October 30, 2020
polifenol benefits of olive oil

Mampu Lawan Radika Bebas, Yuk Intip 5 Manfaat Polifenol Bagi Tubuh

Senyawa fitokimia berfungsi untuk memberikan warna pada makanan dan berfungsi untuk melindungi tanaman dari bahaya. Tak hanya berfungsi untuk melindungi tanamanan, fitokimia yang masuk ke dalam tubuh akan berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Anda bisa menemukan kandungan fitokimia di beberapa sayuran. Mari simak apa saja manfaat dari polifenol yang merupakan senyawa ini.

Manfaat Mengkonsumsi Sayuran yang Mengandung Fitokimia

1 Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Antioksidan yang terkandung di dalam sayuran mampu untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Sehingga dengan mengkonsumsi sayuran, anda akan terhindar dari bahaya penyebab kanker. Radikal bebas ini bisa didapatkan dimana saja seperti polusi, asap rokok, makanan bahkan tubuh anda sendiri yang mampu mengkonsumsi radikan bebas.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan yang terdapat pada sayuran ini memiliki fungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh, maka kesehatan anda akan selalu terjaga. Selain itu mengkonsumsi sayuran juga bisa mencegah timbulnya beragam penyakit. Cobalah untuk mengkonsumsi sayuran secara rutin untuk membantu sistem kekebalan tubuh anda.

3. Mencegah Diabetes

Mengkonsumsi makanan yang mengandung polifenol akan membuat kadar gula anda lebih terkendali. Hal ini karena selain manangkal radikan bebas, senyawa fitokimia ini berfungsi untuk menghambat penyerapan glukosa dalam usus. Beberapa penelitian juga menunjukkan jika senyawa yang terkandung ini memiliki sifat antidiabtes.

ini polifenol dari sayur

Salah satunya adalah penelitian yang dterbitkan oleh Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology tahun 2005 yang menunjukkan bahwa senyawa fitokimia yang terkandung dalam teh dapat melindungi anda dari diabetes. Anda bisa mulai untuk mengkonsumsi sayuran berwarna hijau untuk menghindari terjadinya diabetes dalam tubuh.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi sayur yang mengandung senyawa fitokimia ini dapat mencegah penyakit jantung koronen. Hal ini mungkin terjadi karena senyawa ini dapat membantu untuk memperbaiki fungsi pembuluh darah dan membantu untuk memperlambat penggumpalan darah. Selain itu senyawa fitokimia ini juga berfungsi untuk menghambat oksidasi lemak jahat, sehingga penyebab penyakit jantung bisa terhambat.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Tak hanya bagus untuk menjaga sistem imun dan kekebalan tubuh, senyawa fitokimia juga bisa meningkatkan kesehatan jantung sehingga akan menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu senyawa ini juga bisa mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin untuk bisa mendapatkan manfaat dari senyawa fitiokimia satu ini.

6. Meningatkan Daya Ingat

Kandungan senyawa fitokimia ini dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Hal ini karena senyawa ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Studi menyatakan bahwa pola makan yang kaya akan senyawa fitokimia ini dapat mengurangi resiko terkenal penurunan daya ingat. Selain itu senyawa fitokimia ini bisa mengurangi resiko penyakit lain yang disebabkan faktor usia, serta Parkinson.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Senyawa fitokimia dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri aik dalam usus dan membantu bakteri tersebut untuk melawan bakteri yang berbahya. Dengan demikian kesehatan pencernaan dapat selalu terjaga jika rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan senyawa ini. Tak hanya pencernaan, senyawa ini juga bagus untuk menambah angka harapa hidup.

Ada banyak sekali jenis dan sumber dari senyawa fitokimia ini. Anda bisa menemukan senyawa yang sangat bermanfaat ini dalam sayuran dan makanan tinggi antioksidan seperti apel, anggur, jeruk, mangga dan lain sebagainya. Anda juga bisa menemukan senyawa ini di teh hijau dan coklat hitam yang merupakan bahan makanan yang seringkali dijumpai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *