October 30, 2020
keuntungan asuransi syariah

Sebelum Memilih, Yuk Cari Tahu Apa Itu Asuransi Syariah

Semua makhluk yang hidup di bumi, tentu saja dipenuhi dengan ketidakpastian serta berbagai resiko yang mungkin saja terjadi kapanpun. Untuk meminimalisir terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, manusia membutuhkan sebuah jaminan untuk meredakan kekhawatiran. Salah satu jaminan yang berikan yaitu asuransi syariah yang berlandaskan dalil pada Al Qur’an. Sebelum menggunakannya, kenali lebih dalam asuransi tersebut.

Mengenal Apa Itu Asuransi Berbasis Syariah

Secara umum, asuransi berarti bentuk pertanggungan ataupun adanya sebuah perjanjian dari kedua belah pihak. Sedangkan asuransi berbasis syariah, menggunakan prinsip tolong menolong serta saling melindungi antar sejumlah orang melalui sebuah investasi yang berbentuk sebuah aset (tabbaru). Aset tersebut yang nantinya akan memberikan pola pengembalian ketika menghadapi resiko tertentu saat melalui proses akad sesuai syariah.

Meski disebut sebagai investasi, para calon nasabah tak perlu khawatir akan hal tersebut, pasalnya pihak perusahaan akan memastikan dengan ketat dengan segala instrumen dalam proses penanaman modal halal, dan terbebas dari segala hal yang berbau haram. Tentu saja hal tersebut sesuai dengan nama yang disandang, yang berarti penerapan jaminannya berbeda dengan asuransi konvensional.

Penting untuk diketahui bahwa di dalam asuransi ini, diberlakukan sebuah sistem di mana para pesertanya akan menghibahkan seluruh atau hanya sebagian konstribusinya untuk membayarkan klaim jika mengalami musibah. Maksudnya, pihak perusahaan hanya memiliki peranan sebagai pihak yang mengelola operasional serta investasi dari berbagai dana yang telah diterima. Berdasarkan hal tersebut, tidak mengherankan jika sebagian orang lebih memilih asuransi satu ini.

Segudang Keuntungan yang Akan Didapatkan

Ketika menggunakan asuransi syariah, ada berbagai keuntungan yang bisa dirasakan oleh para nasabahnya. Salah satunya yaitu pembagian keuntungan yang proporsional antara besaran dana konstribusi serta nilai klaimnya. Sebab semua dana kontribusi dianggap sebagai hak milik nasabah, dimana nantinya dana tersebut akan digunakan sebagai pembayaran klaim.

ini Pedoman Umum Asuransi Syariah

Pembagian keuntungannya memang sedikit berbeda dengan asuransi konvesional, sebab nilai kontribusi jika lebih besar dari nilai klaim akan mendapatkan surplus keuntungan. Pada kondisi ini pihak perusahaaan akan membagi nya menjadi tiga yang terdiri dari 30% akan dibagikan ke pesertanya, 10% bagi pengelolaan, serta 60% berupa keuntungan yang akan berubah menjadi dana tabbaru.

Sedangkan jika kontribusinya lebih kecil dari nilai klaimnya, maka yang akan terjadi adalah defisit keuntungan. Dalam proses pembagiannya keuntungan kepada peserta akan dilakukan secara proporsional, dimana semakin besar nilai kontribusi yang diberikan maka keuntungan yang bisa didapatkan pun akan semakin besar pula. Adanya pembagian secara proporsional dianggap menjadi daya tarik tersendiri.

Selain pembagian keuntungan secara proporsional, asuransi satu ini juga menerapkan adanya sistem tanpa adanya dana hangus. Dengan kata lain, para nasabah dapat melakukan pencairan dana kapanpun diinginkan tanpa perlu khawatir adanya pengurangan akibat dana hangus. Bahkan hal ini sesuai dengan hukum syariah, dimana nasabah haruslah menjadi pihak yang akan mendapatkan keuntungan lebih besar.

Salah satu keuntungan yang membuat nasabah begitu jatuh cinta menggunakan asuransi ini, yaitu mengurangi kecemasan saat telat membayarkan premi. Sebenarnya hal ini cukup wajar terjadi, mengingat setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya pasang surut atau kondisi ekonomi keluarga sedang tidak stabil. Ketika dalam kondisi tersebut, anda bisa meminta cuti terlebih dahulu hingga kondisi keuangan stabil kembali.

Seusai dengan nama yang disandangnya, perusahaan asuransi tidak hanya asal mengambil kata syariah sebagai embel embelnya. Sebab, sistem asuransi yang dilakukan akan disesuaiakan dengan syariat agama Islam ketika hendak memenuhi segala kebutuhan nasabahnya. Nampaknya kehadiran asuransi satu ini, dapat menjadi alternatif terbaik bagi anda yang tertarik menggunakan asuransi halal dan sesuai ketentuan syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *