December 12, 2019
Tau Sejarah Asuransi Di Dunia

Mau Tau Sejarah Asuransi Di Dunia

Asuransi yang memiliki pengertian berupa sebuah pertanggungan atau perjanjian dari kedua belah pihak ini ternyata sudahada sejak jaman sebelum masehi. Sejak jaman dahulu, masyarakat pun telah mengerti tentang resiko dan berupaya untuk meminimalisir adanya resiko tersebut dengan membuat perlindungan bersama. Sejak kapan sejarah asuransi di dunia dimulai? Kali ini akan dibahas mengenai seluk beluk dunia asuransi yang perlu anda tahu.

Asuransi Pada Jaman Sebelum Masehi

Asuransi ini ternyata sudah dimulai sejak jaman sebelum Masehi. Hal ini dimulai melalui bidang perdagangan antara pedagang Babilonia dan Tiongkok. Untuk jenis asuransinya sendiri, pada saat itu dikhususkan pada barang dagangan mereka saja, dimana jaminan yang diberikan adalah berupa perlindungan dari resiko akan barang yang hilang ditengah laut ataupun yang dirampok. Asuransi ini tercatat pada dokumen yakni Kode Hammurabi pada tahun 1750 SM.

Sejarah asuransi di dunia ini tak hanya berhenti sampai disitu saja. Selanjutnya sejak jaman kuno mulai berevolusi, jenis asuransi pun semakin dikembangkan oleh bangsa Romawi dan dan Yunani. Hal ini dengan diadakannya asuransi untuk kesehatan dan jiwa yang sudah ada sejak tahun 600 SM. Dimana asuransi ini adalah berupa santunan kepada anggota keluarga berupa biaya pemakaman apabila terdapat yang meninggal dunia.

Sejarah Asuransi Di Dunia

Asuransi Pada Abad Ke 14

Selanjutnya, asuransi mulai berkembang di Genoa sekitar tahun 1347. Hal ini ditandai dengan munculnya polis pertama asuransi yang berjenis asuransi maritim. Hal ini dikarenakan sudah mulai memasuki masa dimana para penjelajah melakukan penjelahan ke berbagai tempat di dunia. Untuk premi asuransi yang dibayarkan pun berbeda, yakni berdasarkan keunikan dan resiko yang diajukan setiap orang.

Orang yang pertama mencetak literasi tentang masalah asuransi di tahun 1552 adalah Pedro de Santarem. Catatan ini pun semakin berkembang hingga berakhirnya masa Rennaissance di Eropa. Meksipun begitu sejarah asuransi di dunia, terutama di Eropa pada saat itu masih menggunakan metode lama. Sehingga masyarakat disana masih melakukan tradisi membayar premi asuransi sebagai bentuk santunan pada anggota keluarga yang meninggal.

Asuransi di Masa Modern

Pada peristiwa kebakaran di London yang menewaskan 30 ribu jiwa pada tahun 1666 membuat asuransi pun memasuki masa modern. Dimana saat itu muncullah asuransi kebakaran sebgai asuransi jenis modern pada abad ke 17. Untuk itu, Nicholas Barbon pun melakukan inisiatif untuk mulai membangun bisnis asuransi yang melibatkan para petugas pemadam kebakaran yang direkrut secara sukarela.

Lahirnya Asuransi Pertama Di Dunia

Pada tahun 1688, di Inggris tepatnya di kota London, berdirilah perusahaan asuransi pertama di dunia dengan nama Edward Lloyd’s. Perusahaan ini memberikan tawaran berupa produk asuransi dagang yang melindungi pergerakan ekspor dan impor kapal kargo melalui jalur laut. Sistem jaminan ini pun tergolong sederhana, karena jika kapal selama dilaut tidak mengalami kecelakan , maka pihak kapal pun tetap mendapatkan uang premi.

Mau Tau Sejarah Asuransi Di Dunia

Sedangkan sejarah asuransi di dunia pada Amerika Serikat, dibangun pula perusahaan asuransi pertama yakni Philadelphia Contributorship for the Insurance of houses from Loss by Fire yang didirikan oleh Benjamin Franklin pada tahun 1752. Hingga saat ini pun perusahan asuransi penanggulangan kebakaran ini masih aktif berdiri hingga sekarang.

Memasuki abad ke 20 semakin banyak berdiri perusahaan asuransi. Hal ini dikarenakan asuransi semakin dibutuhkan oleh masyarakat di dunia terutama setelah kejadian perang dunia I dan II. Perusaahan yang sempat anjlok dan mencoba berdiri lagi hingga saat ini antara lain Allianz, Manulife dan Cigna. Hingga kini perusahaan ini pun masih berdiri dan berkembang pesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *