October 30, 2020
daya tahan tubuh menurun kebiasaan menurunkan imun

Daya Tahan Tubuh Menurun? Kenali Penyebabnya Disini!

Daya tahan tubuh menurun tentu saja dapat menyebabkan berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan sistem imun akan melindungi tubuh dari adanya serangan kuman yang bisa menimbulkan penyakit. Oleh sebab itu, apabila ketahanan tubuh terganggu maka hal tersebut akan sangat mempengaruhi kondisi anda. Untuk itu, di dalam ulasan kali ini akan dibahas beberapa hal yang bisa menyebabkan imunitas dalam tubuh menjadi menurun.

Hal Yang Menjadi Penyebab Sistem Imun Menurun

1. Mengonsumsi Lemak Secara Berlebihan

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab dari daya tahan ada tubuh menjadi menurun adalah terlalu banyak mengonsumsi lemak. Hal ini dikarenakan konsumsi lemak yang berlebih ternyata terbukti mampu menekan sistem daya tahan tubuh. Selain itu, hal ini juga bisa membuat berkurangnya kemampuan sel darah putih di dalam menghancurkan bibit penyakit. Lemak yang berlebih juga bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya, seperti gangguan jantung.

daya tahan tubuh menurun Cara meningkatkan daya tahan tubuh

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi

Selain itu, bagi anda yang sering mengonsumsi makanan yang mengandung zat gula tinggi juga bisa membuat sistem imun menjadi menurun. Tak hanya itu saja, kadar gula pun juga terbukti mampu menimbulkan penyakit kronis lainnya, contohnya seperti diabetes. Sehingga, anda pun perlu untuk mengonsumsi makanan yang rendah gula sejak dini agar daya tahan tubuh dapat tetap terjaga.

3. Sering Mengalami Stres

Bagi anda yang sering kali mengalami stres berlebih, maka hal tersebut akan rentan membuat daya tahan tubuh menurun. Faktor yang menyebabkan stres pun cukup banyak, salah satunya adalah rutinitas pekerjaan setiap hari yang tidak ada hentinya. Untuk itu, anda pun perlu rehat sejenak apabila telah jenuh. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari stres.

Diantaranya adalah dengan berlibur ataupun menonton film. Selain itu, bertemu dengan keluarga dan teman teman pun dapat menjadi salah satu hal yang bisa menghilangkan stres. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan perubahan fisiologis sehingga membuat sistem imunitas pada tubuh seseorang menjadi melemah. Untuk itu, anda pun perlu mengelola hal tersebut agar tidak menjadi stres yang berkepanjangan.

4. Kurang Mengonsumsi Mineral dan Vitamin

Hal lain yang menjadi penyebab daya tahan pada tubuh menjadi menurun adalah kurangnya konsumsi akan mineral dan vitamin di dalam tubuh. Solusinya adalah dengan mulai rutin dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur setiap harinya. Paling tidak anda perlu untuk mengonsumsi buah dan sayur setidaknya 5 kali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan dalam kedua makanan tersebut terdapat banyak sekali mineral dan vitamin yang akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Polusi Udara Bikin Daya Tahan Tubuh Menurun Ini Cara Mengatasinya

5. Kurang Berolahraga

Ketika tubuh anda lemas dan tidak aktif, maka hal tersebut akan terbukti mampu membuat sistem imun tubuh menjadi berkurang. Tak hanya itu saja, apabila anda memiliki kebiasaan kurang berolahraga maka hal ini akan mampu membuat respons antibodi serta T – Cell menjadi berkurang. Pasalnya sel tersebut memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Sebut saja seperti menyaring darah, melawan infeksi hingga mencari sel musuh.

Untuk itu, hindari hal hal yang menyebabkan sistem imun menjadi menurun. Mulailah hidup sehat sejak dini dan menerapakan pola makan yang bergizi. Tak hanya itu saja, tidur yang cukup pun juga terbukti mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, meskipun anda memiliki kegiatan yang sibuk maka sempatkan diri untuk beristirahat walaupun sejenak. Ditambah dengan olahraga yang teratur akan menjadi hal yang bisa menjaga sistem imun pada tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *