September 19, 2021
makanan bayi yang belum tumbuh gigi sedap

Rekomendasi Makanan Bayi Belum Tumbuh Gigi

Memiliki seorang bayi adalah kebahagiaan yang sulit sekali diungkapkan terlebih bagi Anda yang sudah menikah dan menantikan kehadiran seorang bayi dalam waktu yang lama. Namun jika ini adalah pengalaman pertama, Anda pasti bingung bagaimana merawat bayi terlebih dalam urusan memberi makanan apa yang pas? Hayo bingung kan? Coba tebak apa yang Anda pilih dalam hal makanan bayi yang belum tumbuh gigi? Jika Anda tidak tahu jawabannya, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa jadi patokan Anda dalam memilih makanannya.

Rekomendasi yang pertama adalah biskuit yang dicampur dengan air karena bayi yang belum tumbuh gigi mudah menerima dan mencerna makanan ini. Cara ini sudah digunakan oleh ibu-ibu zaman dulu dan sudah disetejui oleh dokter kesehatan. Masuk akan dong karena bagaimana mungkin bayi yang belum tumbuh gigi bisa mengunyah biskuit tanpa dicampur dengan air? Nah kemudian untuk mendapatkan biskuit seperti ini bisa Anda cari di minimarket terdekat atau di apotik. Harganya pun tidak terlalu mahal dan manfaatnya sangat ampuh untuk menambah berat badan bayi serta pencernaannya yang masih sensitif. Anda boleh memberikan biskuit yang dicampur dengan air ini kepada bayi Anda dan buktikan sendiri.

makanan bayi yang belum tumbuh gigi lembut

Kemudian ada juga bubur yang dibuat jadi lebih encer dari pada umumnya yang juga mudah dicerna oleh bayi yang belum tumbuh gigi. Bahkan ini sudah dilakukan sejak zaman belum berkembangnya ilmu kedokteran. Bubur ini bisa ditambahkan dengan wortel yang diblender atau dedaunan yang biasa digunakan untuk memasak sayur. Orang tua zaman dulu menyebut bubur ini sebagai bubur tim atau bubur bayi atau mungkin ada lagi sebutan kekiniannya. Rasanya mungkin bisa dikatakan tawar namun jika Anda ingin menambahkan sedikit kaldu pun tidak pa-apa. Jangan lupa selain memberikan bubur ini, tambahkan juga air susu ibu karena bagaimana pun juga air susu ibu adalah konsumsi terbaik bagi bayi sekalipun sudah ada gigi yang tumbuh, apa lagi bayi yang giginya belum tumbuh.

Selanjutnya ada pisang yang bisa diserut dengan sendok hingga teksturnya terasa lembut kemudian diberikan pada bayi. Umumnya bayi suka sekali dengan asupan ini karena rasanya manis dan teksturnya yang lunak. Gizinya juga banyak karena pisang dikenal sebagai buah yang mengandung banyak sekali vitamin. Pisang juga bisa dibeli dimana-mana seperti pasar, minimarket ataupun pada orang yang menanamnya. Bahkan, pisang tidak mengenal musim untuk bisa tumbuh jadi bisa selalu dipakai untuk asupan bayi Anda yang giginya belum tumbuh. Jika dengan menyerut pisang dengan sendok masih Anda pikir belum halus teksturnya, Maka Anda bisa memblender pisang tersebut hingga kadar halusnya sudah Anda pikir pas bagi mulut bayi.

makanan bayi yang belum tumbuh gigi bersama ibu

Makanan bayi yang belum tumbuh gigi bukanlah sebuah hal yang harus dipusingkan namun bukan rekomendasi yang tadi sudah disebutkan seperti tadi. Jika seandainya Anda ragu dengan apa yang tadi sudah direkomendasikan, cobalah konsultasikan pada dokter dan jangan heran jika dokter pun merekomendasikan makanan tersebut untuk bayi Anda yang belum tumbuh gigi itu. Anda juga bisa bertanya pada ibu-ibu yang berpengalaman memberi makan bayi yang giginya belum tumbuh dan Anda pun akan mendapat jawaban yang serupa atau mungkin Anda akan mendapat rekomendasi lain. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang baru memiliki bayi terlebih jika giginya belum tumbuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *