November 20, 2019
Loyalitas Pelanggan

Menjaga Loyalitas Pelanggan

Banyaknya perusahaan bisnis yang ada di Indonesia, menjadiakn perusahaan harus cerdas dalam mempertahankan produk mereka agar tetap diminati oleh konsumennya. Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari cara paling sederhana, hingga cara yang mungkin jarang dilakukan oleh perusahaan lain. Karena loyalitas konsumen sangat menentukan bagi perkembangan perusahaan, berikut ulasan menajaga loyalitas pelanggan anda.

Cara Mendapatkan Hingga Menjaga Tingkat Loyalitas konsumen

1. Memberikan Member Card Kepada Konsumen

Salah satu trategi yang dianggap efektif untuk menjaga loalitas konsumennya adalah dengan memberikan member card. Apabila konsumen memiliki member card ini, akan mendapatkan pelayanan yang khusus jika dibandingkan dengan konsumen biasa. Namun menawarkan program yang banyak, justru membuat sulit untuk menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, perusahaan harus lebih jeli untuk menyusun program yang ada untuk memberikan nilai tambah.

2. Berikan Penghargaan Terhadap Konsumen yang Loyal

Cara mempertahankan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan penghargaan. Salah satu bentuk penghargaan yang dapat diberikan adalah menjaga hubungan baik dengan para konsumen agar merasa puas. Ketika hubungan dengan konsumen berjalan baik, tentu saja konsumen akan terus menggunakan produk anda. Tidak hanya itu, anda bisa memberikan penghargaan berupa sistem poin, membuat sebuah permainan, adanya program VIP, dan masih banyak cara lainnya.

Sedangkan untuk menggaet pelanggan baru agar menjadi konsumen loyal, perusahaan bisa mengirimkan sebuah panduan penggunaan produk melalui email. Hal ini bisa dilakukan ketika konsumen membeli produk atau jasa perusahaan anda. Ketika memberikan perhatian dalam bentuk ini, konsumen akan merasa diperhatian dengan sungguh sungguh. Selain itu, perusahaan bisa menggunakan sistem otomatis untuk menghemat waktu sekaligus mempertahankan loyalitas konsumen.

customer loyalty

3. Mengenali Konsumen Dan Membiarkan Mereka Mengenal Bisnis Anda

Sikap loyal yang ditunjukkan oleh konsumen, cnederung berasal dari rasa dihargai. Misalnya, anda mengingat ulang tahun konsumen anda dan mengucapkan selamat serta memberikan diskon untuk pembelian secara teratur. Cara satu ini sudah banyak digunakan untuk mengirimkan email khusus yang berisikan ucapan selamat untuk kepuasan pelanggannya. Ketika konsumen merasa dihargai, maka loyalitas pelanggan akan mengikuti secara otomatis.

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Agar sikap loyal konsumen untuk terus terjaga, perusahaan harus menjadi ahli ada bidang bisnis yang sedang ditekuni. Tidak hanya anda yang perlu mengetahui bisnis yang sedang anda jalankan, namun seluruh anggota atau karyawan yang bekerja pada perusahaan anda, ada baiknya mengenal lebih dalam mengenai produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumennya. Ketika karyawan memiliki pengetahuan luas mengenai perusahaan, tentu konsumen akanlebih percaya.

5. Meminta Review Dari Konsumen

Respon yang diberikan oleh konsumen tentu menjadi sangat penting bagi perusahaan, sebab membuat produk anda mengalami pengembangan. Cara yang bisa dilakukan pun beragam, muali dari mengisi kuensioner, survei, hingga mengirimkan email. Anda juga bisa memberikan hadiah sebagai bentuk jasa yang ditawarkan kepada konsumem yang loyal kepada perusahaan. anda juga bisa memberikan sampel produk baru hingga memberikan voucher bagi konsumen yang beruntung.

6. Memberikan Inovasi Produk Terbaru

loyalitas pelanggan bisa berasal dari banyaknya inovasi yang dilakukan oleh perusahaan terhadap produk yang dihasilkan. Hal ini disebabkan karena kebutuhan konsumen akan cenderung terus bertambah, sehingga perusahaan perlu melakukan inovasi terhadap produk dan jasanya. Inovasi yang sering dilakukan adalah mengganti kemasan produk dengan desain yang lebih baru dan lebih menarik.

Menjaga loyalitas konsumen merupakan hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Berbagai cara yang dilakukan, diharapkan mampu untuk menjaga sikap loyal konsumen terhadap produk ataupun jasa. Agar konusmen tidak berpindah hati, anda bisa untuk menawarkan berbagai keuntungan bagi para konsumen setia, seperti adanya reward, memberikan diskon, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *