November 20, 2019
Menjadi Agency Iklan

Bagaimana Menjadi Agency Iklan ?

Maraknya penggunaan internetdapat dimanfaatkan untuk beberapa hal, salah satunya sebagai sarana periklanan. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan media sosial untuk pengiklankan produk atau jasa mereka. Agar tampilan iklan semakin menarik, tentu membutuhkan tenaga ahli yang bergerak dalam bidang agency iklan. Berikut tahapan yang harus dilaewati sebelum iklan disebarkan ke beberapa media.

Pengertian Agensi Iklan Secara Umum

Biro iklan merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang periklanan yang memilki peran sebagai perantara antara klien yang ingin memansang iklan dan media. Perusahaan iklan, tentu memiliki tenaga profesional yang memiliki bakat dan kemampuan pada bidangnya, dimana kemampuan ini akan digunakan untuk menciptakan suatu produk yang segar dan berbeda. Produk ini tentunya berhubungan dengan brand perusahaan untuk meningkatkan penjualan.

Ternyata, kehadiran agency iklan dapat membantu dalam bidang sosialisasi seperti melalui edukasi dengan memberikan himbauan. Contohnya ketika perusahaan yang menerima klien dinas kesehatan, maka secara tidak langsung,perusahaan iklan akan memsosialisasikan kepada masyarakat mengenai program yang diinginkan oleh klien, seperti sosialisasi bahaya merokok, kanker, dan lain lain.

Agency Iklan Menerima Orderan

Proses Pengerjaan Agen Iklan Ketika Menerima Orderan

Tahap pertama yang perlu dilakukan oleh pihak account executive adalah mengadakan pertemuan dengan klien yang ingin memasang iklan. Pertemuan ini berisikan perjanjian mengenai batas waktu ketika mengerjakan projek tersebut. Pada tahan ini pula, AE harus membuat data selengkap mungkin mengenai produk, target market, hingga gagasan yang ingin disampaikan pada iklan. Semua data tersebut, nantinya akan diserahakan pada tim kreatif.

Ketika data sudah diterima oleh tim kreatif, maka kepala tim kreatif harus segera membagi tugas pada setiap anggotanya, dimana masing masing memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan. Misalnya pada divisi art director yang harus segera membuatkan gambar, dan copy writter yang menuliskan kembali mengenai data produk yang akan diiklankan di media cetak, seperti majalah tabloid hingga media elektronik.

Hasil kerja tim kreatif agency iklan nantinya berupa lay out kasar, dimana sketsa ini perlu didiskusikan agar hasil lebih maksimal. Pada tahap ini, kepala kreatif akan memberikan masukan, saran, hingga penolakan terhadap hasil tim kreatif. Apabila hasil sudah memenuhi kriteria, maka hasil lay out akan diserahkan kembali kepada AE. Tugas AE belum selesai, lantaran harus memberikan hasil lay out kepada klien terlebih dahulu. Apabila klien setuju, maka proses selanjutnya bisa dilakukan.

Proses kerja pada agensi iklan Indonesia memang tidak semudah kelihatannya, karena semua hal akan tergantung dari keinginan klien. Oleh karean itu, pentingnya untuk membangun kerjasama antara AE dan tim kreatif, agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi klien. Untuk lebih mudahnya, tim kreatif hendaknya menyiapkan plan tambahan. Dengan begitu, klien dapat memilih plan yang mendekati dengan keinginannya, sehingga meminimalisri penolakan ide.

AE harus memperhatikan segala brief yang diberikan oleh klien untuk memberikan hasil yang maksimal ketika disampaikan kepada tim kreatif agency iklan. Ketika brief diberikan kepada tim kreatif sesuai dengan permintaan klien, maka tim kreatif akan mampu membuat lay out yang sesuai dengan keinginan klien. Dengan begitu, iklan akan sukses dilakukan, bahkan mungkin bisa menarik perhatian calon pembeli produk.

Bagi anda yang memiliki kreatifitas lebih dan tertarik bekerja pada jasa periklanan, tampaknya merupakan langkah yang sangat tepat. Ketika bekerja pada bidang ini, anda dapat menyalurkan semua ide anda untuk klien yang ingin pasang iklan di perusahaan. Iklan merupakan brand activation agar calo n pembeli sadar akan kehadiran produk yang sedang diiklankan. Jika calon konsumen tertarik dengan iklan yang dipasang, berbarti anda telah sukses membuat iklan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *