June 13, 2021
Pertumbuhan bakteri ini

Penyebaran dan Pertumbuhan Bakteri Yang Wajib Kita Ketahui

Bakteri adalah salah satu makhluk berwujud mikro organisme yang hidup berdampingan dengan manusia. Pertumbuhan bakteri begitu cepat sehingga siapapun bisa terkena bakteri karena saking cepatnya ia bertumbuh. Sangat bisa jadi bakteri yang bertumbuh dengan cepat ini menyebabkan penyakit yang saat ini kita alami misalnya. Seperti batuk, pilek, demam, dan lain sebagainya. Anak Anda yang saat ini cacingan pun bisa disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuhnya saat ia bermain. Tidak menutup kemungkinan juga apabila Anda saat ini sedang mengalami gatal-gatal kulit karena ada bakteri yang bersarang.

Bakteri sangat cepat menyebar dan tumbuh di segala tempat. Tempat yang sering jadi sarang bakteri dan tempat tumbuh berkembangnya adalah selokan, tong sampah, serta tempat limbah lainnya. Sebisa mungkin jauhkan anak-anak Anda dari tempat ini agar tidak rentan terkena penyakit. Bukan anak-anak saja, bahkan Anda pun yang saat ini sudah berusia lanjut juga bisa sakit karena terserang bakteri apabila ada di tempat-tempat yang jadi sarangnya. Jika sudah kadung terpaksa ada di tempat itu, sebisa mungkin bersihkan diri minimal lima kali dalam sehari di jam yang berbeda. Siapkan pula anti bakteri jenis semprot atau jenis oles sebagai pencegah agar bakteri tidak bersarang di tubuh Anda. Minimal bakteri yang ada di kulit akan segera mati bila terkena anti bakteri ini.

Pertumbuhan bakteri di teliti

Namun begitu, menurut istilah kedokteran ternyata masih ada saja bakteri baik yang mampu memperbaiki imun tubuh. Contohnya seperti bakteri yang diagung-agungkan salah satu produk minuman kesehatan. Tapi jika kita pikir-pikir lagi, masa sih kita mau minum bakteri terlepas dari bakteri baik atau bakteri buruk. Maka dari itu perlu Anda pikirkan lagi untuk mengkonsumsi produk kesehatan apabila ada bakteri yang dimasukan ke dalamnya. Cerdaslah dalam menerima informasi sekalipun datangnya dari dunia kesehatan yang mempromosikan bakteri.

Pertumbuhan bakteri tidaklah bisa disamaratakan jika dilihat dari jenis dan namanya. Pertama ada bakteri Lactobacillus yang berkembang sangat cepat pada suhu lembab. Jadi sederhananya, bakteri ini sudah pasti ada bahkan banyak di tempat-tempat dengan suhu yang lembab. Bakteri jenis ini bisa menyebabkan penyakit seperti diare, mual, pusing, bahkan sampai muntah-muntah. Bakteri Lactobacillus tidak tahan dalam suhu panas. Obat untuk penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Lactobacillus pun sudah banyak diperjualbelikan baik di apotik maupun minimarket. Selanjutnya ada bakteri Bacillius yang bisa mengganggu sistem pernafasan. Biasanya orang yang terserang bakteri ini agak sulit bernafas panjang. Napasnya pendek seperti orang yang terserang asma namun dalam kadar yang masih dalam batas wajar. Sama seperti Lactobacillus, bakteri ini juga sudah banyak vaksin yang diedarkan dalam bentuk obat. Tidak etis apabila merk obatnya disebutkan di sini namun Anda pasti menemukannya di apotik atau minimarket terdekat.

Pertumbuhan bakteri e coli

Bakteri memang tidak menyerang secara langsung namun ia akan menyebabkan gangguan jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama dan akan semakin mengganggu kesehatan apabila terus berlanjut. Salah satu cara agar kita tidak terkena gangguan kesehatan dari bakteri adalah menjaga kebersihan, terutama kebersihan kuku dan kebersihan kulit. Ganti pakaian setiap hari terutama pakaian dalam dan ingat, jangan beraktifitas di tempat-tempat yang jadi sarang bakteri. Anda boleh tidak percaya bahwa ada banyak kasus kematian terjadi di Indonesia khususnya yang disebabkan oleh bakteri di dalam tubuh akibat tidak menjaga kebersihan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *