October 27, 2020
Hutang Di Masa Pandemi Corona

Krisis Uang, Berikut Tips Kelola Hutang Di Masa Pandemi Corona

Di tengah pandemi Corona yang berlangsung saat ini menimbulkan dampak yang nyata dalam bidang ekonomi. Tak sedikit dari masyarakat yang mengalami banyak tekanan, mulai dari pemotongan gaji, tidak mendapatkan THR, bahkan hingga kehilangan penghasilan. Kondisi ini akan semakin parah apabila seseorang tersebut memiliki cicilan yang harus dibayar. Yuk, simak cara kelola hutang di masa pandemi corona berikut ini.

Tips Mengelola Cicilan Saat Pandemi

1. Crosscheck Beban Cicilan

Untuk mengelola pembayaran utang, langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek perincian dari beban cicilan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menuliskan semua beban utang yang harus dibayar tiap bulannya, misalnya saja cicilan kartu kredit, dan yang lainnya. Selanjutnya, lakukan perhitungan jumlah seluruh utang serta ketahui pula jangka waktu kredit tersisa.

Hutang Di Masa Pandemi Corona

Tak lupa, anda juga perlu mengetahui nilai pembayaran minimalnya, dimana hal ini bertujuan agar anda tahu jika terdapat opsi yang bisa menekan total jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Jika anda menggunakan kartu kredit, maka disarankan agar menghindari pilihan membayar minimal cicilan karena biasanya tarifnya akan terlalu mahal dan bunga yang dibayar juga tinggi.

2. Hitung Kemampuan Bayar

Jika dalam kondisi perekonomian yang normal, kondisi keuangan pastinya akan juga ikut membaik, sehingga membayar semua utang dan cicilan bisa dilakukan seperti biasanya. Namun, di kala pandemi ini keuangan tentunya kian menurun, karena pastinya banyak terjadi pemotongan tunjangan serta gaji. Oleh karena itu, agar utang tetap terbayarkan anda bisa melakukan beberapa langkah, misalnya saja menghemat pengeluaran sekunder.

Tak hanya pengeluaran sekunder saja untuk dihemat, yang tersier juga perlu dikurangi, dimana hal ini dimaksudkan agar ada dana yang tersisa untuk menutup cicilan atau utang tanpa mengganggu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Jika anda terkena PHK, maka penting untuk menghitung kecukupan dana darurat serta uang pesangon untuk memenuhi kebutuhan sehari. Untuk utang, lakukan sesuai dengan kemampuan anda dalam membayar.

3. Pertimbangkan Relaksasi Kredit

Apabila beban hutang yang dimiliki sudah terlalu rentan, misalnya saja bisa mengancam pemenuhan kebutuhan dasar hingga uang sekolah, maka ada baiknya untuk anda mengajukan relaksasi kredit pada bank ataupun leasing terkait. Apalagi saat pandemi ini pemerintah telah memberikan peluang bagi pihak yang terdampak Covid untuk mendapatkan keringanan dalam pembayaran cicilan.

Hutang Di Masa Pandemi Covid

Untuk mengajukan relaksasi kredit ini juga tidak terlalu rumit, anda tinggal menghubungi pihak bank yang terkait, serta menjelaskan situasi yang dihadapi. Anda bisa mengajukan keringanan kredit sesuai dengan kondisi keuangan saat ini. Biasanya, sebagai bentuk peringanannya pihak bank akan memberikan penurunan kredit, perpanjangan waktu kredit, hingga pengurangan bunga atau tunggakan pokok.

4. Atur Anggaran Belanja

Perubahan terhadap penghasilan yang didapatkan menjadi guncangan tersendiri. Maka dari itu, agar anda bisa melunasi utang dan cicilan ada baiknya melakukan penyesuaian anggaran belanja. Anda bisa melakukan penghematan pada pos pengeluaran yang dirasa tidak terlalu penting. Ada jika anda mengeluarkan dana hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar saja, seperti belanja bahan pokok, pembayaran uang sekolah, cicilan, serata menabung.

Di tengah kondisi pandemi virus Corona, sebagian besar orang merasakan kondisi perekonomian yang kian menurun. Banyaknya kebutuhan hidup yang harus dipenuhi semakin terasa berat jika ditambah dengan cicilan yang harus terbayarkan. Oleh karena itu, agar anda tetap bisa membayar utang di kondisi saat ini, maka sudah seharusnya untuk melakukan beberapa langkah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *