July 4, 2020
Bingung Dengan Perhitungan Premi Asuransi Jiwa Yuk Cek Disini

Bingung Dengan Perhitungan Premi Asuransi Jiwa? Yuk Cek Disini

Jika kamu memiliki asuransi jiwa dan asuransi sudah menjadi kebutuhanmu, maka membayar premi asuransi adalah sebuah kewajiban yang harus kamu laksanakan. Namun, pernahkah kamu menghitungnya? Biaya-biaya yang terkandung di dalamnya, dan masih banyak lagi. Masih banyak orang yang belum mengerti dengan perhitungan premi asuransi.

Padahal jika kamu dapat menghitung dan mengetahui jumlah premi dan darimana saja asal premi tersebut bisa berjumlah sebesar itu, kamu akan bisa memilih asuransi dan mengatur keuangan dengan tepat. Berapa yang harus kamu sisihkan untuk menabung setiap bulan, dan berapa total biaya yang harus kita bayarkan untuk pengeluaran sehari-hari dan juga untuk membayar premi.

Perbedaan Premi dengan Uang Penanggungan

Sebelum lebih jauh dengan melaju ke perhitungan premi, kamu juga perlu tahu apa itu uang penanggungan. Karena uang penanggungan akan didaptkab sesuai dengan jumlah premi yang telah dibayarkan. Uang premi adalah sejumlah uang yangharus kita bayarkan kepada pihak perusahaan asuransi berdasarkan polis asuransi yang telah ditetapkan. Pembayaran premi bisa dilakukan secara berkala, tergantung kesepakatan awal antara nasabah dengan pihak perusahaan.

Uang penanggungan adalah sejumlah uang yang akan diberikan kepada ahli waris ketika ada risiko meninggal terhadap orang yang mempunyai asuransi. Dimana uang penanggungan sendiri ini mempunyai beberapa manfaat seperti digunakan untuk membayar utang yang belum lunas, dimanfaatkan untuk membayarkan pengeluaran akhir seperti biaya pengurusan jenazah.

Bingung Dengan Perhitungan Premi Asuransi Jiwa Yuk Cek Disini

Besaran Jumlah Premi Berdasarkan Sisi Nasabah

Untuk premi asuransi jiwa, besarannya dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu yang pertama adalah tipe asuransi. Premi asuransi jiwa murni akan lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi jiwa jangka panjang. Selain itu, Jangka waktu yang lebih rendah seperti premi asuransi 10 tahun, biaya preminya akan lebih rendah jika dibandingkan dengan asuransi jiwa 20 tahun. Maka kamu harus memilih sesuai kebutuhan.

Usia juga mempengaruhi, semakin muda usia kamu, semakin murah premi yang dibayarkan. Selain usia, kondisi kesehatan adalah factor penting dalam perhitungan premi. Saat kamu mendaftar, perusahaan biasanya akan menanyakan riwayat kesehatan atau gaya hidup dari seseorang yang ingin memiliki asuransi. Jika gaya hidup atau pernah memiliki riwayat penyakit yang sedikit parah. Jumlah premi akan lebih tinggi

Besaran Jumlah Premi Berdasarkan Sisi Perusahaan

Besaran premi tidak hanya dipengaruhi oleh factor nasabah, tetapi juga dari factor perusahaan. Seperti biaya-biaya yang harus ditanggung seperti pajak, dan biaya administrasi lainnya yang mempengaruhi besaran premi. Selain itu manfaat yang diberikan kepada nasabah juga beragam. Jadi semakin baik manfaat dan layanannya, semakin mahal juga premi yang harus dibayarkan. Jadi bersikap bijaklah ketika memilih produk asuransi

Cara Menghitung Premi Asuransi Jiwa

Dengan banyaknya faktor yang mempengaruhi premi, maka besaran premi yang harus kamu bayar juga tidak menentu. Tergantung jenis asuransinya, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan ketentuan perusahaan asuransi yang berbeda-beda. Dimana hal ini berarti rumus untuk perhitungan premi asuransi tidak bisa disamakan begitu saja. Tetapi tak usah khawatir, kamu bisa menghitung oremi secara keseluruhan. Hanya dengan mengalikan jumlah tarif premi yang harus kamu bayar dengan jumlah tanggungan.

Daripada kamu harus ribet dan pusing menghitung tarif premi dan membandingkan dengan uang penanggungan yang akan kamu dapatkan. Lebih baik menabung sendiri sebagai investasi karena kamu bisa melihat dan mengelolanya sendiri. Ragamnya faktor perhitungan membuat setiap perusahaan asuransi pasti memiliki rumus dan referensi perhitungannya sendiri. Jadi ketika kamu akan mendaftar, jangan sungkan untuk menanyakan hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *