December 5, 2020
Perkembangan Bayi 4 Bulan mulai bicara

Mulai Ekspresif dan Berceloteh, Yuk Ketahui Tahapan Perkembangan Bayi 4 Bulan

Pada usia 4 bulan bayi sudah mulai mengalami banyak perubahan, mulai bertingkah lucu hingga berceloteh. Bayi mulai merespon saat diajak berbicara dengan kosa kata yang hanya dipahami si bayi. Ia mengeksplorasi banyak hal dan belajar megekspresikan sesuatu di usianya. Si kecil siap untuk bersenang-senang, bermain dan berinteraksi dengan sosial. Tidak cukup itu saja, kemampuan perkembangan bayi 4 bulan akan terus berlanjut. Apa saja ? Yuk simak ulasan berikut.

Mengenali Kemampuan Berkembang Anak Secara Fisik

1. Kemampuan Motorik, Atur Gerakan Tubuh

Saat bayi berusia 4 bulan kemampuan sering terlihat pada gerakan tangan dan kaki. Bayi sudah bisa mengangkat kepala sejajar dan menggunakan tangan sebagai penopang. Tangan si bayi mulai meraih-raih apa saja yang bisa dijangkau, terkadang juga menghisap jari-jari tangan atau kaki untuk mengeksplorasi dunia. Bayi sudah bisa duduk dengan posisi tegak namun masih harus didukung dengan sandaran.

2. Berceloteh Ria dan Membentuk Kosa Kata

Ada yang bilang di usia 4 bulan anda tidak akan bisa menahan kegemasan, karena di usia ini bayi mulai berceloteh seolah mengajak anda berkomunikasi. Si kecil juga mulai membangun kemampuan untuk membentuk kata-kata, misalnya ‘ma-ma’ atau ‘pa-pa’. Para orang tua diharuskan mulai berhati-hati saat berbicara, jangan mengeluarkan kata-kata kasar dan kontrol volume suara saat di depan bayi. Sebab pada usia ini bayi sudah bisa memerhatikan pergerakan bibir dan jenis suara.

3. Kemampuan Daya Indra Lebih Peka

Dulu usia bayi 1-2 bulan masih kesulitan membedakan warna, makannya hanya mengenal benda hitam dan putih. Memasuki usia 4 bulan daya penglihatan bayi semakin menajam, dan lebih mengenal ragam warna seperti kancing merah di baju. Untuk membantu bayi mengenal warna, anda bisa berikan mainan warna-warni seperti buku, bola atau pakaian. Mata bayi juga akan mengikuti pergerakan benda didepannya, misal orang yang berjalan mondar-mandir.

Perkembangan Bayi 4 Bulan ini

4. Mulai Mengeksplorasi Banyak Benda

Orang tua sudah bisa mengenalkan si kecil untuk mengenali beragam benda. Misalnya biarkan Ia memegang popok bersih atau mainan bayi. Perhatikan bagaimana si bayi menggenggam, meremasnya, dan memasukkan ke mulut. Tidak perlu menarik benda tersebut dari si kecil secara paksa, cukup pastikan benda yang dipegang dalam kondisi bersih. Itu hanya salah satu cara bayi mengeksplorasi sesuatu yang baru dikenalnya.

5. Mengajak Berkomunikasi Lewat Tingkah Laku

Pada tahapan perkembangan bayi 4 bulan ini, bayi memiliki cara berkomunikasi dengan orang dewasa yang unik. Mereka akan mencari perhatian ke orang-orang sekitar yang merespons tindakan mereka. Terkadang akan menangis sekencang-kencangnya lalu tertawa saat anda datang, atau menjatuhkan benda yang sama berulang-ulang bertujuan mengajak anda bercanda. Bayi juga mulai berceloteh seolah-olah berbicara atau menjerit saat sedang gembira.

6. Belajar Mengekspresikan Sesuatu

Bayi empat bulan mulai membaca berbagai macam emosi melalui lawan bicaranya. Mereka juga akan mudah larut dalam perasaan, misal saat anda sedih Ia akan tahu dan berusaha untuk tidak rewel. Si bayi juga menggunakan wajahnya untuk mengekspresikan berbagai emosi, mulai dari senyum dengan wajah berseri-seri, marah saat mainannya direbut, hingga terkejut saat dikagetkan.

Itulah tahapan perkembangan bayi saat memasuki usia 4 bulan. Hal-hal yang perlu anda ketahui untuk membantu mengembangkan kemampuan bayi dan mengontrol pertumbuhan. Karena ternyata tidak hanya fisik namun juga daya eksplorasi terhadap sesuatu yang baru juga perlu untuk diperhatikan. Mulailah ajak bayi anda untuk berceloteh atau menceritakan dongeng-dongeng anak dengan berbagai macam ekspresi dan lakukan secara rutin dalam sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *