July 2, 2020
cara jualan online di facebook cara membuat iklan di facebook

Laris Manis, Yuk Intip Cara Jualan Online Di Facebook Bagi Para Pemula

Memasuki jaman serba online seperti sekarang, aktifitas jual beli bahkan dapat dilakukan dengan mudah berkat kehadiran media sosial seperti Facebook. Meski pada awalnya berfungi sebagai media sosial semata, namun seiring dengan perkembangannya Facebook dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi pundi uang tambahan. Bagaimana cara jualan online di Facebook laris manis di pasaran ? Berikut ulasannya.

Tips Jitu Berjualan Secara Online di Facebook

1. Memanfaatkan Grup Jualan

Fitur grup memang sudah sejak lama tersedia, namun kini fungsinya sedikit lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Bagaimna tidak, bahkan kini sudah ada grup khusus dimana tempatnya para penjual akan berkumpul dan dapat saling memberikan informasi penting. Bukan hanya tempat sharing, disana anda dapat memanfaatkannya untuk menawarkan dagangan kepada para anggota grup tersebut.

cara jualan online di facebook Ini Faktor yang Biasa Membuat Orang Gagal Berjualan Online di Facebook

Agar dagangan semakin laris dan dikenal oleh banyak orang, dianjurkan untuk bergabung di beberapa grup jualan tersebut. Setelah berhasil bergabug, anda akan diperkenankan untuk memposting barang yang ingin dijajakan. Meski terkesan sepele, nyatanya cara ini dianggap kesempatan besar agar barang lebih cepat terjual dan mendapatkan keuntungan berlipat. Semakin banyak grup yang diikuti, semakin banyak pula produk anda dikenal masyarakat.

2. Memberikan Respon Tanggap pada Pembeli

Selama berjualan online, seringkali anda akan menerima pesan masuk ke dalam inbox akun. Banyaknya pesan yang diterima, sebagai penjual anda harus membalas setiap pesan tanpa pandang bulu. Entah itu hanya sekedar bertanya atau memang ingin segera membeli, namun membalas pesan termasuk cara jualan online di Facebook agar lebih laris. Bahkan anda akan mendapatkan lencana khusus dari Facebook, ketika selalu berusaha membalas pesan dengan cepat.

3. Memanfaatkan Fitur Marketplace

Facebook terus melakukan update terbaru demi memenuhi kebutuhan penggunanya, salah satunya dihadirkan dalam bentuk fitur bernama Marketplace. Hampir serupa dengan fitur Marketplace pada umumnya, dimana pengguna akun dapat memposting dagangannya dengan rapi dan terperinci. Mulai dari gambar barang, deskripsi singkat, lokasi, nama penjual, hingga harga akan terlampirkan disana.

Untuk menggunakan fitur canggih ini, anda harus bertemu dengan si pembeli saat hendak melakukan transaksi. Sebelum bertemu secara offline, tentunya penting untuk memberikan kesepakatan bersama mengenai harga barang yang ditawarkan. Demi mengapresiasi penggunanya, bahkan Facebook tidak segan memberikan sebuah lencana bernama sangat responsif bagi penjual yang cepat dan tanggap ketika membalas pesan dari pembelinya.

4. Menggunakan Layanan Facebook Ads

Ingin memberikan pelayanan terbaik bagi para penggunanya, kini Facebook telah dilengkapi dengan layanan Facebook Ads agar hasil berjualan lebih maksimal. Untuk menggunakan layanan ini, pastinya anda harus membayarkan sejumlah uang terlebih dahulu. Besaran dana yang dikeluarkan pun cukup bervariasi, namun juga sebanding dengan keuntungan yang akan didapatkan. Penetapan harganya sendiri, umumnya bergantung pada audiens yang hendak disasar.

facebook marketplace cara jualan online di facebook

5. Menampilkan Foto Orisinal dan Berkualitas Baik

Gambar adalah salah satu media agar para pembeli mengenali barang yang ditawarkan. Untuk menarik perhatian, tentunya anda perlu memposting gambar orisinal dan memiliki kualitas baik. Agar semakin cantik, jangan lupa memberikan sedikit editan sebelum diposting di akun lapak anda. Ketika gambar yang ditampilkan tampak menarik, secara tidak langsung menggiring mereka untuk penasaran dan berakhir membelinya.

Facebook terkenal sebagai salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan, tidak terkecuali sebagai lapak berjualan. Sudah banyak yang menggunakannya sebagai media berjualan, dimana persaingan pun semakin ketat dibandingkan sebelumnya. Alhasil, anda membutuhkan tips jitu agar dagangan tetap laris manis di pasaran. Dengan penggunaan cara tepat, dijamin pendapatan yang didapat semakin berlipat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *