August 14, 2020
Hindari Pemberian Obat Untuk Bayi, Yuk Simak 6 Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi ini

Hindari Pemberian Obat Untuk Bayi, Yuk Simak 6 Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Sistem imun bayi yang belum terbentuk sempurna membuatnya rentan terserang penyakit. Terlebih jika cuaca sedang buruk atau kondisi lingkungan tidak bersih, membuat berbagi virus mudah masuk ke dalam tubuh. Sakit pilek sering terjadi pada usia bayi, ditandai dengan keluarnya cairan bening dari hidung. Hal seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, atau akan semakin bertambah parah. Berikut cara mengatasi pilek pada bayi tanpa perlu memberikan obat flu untuk bayi.

Tips Mengatasi Pilek Pada Bayi Tanpa Efek Samping

1. Memperbanyak Jam Istirahat

Hal pertama yang diperhatikan saat si bayi sakit ialah memastikan waktu tidur. Usahakan si kecil banyak istirahat dan jangan diberi waktu untuk bermain. Tempatkan kepala si kecil dengan posisi sedikit lebih tinggi, letakkan beberapa handuk diantara kepala dan kasur. Perhatikan posisi bantal jangan yang terlalu tinggi, hal itu beresiko mengganggu pernafasan si bayi. Berikan pijatan-pijatan lembut pada punggung agar bayi cepat terlelap.

2. Berikan Minuman Secara Berkala

Ketika si kecil pilek penting menjaga cairan pada tubuh si kecil, jangan biarkan hingga mengalami dehidrasi. Jika bayi masih berusia kurang dari 4 bulan, maka berikan ASI sesuai jadwal atau tambahkan jam minum ASI. Sedangkan untuk bayi diatas 4 bulan sering-sering berikan air putih sebagai penambah mineral dalam tubuh. Untuk bayi diatas 6 bulan, anda bisa memvariasi dengan jus buah-buahan.

3. Meredakan Hidung Tersumbat

Saat pilek menyerang, hal yang paling mengganggu adalah hidung tersumbat. Pada bayi kondisi ini begitu menyiksa karena jalan nafas tersumbat. Seringkali bayi menangis tanpa henti karena tidak merasa nyaman dengan kondisi tubuhnya. Dokter menyarankan untuk menggunakan aspiratir hidung atau semprotan hidung yang megandung garam. Hal ini dipercaya mampu melegakan aliran lendir dan membersihkan hidung dari ingus.

Hindari Pemberian Obat Untuk Bayi, Yuk Simak 6 Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi itu

4. Membuat Kamar Uap Hangat

Anda bisa menempatkan air hangat di dalam bak lalu gendong si bayi mendekat pada sumber uap. Hal ini disarankan untuk mengurangi kesulitan bernafas saat hidung tersumbat. Bayi akan menghirup uap hangat dari bak dan itu cukup membantu mengeluarkan ingus dari hidung. Lakukan kegiatan ini selama 15 menit, jika besoknya masih panas ulangi cara ini lagi hingga si kecil bisa bernafas lega. Atur suhu air dalam bak agar tidak terlalu panas.

5. Menjaga Kebersihan dan Kualitas Udara

Cara mengatasi pilek pada bayi ialah dengan mengatur suhu ruang. Hal ini dilakukan untuk mengatur kelembapan dalam ruangan. Anda bisa menggunakan pelembab udara atau humidifier untuk menjaga kualitas udara. Udara yang baik memberi kenyamanan si kecil dalam beristirahat, sehingga meredakan pilek lebih cepat. Disarankan tidak menggunakan pewangi ruangan, karena dapat mengganggu saluran pernafasan bayi dan menyebabkan sesak nafas jangka panjang.

6. Konsultasikan ke Dokter

Obat pilek untuk bayi memang tidak disarankan, namun menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut dianjurkan. Terutama jika si bayi mengalami demam dengan suhu diatas 38 derajat celcius. Anda perlu membawa ke dokter jika menunjukkan gejala tidak nafsu makan, pilek disertai batuk selama tiga minggu, serta memiliki tanda-tanda dehidrasi. Pertolongan dokter dibutuhkan cepat untuk mencegah sakit lebih parah.

Sakit pilek seringkali terjadi pada bayi, penyebabnya karena virus dan bakteri yang mudah menembus sistem imun bayi. Terkadang disertai suhu panas meningkat dan batuk bersamaan. Namun anda tidak perlu khawatir berlebihan, cara-cara sederhana diatas bisa membantu meredakan rasa khawatir. Jika terjadi gejala yang mencurigakan atau kondisi semakin parah, anda bisa segera mengkonsultasikan pada dokter agar mendapatkan resep obat yang tepat untuk bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *