October 30, 2020
biaya ongkos kirim

Berapa Biaya Ongkos Kirim Jasa Ekspedisi Pos Indonesia? Yuk Cari Tahu Disini

Hingga kini, banyak sekali jasa ekspedisi yang bermunculan di Indonesia. Dimana masing masing jasa ekspedisi tersebut memiliki tarif kirim barang yang berbeda beda. Pos Indonesia merupakan jasa ekspedisi pertama dan tertua di Indonesia, dimana jasa tersebut merupakan perusahaan miliki negara. Pos Indonesia memiliki berbagai layanan dengan biaya ongkos kirim yang berbeda beda. Lantas berapa biaya kirim barang ke seluruh Indonesia melalui Pos Indonesia? Yuk cari tahu disini.

Pelayanan yang Dihadirkan Oleh Pos Indonesia

Untuk dapat kirim dokumen, surat atau paket domestik, Pos Indonesia telah menghadirkan beragam layanan. Dimana layanan tersebut terdiri dari pos biasa, pos kilat khusus, dan pos express. Pos biasa merupakan layanan pengiriman dokumen, kartu pos, surat yang menggunakan prangko sesuai tarif yang berlaku di wilayah tertentu. Layanan tersebut menetapkan barang yang dikirim maksimal 2 kg dengan standar waktu kirim H+14 dan tidak disediakan nomor resi.

Sedangkan pos khusus merupakan layanan pengiriman dengan jangkauan yang luas dan juga bisa digunakan untuk mengirim dokumen, paket, surat, atau juga barang dagangan online. aturan berat kiriman yang ditetapkan maksimal hingga 50 kg dan tarifnya sudah ditentukan dengan menggunakan berat kiriman aktual atau dengan menggunakan perhitungan volumetik.

Selain itu ada pos express yang merupakan layanan premium dari PT Pos Indonesia untuk pengiriman cepat yang bisa menjangkau hingga ke seluruh Indonesia. Aturan berat yang ditentukan dalam layanan pos express sampai dengan 50 kg dan juga standar waktu penyerahan barang hingga ke tangan penerima dalam waktu H+1 hari. Biaya pelayanan pos express juga berbeda dari pelayanan lainnya.

Tarif Kirim Barang Jasa Pos Indonesia Ke Seluruh Indonesia

Biaya ongkos kirim barang Pos Indonesia ke seluruh Indonesia disesuaikan dengan jenis layanan, berat, dan juga wilayah yang dituju. Misalkan pengirim barang berasal dari Jakarta kemudian ia akan mengirimkan barang seberat 1 kilogram melalui Pos Indonesia ke kota Ambon, maka tarif paket kilat khusus sebesar Rp. 79.500, sedangkan paket Pos Ritel udara DN sebesar Rp. 629.500. Jika barang yang dikirim termasuk dalam paket pos dangerous maka biayanya sebesar Rp. 79.500.

Jika orang tersebut akan mengirim barang dari Jakarta menuju kota Aceh, maka biaya paket kilat khusus ditetapkan sebesar Rp. 45 ribu per kilogram, sedangkan paket pos ritel udara akan dikenai biaya sebesar Rp. 453.500 per kilogram. jika barang yang dikirim termasuk dalam paket pos dangerous goods maka tarif yang ditetapkan sebesar Rp. 62 ribu per kilogram, sama dengan biaya paket valuable goods yang sebesar Rp. 62 ribu per kilogram.

Berbeda dengan dua kota yang jauh, pengirim barang tersebut akan mengirim barang dari Jakarta ke Bandung melalui jasa Pos Indonesia. Oleh karena itu biaya paket kilat khusus yang ditetapkan sebesar Rp. 11.500 per kilogram, sedangkan biaya paket express next day yang ditetapkan sebesar Rp. 24.500. Saat barang yang dikirimkan ke kota Bandung termasuk dalam paket pos dangerous goods atau paket pos valuable goods, maka tarif yang perlu dibayarkan sebesar Rp. 54.500 per kilogram.

Itulah beberapa layanan paket yang diberikan oleh Pos Indonesia yang dilengkapi dengan tarif per kilogramnya. Seperti yang diketahui jika kebanyakan jasa ekspedisi akan menetapkan tarif sesuai dengan jenis layanan paket, berat barang yang dikirim, dan wilayah yang akan dikirimi barang. Untuk mengecek tarif pengiriman barang lewat Pos Indonesia maka bisa melalui website resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *