May 24, 2020
Jangan Biarkan Berlarut-larut, Inilah 5 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi ini

Jangan Biarkan Berlarut-larut, Inilah 5 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Cegukan seringkali terjadi pada bayi karena mekanisme kontrol untuk refleksnya belum berkembang maksimal. Hal itu karena diafragma mengencang tiba-tiba dan menutup pita suara di kerongkongan, sehingga memicu cegukan. Kondisi ini normal terjadi pada bayi dan tidak berbahaya. Namun jika sudah mengganggu kenyamanan, anda bisa simak cara menghilangkan cegukan pada bayi berikut ini.

Hal-hal Penting Untuk Mengatasi Cegukan

1. Posisi Saat Menyusui

Ketika sedang menyusui sering kali udara ikut masuk ke dalam mulut bayi, hal ini menyebabkan terjadinya cegukan. Si ibu bisa megubah posisi menyusui dengan memberi ruang antara mulut dengan posisi puting. Jika menggunakan botol, usahakan untuk memiringkan botol dengan sudut 45 derajat agar udara naik ke bagian bawah botol. Susui secara perlahan dan jangan mengubah posisi tiba-tiba.

2. Menyendawakan Si Bayi

Membuat bayi bersendawa bisa membantu untuk menghilangkan cegukan. Karena saat bersendawa, bayi melepas kelebihan gas penyebab cegukan. Anda bisa menggosok atau menepuk lembut pada bagian belakang bayi. Lakukan hal tersebut berulang-ulang sampai cegukan hilang sendirinya. Namun jangan menepuk punggung bayi terlalu keras, karena tulang belakang bayi masih halus dan rawan rapuh.

Jangan Biarkan Berlarut-larut, Inilah 5 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

3. Memberikan Air Putih

Bagi orang cegukan cara menghentikan paling ampuh adalah memium air putih. Sama halnya bila bayi cegukan, anda bisa memberikan air putih sesuai standar. Jangan terlalu kelebihan air karena bayi bisa kembung sewaktu-waktu, malah memuntahkan semua isi perut. Untuk bayi dibawah 6 bulan anda bisa menyusuinya, sedangkan bayi diatas 6 bulan sesuai takaran pada botol.

4. Menggendong Si Bayi

Untuk menghilangkan cegukan cara yang paling simpel adalah menggendong si bayi. Anda cukup menggendong si kecil dalam keadaan tegak kurang lebih 20 menit. Dalam posisi tersebut anda goyangkan badannya perlahan atau usap dadanya dengan lembut. Atau letakkan kepala di pundak lalu tepuk-tepuk punggung bayi secara lembut. Lakukan terus cara ini hingga bayi bersendawa.

5. Memberi Makan Sedikit Demi Sedikit

Cara menghilangkan cegukan pada bayi ini dikhususkan untuk usia diatas 6 bulan, yang sudah bisa mengonsumsi MPASI. Untuk mengatasinya anda bisa memberikan makanan sedikit demi sedikit. Karena si kecil akan mengunyah perlahan dan tidak terburu-buru saat menelannya. Beri makanan yang mudah dicerna sehingga tidak mengganggu pencernaan si bayi. Makanan baiknya yang bersifat cair agar cepat larut dalam tubuh.

6. Membiarkannya Berhenti Sendiri

Cegukan akan berhenti dengan sendirinya saat didiamkan. Selama hal itu tidak mengganggu bayi tidak perlu ada penanganan khusus. Cukup biarkan cegukan sampai berhenti, itu tidak akan berlangsung lama. Biasanya bayi akan menangis kalau merasa tidak nyaman, jika bayi sudah mulai rewel atau merengek itu tanda meminta bantuan. Maka anda harus sigap untuk memberi jurus-jurus menghentikan cegukan.

7. Berkonsultasi Pada Dokter

Cegukan pada bayi jangan dibiarkan berlarut-larut, karena bisa jadi bukan hanya cegukan biasa tapi tanda-tanda penyakit tertentu. Jika cegukan disertai muntah segeralah bawa ke dokter, hal ini menandakan bayi sedang mengalami masalah pencernaan. Akan berbahaya untuk keseimbangan kesehatan pada bayi, takutnya mempengaruhi tumbuh kembang si bayi di masa mendatang.

Seiring bertambahnya usia cegukan akan berkurang dengan sendirinya. Cegukan tidak akan lagi muncul, karena keseimbangan sistem imun pada anak semakin meningkat. Namun tidak ada salahnya meminimalisir rasa kurang nyaman akibat cegukan pada bayi. Cara-cara diatas normal dilakukan, sekedar mengurangi agar bayi tidak rewel terus-terusan. Jika cegukan diikuti gejalan lainnya segera dibawa ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *