October 27, 2020
cara investasi Bitcoin kekurangan bitcoin

Mengenal Apa Itu Bitcoin ?

Sampai saat ini tak sedikit orang yang memiliki antusias tinggi untuk bertransaksi menggunakan Bitcoin. Umumnya mata uang ini digunakan untuk transaksi di internet tanpa menggunakan perantara seperti jasa bank. Bitcoin juga kerap kali dijadikan investasi karena sangat menguntungkan. Berikut simak penjelasan tentang apa itu Bitcoin dan cara investasi Bitcoin.

Apa itu Bitcoin ?

Bitcoin merupakan salah satu mata uang baru yang diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang yang memiliki nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini tercatat sebagai jaringan pembayaran peer-to-peer desentralisasi pertama yang dikontrol sepenuhnya oleh pengguna. Bank Indonesia mengatakan bahwa mata uang ini tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah.

cara investasi Bitcoin

Akan tetapi, Bitcoin dapat digunakan sebagai komoditas aset digital dan skema ini memungkinkan nilainya berfluktuasi setiap harinya. Tidak seperti mata uang lainnya, Bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Mata uang satu ini menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi.

Berbeda dengan mata uang yang biasanya disimpan di bank, Bitcoin pada dasarnya disimpan dalam komputer milik pribadi dengan format file wallet. Kepemilikannya juga tidak tidak memerlukan identitas yang artinya mata uang ini bisa dimiliki oleh seorang anonim. Praktik perdagangan mata uang ini diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Cara Mendapatkan Bitcoin

Hal yang paling populer dan sering dilakukan oleh orang-orang adalah menambang Bitcoin. Tak sedikit orang yang bersaing menggunakan komputer mereka dengan menyelesaikan puzzle matematika yang amat kompleks, begitulah proses terciptanya Bitcoin. Saat ini, pemenang yang berhasil menyelesaikan puzzle matematika tersebut dihadiahi dengan 12,5 Bitcoin atau setara dengan Rp. 1,4 miliar untuk setiap 10 menitnya.

Karena begitu menggiurkan maka banyak orang yang memanfaatkan keadaan tersebut. Salah satunya adalah dengan menyediakan website untuk download software atau film gratis dan menyelipkan virus dalam bentuk javascript sehingga secara otomatis terinstall di komputer pengunjung. Kemudian virus tersebut akan menambang Bitcoin yang ada di komputer pengunjung.

Selain dengan cara menambang dan transaksi antar pengguna, cara lain untuk mendapatkan uang elektronik satu ini adalah melalui perdagangan. Saat ini, sudah banyak sekali perusahaan yang menjadi platform marketplace yang khusus bergerak di bidang Bitcoin. Mata uang satu ini kini diperjualbelikan mengikuti kurs yang berlaku. Valuasi 1 Bitcoin bisa setara dengan Rp. 115 juta bahkan bisa lebih.

Investasi Bitcoin

Banyak yang bilang bahwa investasi uang elektronik ini sama saja dengan investasi emas. Hal tersebut didasarkan pada beberapa karakteristik Bitcoin yang sama dengan emas diantaranya seperti jumlahnya yang terbatas yaitu hanya ada sekitar 21 juta di dunia, memiliki nilai yang tinggi yaitu bisa mencapai hingga 100 juta untuk 1 Bitcoin.

cara investasi Bitcoin Tertarik Investasi Bitcoin Ini

Selain itu, Bitcoin juga tidak akan mengalami penurunan atau degradasi bahkan bisa dipindahkan dengan mudah dan tidak terpengaruh dengan jumlah yang terbatas. Kemiripan itulah yang lantas membuat mata uang satu ini disebut sebagai emas 2.0, apalagi cara investasi Bitcoin juga sama dengan investasi emas pada umumnya dan sangat mudah.

Perlu diketahui bahwa tidak ada program yang benar-benar memberikan Bitcoin gratis, kalaupun ada biasanya mereka menjual iklan di dalamnya. Cara investasi dan tips untuk investasi Bitcoin bisa dilakukan dengan mudah meskipun masih pemula. Dikarenakan tidak diperlukan keahlian khusus dibidang program dan teknis, cukup gunakan layanan yang ada dan praktis sehingga waktu yang diperlukan juga fleksibel dan bisa menyesuaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *