December 12, 2019
Cara Kerja Mesin Cuci Otomatis

Bagaimana Sih Cara Kerja Mesin Cuci Otomatis ?

Untuk menunjang kegiatan membersihkan pakaian, mesin cuci otomatis dapat diandalkan. Bahkan keberadaan mesin cuci ini, dirasa menjadi salah satu kebutuhan dalam sebuah hunian. Terutama bagi anda yang tidak memiliki waktu cukup untuk mencuci pakaian dengan cara manual, ada baiknya menyediakan mesin cuci ini. Yuk intip cara mengoperasikan mesin cuci otomatis tersebut.

Tahapan Cara Kerja Mesin Cuci Otomatis

1. Untuk Mengatur Sekaligus Mengontrol

Tahapan pertama yang ada pada mesin cuci adalah adalah untuk mengatur sekaligus untuk mengontrol. Maksudnya, pada tahapan ini mesin cuci otomatis akan mengatur jumlah pakaian yang dimasukkan ke dalam tabung melebihi kapasitas atau tidak. Apabila pakaian melebihi batas maksimum yang telah ditetapkan, secara otomatis mesin akan memberitahukan kepada anda melalui alarm yang berbunyi.

2. Untuk Mengisi Air Pada Tabung Saluran Air

Setelah berat pakaain sudah sesuai dengan ketnetuan yang berlaku, langkah selanjutnya adalah pemngisian air. Ketika anda menggunakan mesin cuci otomatis, maka air bersihan akan mengalir secara otomatis hingga mencapai batas maksimal katub pengisian air. Apabila air pada tabung mesin cuci sudah terisi pernuh, maka mesin otomatis akan menutup kran dan dilanjutkan untuk tahapan selanjutnya.

3. Proses Membersihkan Pakaian

Tahapan selanjutnya adalah prose spengucekan pakaian agar bersih dari noda. Proses ini secara otomatis akan beroperasi ketika air sudah terisi penuh. Jika air sudah penuh, maka amesin akan berutar otomatis untuk proses pengucekan pakaian. pengucekan pakaian ini dilakukan di dalam tabung, dimana putaran mesin akan dapat disesuaikan melalui setingan yang diatur terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar pakaian dapat dibersihkan dengan maksimal.

Bagaimana Sih Cara Kerja Mesin Cuci Otomatis

4. Proses Pembilasan Pakaian Bersih

Ketika proses pengucekan selesai dilakukan, maka mesin secara otomatis akan melanjutkan pada proses selanjutnya, yaitu melakukan pembilasan. Pada saat proses pembilasan ini, mesin secara otomatis membuang air kotor selama proses pengucekan, dan diganti dengan air yang baru. Pada saat proses pergantian air ini, dilakukan secar aotomatis oleh mesin hingg abatas tertentu. jika sudah selesai, maka air akan mati dengan sendirinya.

5. Pemerasan Air Pada Pakaian

Ketika pakaian bersih sudah dibilas dari sisa sabun dan kotoran, proses selanjutnya adalah meisn cuci akan mengeluarkan air yang sudah tidak diperlukan lagi ketika proses pembilasan terjadi. Ketika air sudah habis terkuras, mesin akan berputaran yang berfungsi untuk memras pakaain yang telah selesai dibilas. Proses ini perlu dilakukan untuk mengurangi kadar iar yang masih terjebak pada kain.

6. Proses Pengeringan Pakaian

Tahapan terakhir dalam tahapan cara kerja mesin cuci otomatis adalah proses pengeringan. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua mesin cuci otomatis telah dilengkapi dengan fitur ini, sehingga proses pngeringannya dilakukan secara terpisah. Sedangkan pada mesin cuci otomatis yang dilengkapi dengan fitur pengeringan otomatis, secara otomatis dilakukan dengan cara memanaskan terleih dahulu pakaian dengan suhu tertentu.

Walaupun fungsi utama dari mesin cuci adalah untuk membantu anda dalam membersihkan pakaian, namun cara mengoperasikan mesin cuci otomatis berbeda dari semi otomatis. Jika anda menggunakan mesin semi otomatis, dirasa lebih praktis. Hal ini disebabkan oleh adanya pemindahan pakaian dari tabung pencucian menuju tabung pengeringan jika menggunakan semi otomatis.

Penggunaan mesin cuci dalam kehidupan sehari hari hampir tidak bisa dilepaskan. Hal ini dikarenakan keberadaanhya yang dapat memudahkan proses pencucian pakaian. Selain memudahkan, penggunaan mesin cuci membuat anda lebih hemat waktu dan tenaga. Bayangkan saja jika anda hingga saat ini masih mencuci dengan cara manual, tentu memerlukan waktu yang cukup banyak dan membutuhkan tenaga ekstra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *