September 19, 2020
Restoran Selama Masa Pandemi covid pangan

Mengintip 5 Tips Aman Makan di Restoran Selama Masa Pandemi

Virus corona telah menghambat segala aktivitas dan kegiatan masyarakat yang ada di seluruh dunia. Termasuk soal kebiasaan menyantap hidangan di tempat makan yang kini dikhawatirkan karena berkaitan tentang kemungkinan penularan virus corona. Bahkan dilaporkan bahwa banyak kedai yang tutup semenjak munculnya virus ini. Namun, tak sedikit juga yang tetap membuka gerainya demi mendapatkan pendapatan. Berikut ini akan diulas tips aman makan di restoran selama masa pandemi.

Tips Aman Makan di Tempat Makan

1. Pilih Tempat Makan yang Mengambil Tindakan Preventif

Tempat makan biasanya terikat oleh hukum untuk mengikuti standar operasional soal menjaga kebersihan. Apalagi di musim pandemi corona seperti ini, sebuah kedai harus memperketat sistem kebersihan dan keamanannya dengan mengambil tindakan preventif atau pencegahan agar virus corona tidak menyebar ke siapapun orang yang ada di dalam gerai makan tersebut.

Restoran Selama Masa Pandemi Suasana Manggar Resto saat Grand Opening

Namun, tak sedikit gerai yang belum memiliki kesadaran akan hal tersebut. Oleh sebab itu, jika anda ingin bersantap di tempat makan, maka pilihlah kedai yang sudah mengambil tindakan preventif tersebut. Biasanya tindakan perventif yang dilakukan mulai dari mengecek suhu badan para pelanggan sebelum masuk ke kedai, terdapat tempat untuk cuci tangan, memperlonggar jarak antar meja, dan juga menyediakan hand sanitizer.

2. Membawa Alat Pengaman Sendiri

Bagaimanapun jika anda ingin memastikan tubuh sehat dan aman, maka harus melakukannya dari diri sendiri terlebih dahulu. Hal tersebut bisa diterapkan ketika ingin melakukan makan bersama di tempat makan. Sebelum datang, sebaiknya anda menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan anda untuk melindungi tubuh agar tidak tertular virus corona yang sedang mewabah ini.

Seorang ahli kesehatan bernama Dr. Robert Amler menyarankan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Selain itu, ia juga menganjurkan untuk mengelap meja makan menggunakan tisu antiseptik terlebih dahulu sebelum menempatinya. Serta menganjurkan untuk membawa sendiri peralatan makan seperti sendok, garpu, sumpit dan sedotan. Saat akan mengambil saus atau sambal usahakan balut tangan anda dengan tisu agar virus tidak menempel ke tangan.

3. Hindari Saat Memasuki Jam Sibuk

Pemerintah telah memberikan perintah untuk menghindari tempat yang ramai agar meminimalisir penyebaran virus corona. Oleh karena itu, jika anda ingin makan di tempat makan maka perhatikan waktu kunjungan anda. Hindarilah mengunjungi pada jam-jam sibuk, misalnya seperti jam makan siang atau weekend. Hal tersebut disarankan oleh Food and Grug Administration (FDA) di Amerika Serikat.

Restoran Selama Masa Pandemi

Menurutnya juga dengan berjarak paling tidak 2 meter merupakan cara yang aman untuk melindungi tubuh dari penularan virus corona. Anda bisa mengunjungi tempat makan ini di jam-jam sebelum atau selesai jam makan siang. Biasanya di waktu tersebut masih dalam keadaan yang sepi karena belum banyak orang yang berdatangan. Namun, semenjak masa pandemi ini banyak restoran yang diminta untuk mengurangi kapasitas pengunjung.

4. Hindari Tempat Makan Berkonsep Prasmanan

Lupakan sejenak dengan tempat makanan seperti buffet, all you can eat atau kedai lainnya yang berkonsep prasmanan. Meski dapat memberikan sensasi bersantap yang berbeda, tetapi di tengah masa pandemi gerai makan dengan konsep seperti ini bisa menjadi seseorang bisa tertular virus corona. Seorang Kepala Departemen Kesehatan Masyarakat di Los Angeles mengatakan bahwa kedai makan tersebut sangat berisiko penyebaran virus.

Dengan menerapkan beberapa tips aman makan di tempat makan tersebut, anda bisa tetap terjamin terhindar dari penularan virus corona ini. Anda juga harus selalu menaati segala prosedur kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jika anda tidak ingin makan di tempat makan, anda juga bisa menggunakan layanan jasa delivery yang telah disediakan di beberapa tempat makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *