tidak ditangani dengan baik, beragam gejala tersebut juga dapat memberikan dampak yang buruk bagi kondisi tubuh seseorang. Namun dengan menggunakan oralit ini, elektrolit yang hilang dari tubuh tersebut akan tergantikan dengan baik.

Salah satu jenis penyakit pencernaan yang dapat terbantu dengan menggunakan oralit adalah diare. Penyakit diare juga bisa menyerang semua orang dengan beragam alasan di baliknya. Sebagai upaya mengatasi penyakit inilah, manfaat oralit memiliki peran penting di di baliknya. Di pasaran sendiri oralit biasanya akan dijual dalam bentuk serbuk 4,1 gram yang dikemas dalam bentuk sachet.

Aturan Pemakaian dari Obat Oralit

Untuk memperoleh manfaat yang dimiliki oleh jenis obat ini juga diperlukan aturan pemakaian yang tepat untuk Anda lakukan. Jika dilihat secara umum, aturan pemakaian tersebut akan dibedakan dari rentang usia orang orang yang mengonsumsinya. Karena takaran obat untuk anak yang masih berusia balita tentu berbeda bagi mereka yang telah berusia dewasa.

Bagi anak yang berusia 0 sampai dengan 1 tahun, Anda dapat memberikan oralit sebanyak 1,5 gelas di 3 jam pertama. Barulah kemudian Anda bisa memberikan setengah gelas oralit setiap kali diare. Sementara untuk anak berusia 1 sampai dengan 5 tahun, maka jumlah pemberian oralit tersebut akan bertambah 2 kali lipat dari jumlah yang diberikan pada anak usia di bawahnya.

Untuk anak yang telah berusia 5 sampai 12 tahun, tentu juga akan memilikit akaran obat yang berbeda. Mereka dapat diberi 6 gelas larutan oralit pada 3 jam pertama. Barulah kemudian, berikan 1,5 gelas setiap kali diare. Sementara untuk orang orang di usia 12 tahun ke atas, dapat mengonsumsi oralit sebanyak 12 gelas pda 3 jam pertama. Kemudian meminum 2 gelas larutan oralit setiap kali mengalami diare.

Oralit juga dapat diminum sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh dokter. Untuk melarutkan 1 sachet oralit juga diperlukan 200 ml air putih. Anda dapat meminum obat yang memiliki segudang manfaat tersebut baik sebelum maupun setelah makan. Untuk menjaga kandungan di dalamnya, Anda dapat menyimpan oralit di tempat yang kering pada suhu di bawah 30˚C.

Obat yang bernama oralit adalah salah satu jenis obat yang telah banyak digunakan di masyarakat. Dengan kandungan yang ada di dalamnya juga membuat jenis obat ini menjadi sangat ampuh untuk digunakan dalam meredam dehidrasi yang terjadi akibat diare. Namun untuk menggunakan jenis obat tersebut, Anda juga harus mengonsumsinya sesuai dengan aturan pemakaian yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *