May 28, 2020
Kelebihan Dan Kekurangan Yang Harus Kamu Tau Dalam Memilih Ac Low Watt ini

Kelebihan Dan Kekurangan Yang Harus Kamu Tau Dalam Memilih Ac Low Watt

Pendingin Ruangan atau yang biasa kita sebut dengan AC (Air Conditioner) merupakan perangkat elektronik yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama bagi yang tinggal di Negara beriklim tropis seperti Indonesia. Karena jika musim panas tiba, suhu sudha terasa gak karuan, panas yang menyengat membuat kita menjadi tidak nyaman. Bagi yang ingin tidak merasa kepanasan dan mempunyai budget yang minim. Selain Kipas angin, memilih AC Low Watt adalah salah satu solusinya.

AC yang digunakan semalaman atau digunakan dalam waktu panjang dapat mengakibatkan boros listrik. Budget yang minim membuat para produsen AC berinovasi dan meluncurkan pendingin ruangan berdaya irit ini. Tetapi AC dengan daya rendah ini tidak sempurna. Memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Yuk simak kelebihan dan kekurangan AC dengan watt yang rendah.

Kelebihan AC Dengan Daya Rendah

Dengan taglinenya AC yang irit daya, produk jenis ini mudah mencuri perhatian masyarakat luas. Di tengah kondisi ekonomi dan kebanyakan masyarakat menegah ke bawah membutuhkan pendingin ruangan yang hemat listrik, AC Low Watt menjadi daya tarik yang sulit ditolak.

Dengan cara kerja yang berbeda dari pendingin ruangan biasanya, AC Low Watt memiliki cara kerja yang membatasi masuknya daya listrik saat AC dinyalakan. Dengan minimnya daya listrik yang masuk ke AC saat dinyalakan, konsumen akan lebih tenang dan terhindar dari tagihan listrik yang bisa membengkak. Karena AC jenis ini memiliki kebutuhan daya yang sangat berbeda jauh dari AC konvensional lainnya.

Kelebihan Dan Kekurangan Yang Harus Kamu Tau Dalam Memilih Ac Low Watt

Jadi bagi kalian yang ingin menghemat atau memangkas biaya tagihan lisitrik, Kamu bisa mengganti AC konvensionalmu dengan AC berdaya rendah ini. Tetapi seperti yang dibilang tadi, jenis produk satu ini juga memiliki kekurangan yang mengurangi nilai ekonomisnya.
Kekurangan Pendingin Ruangan Yang Irit

AC Low Watt memang tergolong terjangkau dan tidak membuat kantung kamu kering. Tetapi produk ini memiliki kekurangan yang bisa dibilang sangat mengganggu nilai dari sebuah pendingin ruangan. AC yang mengkonsumsi daya yang lebih sedikit, berdampak pada kecepatannya dalam menurunkan suhu sebuah ruangan. Tetapi daya yang dikonsumsi tetap satabil dan tidak berubah-ubah saat dioperasikan.

AC dengan fitur Low Watt kebanyakan kekuatan pendinginnya hanya setengah PK sampai 1 PK saja. Ukuran kekuatan tersebut akan menjadi masalah jika ruangan yang menjadi tempat AC jenis satu ini berukuran besar. Kekuatan pendinginnya akan kurang terasa dan penurunan suhu ruangan menjadi lama.

Jika Pada AC konvensional penurunan suhunya memakan waktu sekitar 10-15 menit saja, AC Low Watt memerlukan waktu sebanyak 30 menit atau bahkan bisa sampai 1 jam. Tetapi hal ini seperti ini terjadi jika kamu memilih AC Low Watt untuk diletakkan di ruangan yang luas dan berukuran besar.

Masalah tersbut sering kali dikeluhkan oleh para konsumen, apalagi para pekerja yang ingin memiliki waktu tidur yang sedikit panjang. Semisal ketika mereka pulang bekerja dan ingin langsung tidur, tetapi karena menunggu suhu ruangan yang tak kunjung turun, sehingga mereka tidak bisa langsung beristirahat.

Penjelasan tersebut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh AC berdaya rendah yang harganya terjangkau tetapi fungsinya dalam menurunkan suhu ruangan tidak bisa secara cepat dan instan. AC ini cocok untuk dijadikan sebagai pendingin ruangan di kamar yang ukurannya tidak terlalu luas, jadi suhu udara akan cepat turun. Jadi, pastikan kamu memilih AC yang sesuai dengan kebutuhanmu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *