July 2, 2020
tips hemat listrik

Hindari Tagihan Listrik Membengkak dengan 5 Tips di Sini

Energi listrik adalah salah satu sumber daya yang sangat dibutuhkan, bahkan jadi kebutuhan primer setiap manusia. Banyak peralatan rumah tangga dan aktivitas harian yang butuh energi listrik, sehingga harus selalu ada dan dilestarikan agar tidak terjadi kelangkaan. Anda dapat meningkatkan dan menularkan kesadaran diri bahwa sangat penting menghemat energi listrik. Tips hemat listrik terdiri atas beberapa hal, yuk intip cara caranya di bawah ini!

Cara Menghemat Tagihan Listrik Rmah agar Tidak Membengkak

1. Cabut Kabel dari Saklar saat Tidak Dipakai

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang adalah membiarkan kabel menancap di saklar saat tidak dipakai. Hal ini tentu salah meskipun saklar dalam keadaan mati karena listrik akan tetap mengalir dan anda harus membayar biaya listrik dengan sia sia. Pastikan semua kabel telah tercabut saat tidak dipakai, seperti pengisi daya gadget, setrika, TV, ataupun barang elektronik lainnya. Hal ini sangat penting, tetapi sering diabaikan.

tips hemat listrik Cara Hemat Gunakan Pulsa Listrik Biar Cukup Satu Bulan

2. Gunakan Sistem Pulsa

Salah satu sistem pembayaran listrik yang saat ini banyak dipakai adalah sistem pulsa. Sistem ini jadi langkah tepat sebagai cara menghemat energi listrik karena dapat mengatur kebutuhan dalam satu bulan. Pemakaian listrik juga menjadi lebih terkontrol, sehingga anda juga lebih bijaksana saat menggunakannya. Sistem yang dipakai mirip dengan pengisian pulsa ponsel, lalu anda bisa memakainya untuk segala pemakaian listrik dan seketika mati saat pulsa habis.

3. Hemat Pemakaian Lampu

Inilah tips yang paling penting untuk diperhatikan, yaitu memakai penerangan di saat benar benar membutuhkan. Banyak orang yang memakai lampu bahkan di siang hari, padahal di dalam rumah atau ruangan sudah sangat terang. Kebiasaan ini yang harus mulai diubah agar tagihan listrik tidak membengkak. Manfaatkan ventilasi dan cahaya matahari di saat siang hari, agar ruangan tersebut mendapatkan sirkulasi cahaya dan udara yang baik.

Setelah itu, anda dapat memakai penerangan di dalam ruangan mulai pukul 5 sore hingga 8 malam dengan jumlah yang cukup minim. Tidak lupa untuk memilih lampu yang hemat energi, sehingga kebutuhan listrik juga tidak melonjak tinggi. Selain itu, perhatikan tips hemat listrik dengan membatasi pemakaian listrik agar tidak ketergantungan dengan listrik. Cara ketiga ini cukup ampuh untuk menekan biaya listrik yang saat ini cukup tinggi.

4. Gunakan AC Seperlunya

Beberapa rumah memang dilengkapi dengan mesin pendingin agar kondisi di dalam rumah tetap sejuk dan nyaman. Oleh karena itu, penting memilih produk AC terbaik dengan konsumsi energi yang lebih rendah, mengatur suhu secara otomatis, dan memiliki fitur mati otomatis saat tidak ada orang di dalam suatu ruangan. Hal ini sangat penting agar konsumsi energi listrik tidak terlalu tinggi dan suhu dalam ruangan tetap stabil.

tips hemat listrik matikan AC

5. Matikan Alat Elektronik saat Tidur

Beberapa orang memang memiliki kebiasaan menonton TV menjelang tidur karena dipakai sebagai pengantar tidur. Akan tetapi, ini suatu kebiasaan buruk yang harus segera diubah karena dapat membuat tagihan listrik membengkak. Tips terakhir ini menyarankan untuk mematikan seluruh alat elektronik saat tidur, seperti TV, pengisian baterai gadget, lampu, dan lain lain. Tidur dengan lampu yang padam justru sangat baik untuk kesehatan.

Salah satu kebutuhan primer manusia adalah energi listrik untuk menunjang segala hal di dalam rumah, seperti sumber energi alat elektronik dan penerangan. Akan tetapi, banyak yang tidak sadar energi ini juga harus dihemat agar tetap lestari dan tagihan listrik tidak membengkak. Caranya cabut kabel dari saklar saat tidak dipakai, pakai sistem pulsa, hemat pemakaian lampu, pakai AC seperlunya, dan mematikan alat elektronik saat tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *