October 27, 2020
daya tahan tubuh menurun Hati hati Cara Tidur Bisa Pengaruhi Daya Tahan Tubuh

Hati-Hati! Berikut 5 Akibat yang Terjadi Jika Daya Tahan Tubuh Menurun

Agar terhindar dari sakit, anda harus memiliki sistem imun yang kuat. Tidak hanya sakit, ada beberapa hal yang dapat terjadi jika daya tahan tubuh menurun. Terutama pada anak-anak, orang lanjut usia, dan pasien immunocompromised yang kekebalan tubuhnya tidak sebaik yang lain. Simak penjelasan berikut untuk menambah wawasan anda.

5 Kondisi Ketika Imunitas Menurun

1. Risiko Terkena Infeksi

Infeksi merupakan suatu kondisi dimana bakteri atau virus menyerang tubuh anda dan menimbulkan manifestasi klinis. Hal ini bisa terjadi jika imunitas anda menurun, dan berbahaya jika organ yang terinfeksi merupakan organ vital seperti jantung. Infeksi ringan yang paling sering terjadi adalah influenza dengan gejala batuk dan pilek.

daya tahan tubuh menurun Tanda tanda Saat Daya Tahan Tubuh Menurun

Selain itu, ada juga efek lain seperti demam sistemik dan nyeri sendi. Umumnya kondisi infeksi ini disebabkan oleh sel-sel imun yang tidak berhasil membunuh patogen penyebab penyakit. Sel-sel tersebut melemah karena kekurangan nutrisi seperti vitamin atau kondisi fisik tubuh yang menurun. Untuk itu, anda harus selalu menjaga agar daya tahan tubuh tetap fit.

2. Merasa Lelah Setiap Saat

Mengapa tubuh selalu merasa lemah ketika kekebalan tubuh menurun? Hal tersebut dikarenakan faktor-faktor yang menyebabkan melemahnya imunitas. Biasanya, seseorang yang jarang makan atau mengalami penurunan nafsu makan, sistem imunnya akan turun. Hal tersebut memicu terjadinya kondisi lelah dan lethargic.

Selain kekurangan nutrisi, sel-sel tubuh juga menggunakan seluruh energinya untuk melawan benda asing yang masuk ke tubuh anda. Sehingga, kebutuhan dan pengeluaran menjadi tidak seimbang. Akibatnya, anda merasa lelah meskipun hanya berbaring di kamar. Untuk mengatasinya, anda perlu beristirahat dan mengonsumsi vitamin C yang cukup.

3. Mengalami Masalah Pencernaan

Selain mudah terinfeksi, anda juga akan mengalami masalah pencernaan. Beberapa diantaranya, yakni sakit perut, diare, konstipasi, dan peningkatan asam lambung. Terutama jika bakteri atau virus penyebab penyakit tersebut menyerang organ gastrointestinal seperti lambung, usus halus, dan kolon.

Jika sistem imun menurun, maka tentara yang bergerak untuk melindungi organ tubuh anda dari patogen tersebut juga ikut berkurang. Siapa tentara tersebut? Ya, sel-sel imun tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk terus meningkatkan daya tahan tubuh agar sel imun selalu siap untuk berperang melawan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

4. Mudah Tertular Penyakit

Sel imun bisa diibaratkan sebagai jaket pelindung anti bakteri dan virus yang selalu anda kenakan. Jika sel-sel tersebut mengalami penurunan jumlah, maka anda tidak akan kuat untuk mencegah maupun membunuh organisme penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh anda, sehingga anda juga akan mudah tertular penyakit dari orang lain.

daya tahan tubuh menurun

Bukankah hal tersebut sangat berbahaya? Apalagi jika terkait penyakit menular seperti pneumonia, covid-19, difteri, tuberkulosis (TBC), campak, hepatitis, disentri, dan lain sebagainya. Biasakan untuk selalu menjaga imunitas tubuh, terutama bagi anda yang bekerja di luar rumah dan bertemu banyak orang.

5. Kehilangan Fokus

Poin terakhir ini berhubungan dengan akibat-akibat yang bisa terjadi sebelumnya jika sistem imun melemah. Anda sudah merasakan lelah, mengalami gangguan pencernaan, terinfeksi maupun tertular penyakit dari orang lain, kemungkinan besar anda juga akan kehilangan fokus dalam beraktivitas. Akibat daya tahan tubuh menurun, anda harus beristirahat dan mendapatkan pengobatan terlebih dahulu agar pulih kembali.

Bagaimana menurut anda? Banyak hal yang merugikan, bukan? Mengalami penurunan kerja sistem imun adalah hal yang harus dihindari, karena anda akan mudah sakit. Sebaiknya anda menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara berolahraga, mengonsumsi makanan bernutrisi terutama yang kaya akan vitamin C, tidur yang cukup, dan menghindari stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *