November 27, 2020
Harga PABX digital

Harga PABX Analog Lebih Terjangkau, Berikut Perbedaannya dengan Jenis yang Lain

PABX merupakan sistem hubungan telepon yang beroperasi tanpa melalui operator. Berkat adanya sistem ini, penelepon bisa melakukan panggilan telepon langsung terhadap nomor telepon yang ingin dituju dengan cara menekan tombol khusus. PABX ini memiliki beberapa jenis, mulai dari Analog hingga Hybrid. Harga PABX Analog tergolong lebih terjangkau daripada jenis yang lainnya. Mengapa begitu? Yuk simak ulasannya berikut.

Mengenal Jenis-Jenis PABX

1. PABX Analog

PABX jenis ini adalah jenis yang memiliki output atau extension sebagai sinyal analognya. PABX Analog sudah menggunakan sinyal analog seperti single line telepon, sehingga tidak memerlukan telepon khusus. Kelebihan dari model ini adalah anda tidak perlu menyiapkan telepon khusus. Sehingga banyak perusahaan yang tertarik untuk memberi alat PABX jenis Analog ini. Label Panasonic juga memiliki produk PABX jenis Analog.

Harga PABX hybrid Pengertian PABX

Dalam satu dekade terakhir, PABX Analog sudah mendukung pekerjaan masyarakat luas. Yaitu dengan memakai kabel tembaga dan plain old telephone service atau POTS. Perangkat ini mempunyai kemampuan yang cukup dapat diandalkan. Kemampuan suara yang dihasilkan alat ini cukup baik dan PABX jenis ini juga memiliki beberapa fitur dasar yang mungkin dapat ditemukan pada smartphone biasa. Seperti menerima panggilan, mematikan suara dalam panggilan, dan lainnya.

2. PABX Digital

PABX Digital merupakan salah satu jenis PABX yang mempunyai output data digital. Jenis ini biasanya menggunakan kabel tilion 4 kawat. Dengan dibekali beberapa fitur seperti conference call, serta memakai telepon khusus untuk menyambungkannya. Karena harus dikonversi dari data digital terlebih dahulu sebelum akhirnya menjadi suara. PABX Digital ini adalah teknologi terbaru, dan kelebihannya yaitu pesawat teleponnya bisa berfungsi sebagai operator console.

PABX Digital menawarkan fitur yang lebih lengkap daripada PABX Analog. Perbedaan yang cukup mencolok dari kedua jenis ini terletak pada proses transfer transmisi suara, yang sebelumnya analog menjadi digital. Selain itu, dengan adanya PABX Digital maka anda tidak lagi membutuhkan perangkat keras untuk melakukan instalasi PABX. Yang sebelumnya diperlukan perangkat keras jika menggunakan jenis PABX Analog.

3. IP PABX

Berbeda dengan PABX jenis lainnya, terciptanya jenis ini yaitu karena meningkatnya kebutuhan dari data yang diperlukan. IP PABX ini memakai jaringan data IP atau internet protocol sebagai jaringannya, dalam mengirim berbagai percakapan yang dibentuk dalam paket data. IP PABX juga dapat dijalankan dengan sistem analog maupun digital, serta jaringan data IP. Fungsi lain dari PABX ini yaitu bisa dijadikan sebagai alat modem.

Harga PABX analog

4. PABX Hybrid

Selanjutnya ada PABX jenis hybrid, dimana merupakan gabungan antara jenis analog dan digital. PABX Hybrid ini memiliki 4 kabel di setiap outputnya. Dengan gabungan dari kedua PABX tersebut, fitur yang ditawarkan pun menjadi semakin lebih baik. Karena terdapat fitur-fitur baru maupun fitur lama yang ditanamkan kembali dan ditambah. Oleh karena itu harga PABX jenis Hybrid umumnya dibandrol lebih mahal daripada jenis yang lainnya.

Mesin PABX Panasonic KX TDA 600 adalah salah satu alat PABX jenis Hybrid yang sudah beredar di pasaran. Dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya, dan kegunaannya yang fleksibel. Sebaiknya anda memiliki mesin hybrid tersebut untuk digunakan di kantor, atau bisa juga digunakan di rumah. Maka anda tidak perlu lagi melakukan panggilan melalui operator.

Itulah beberapa jenis dari PABX, semakin modern maka semakin banyak fitur yang ditawarkan oleh alat satu ini. Umumnya cara kerja sebuah PABX yaitu setiap terdapat panggilan yang masuk, maka telepon tersebut akan diarahkan melalui control station. Karena dalam sistem PABX tersebut telah dimasukkan kode ekstension tertentu, maka panggilan yang masuk dapat diarahkan ke tujuan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *