August 13, 2020
Ketahui Cara Cuci Baju dengan Tangan yang Benar ini

Ketahui Cara Cuci Baju dengan Tangan yang Benar

Tentunya ada beberapa cara mencuci baju yaitu dengan menggunakan mesin cuci baju atau dengan cara manual. Biasanya banyak sekali keluhan ketika mencuci baju menggunakan mesin cuci seperti, Noda kotor yang menempel pada baju sulit untuk dibersihkan. Agar baju terbebas dari noda dan bersih anda bisa menggunakan cara manual dengan tangan. Nah yuk simak cara cuci baju dengan tangan yang benar berikut.

Mencuci Baju dengan Tangan yang Benar

1. Memisahkan Baju Kotor

Agar memiliki baju yang bersih, anda bisa memisahkan pakaian kotor dan pakaian yang bersih. Dengan memisahkan pakaian kotor dan bersih tidak akan menimbulkan baju kesayangan anda rusak. Pakaian kotor yang disiram dengan air akan menimbulkn baju tertekan sehingga merusak kain. Sementara pakaian yang lansung terkena detergen cuci baju, akan membuat anda kesulitan membilas baju yang sudah menumpuk.

Anda harus mencuci baju dengan air dingin terlebih dahulu sesuai dengan prosedur mencuci yang sudah ada pada baju. Setelah mengisi air pada ember cucian, anda bisa merendam pakaian yang kotor terlebih dahulu ke dalam ember. Kemudian anda bisa mencuci baju anda bersama dengan baju yang bersih yang sudah dipisahkan.

2. Menggosok Noda Kotor

Jika baju anda memiliki noda kotor yang membandel, anda harus segera mebersihkanya. Namun, anda tetap harus waspada saat membersihkan pakaian yang kotor. Apalagi untuk pakaian dengan bahan yang rentan dan butuh perhatian khusus. Berikan cairan pembersih noda untuk mengangkat noda kotor yang ada pada pakaian. Gosok noda membandel dengan menggunakan jari anda. Kemudian rendam pakaian kotor selema beberapa menit hingga noda terangkat.

Ketahui Cara Cuci Baju dengan Tangan yang Benar

3. Membilas Baju dengan Air yang Mengalir

Untuk memiliki baju yang bersih dan terbebas dari noda, anda bisa mencuci di bawah air yang mengalir. Aliran air yang mengenai pakaian, akan mudah tertarik dan tidak meninggalkan bekas noda. Yang harus anda lakukan aalah membilas baju seperti biasa dan membilasnya dengan meremas pakaian, di dalam air hingga terbilas sempurna. Anda juga harus selalu memperhatikan pakaian saat mengangkat baju karena bisa menimbulkan baju melar.

4. Mencuci Baju dan Memeras Air Hingga Keluar

Cara cuci baju dengan tangan yang benar adalah memeras baju yang sudah dicuci dan mengeringkanya dengan cepat. Anda bisa menggunakan metode memelintir pakaian kuat kuat untuk mengeluarkan air dari pakaian. Sehingga hal ini akan membantu untuk mengeringkan pakaian dengan cepat.

Ketika anda memeras baju dengan kuat, pakaian anda juga akan tertarik dan menyebabkan pakaian melar. Untuk menghindari masalah ini anda bisa mengehilangkan kandungan air pada baju, dengan meratakanya diatas handuk. Caranya adalah gulung handuk dan pakaianmu bersama, kemudian remas lembut selagi menggulungnya. Setela selesai buka gulungan dan jemur baju anda.

5. Menjemur Baju

Cara terakhir untuk mencuci baju adalah mengeringkanya dengan menjemur ditempat yang panas. Namun, anda harus memperhatikan jenis bahan pakaian yang digunakan karena salah cara menjemur baju akan mengakibatkan baju melar. Tips mencuci yang benar adalah dengan memeras air hingga keluar, dan menidurkan pakaian yang berbahan rentan di atas handuk kering. Setelah itu biarkan beberapa menit hingga pakaian kering.

Dengan mengetahui langkah dan trik rahasia mencuci baju, tentunya anda tidak perlu khawatir untuk memiliki pakaian yang bersih. Anda harus memperhatikan cara mencuci baju manual dengan baik agar tidak menyesal di kemudian hari. Anda juga bisa mencuci baju dengan mesin cuci dan membersihkan noda membandel dengan cara manual. Namun cara ini tentunya lebih menguras waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *