November 28, 2020
Faceshield kini banyak di cari untuk cegah virus corona

Semakin Populer, Mana Yang Lebih Efektif Antara Masker Wajah Dan Faceshield ?

Pada masa pandemi seperti sekarang ini sangat penting untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah agar terhindar dari paparan virus Corona. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan masker. Saat ini pelindung wajah menjadi sangat populer dikalangan masyarakat dan banyak yang menjadikannya sebagai peluang bisnis. Mana yang lebih efektif antara masker dan faceshield ? Simak penjelasannya.

Masker

Masker merupakan alat pelindung diri yang belakangan ini banyak digunakan oleh semua orang untuk menghindari paparan virus Corona. Hal itu menyebabkan persedian dan jumlah permintaan untuk produk satu ini berbanding terbalik sehingga tak heran jika harga masker sangat mahal. Pasalnya, virus Corona dapat menular lewat percikan dahak atau liur seseorang saat penderita Covid-19 batuk atau bersin.

Faceshield

Sehingga untuk mengurangi risiko tersebut maka orang yang sedang sakit sangat disarankan untuk memakai masker agar tidak menularkan virus pada orang lain yang ada disekitarnya. Hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa masker lebih efektif untuk melindungi seseorang yang terinfeksi virus Corona. Sehingga pendapat yang mengatakan bahwa masker lebih efektif itu masih simpang siur.

Ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa masker respirator N95 terlihat lebih efektif dalam menyaring debu, bakteri, kotoran serta virus jika dibandingkan dengan masker yang terbuat dari kain. Tak hanya itu, masker respirator N95 dipercaya dapat mencegah masuknya percikan dahak atau air liur dari orang lain ketika sedang batuk atau bersin. Oleh karena itu, masker kain masih dianggap kurang efektif dalam melindungi kamu dari paparan virus Corona.

Meski begitu, CDC menganjurkan penggunaan masker kain kepada masyarakat luas untuk menekan penyebaran virus Corona, terutama untuk orang yang sudah terinfeksi virus Corona namun tidak mengalami atau tidak menunjukkan gejala apapun dan tampak sehat seperti orang sehat pada umumnya. Umumnya gejala yang ditunjukkan pada orang yang terinfeksi virus ini adalah demam tinggi dan batuk kering.

Pelindung Wajah

Faceshield merupakan salah satu APD yang perlu digunakan pada saat masa pandemi seperti sekarang ini. Bentuk dari benda ini berupa penutup wajah seperti perisai yang terbuat dari plastik transparan. Alat ini sebenarnya sudah lama dilingkungan tenaga medis yaitu untuk operasi atau pada saat tes swab. Pelindung wajah dipercaya dapat mengurangi penularan infeksi penyakit salah satunya termasuk virus Corona.

Faceshield masker

Alat ini bisa melindungi seluruh bagian wajah termasuk mata, hidung dan mulut. Pelindung wajah ini dianggap lebih praktis daripada masker karena alat ini memungkinkan kita untuk bisa bernapas relatif lebih nyaman. Tak hanya itu, alat ini juga dapat membantu seseorang yang memiliki keterbatasan fisik seperti bergantung pada pembacaan bibir untuk berkomunikasi karena bentuknya yang bening dan transparan.

Namun juga terdapat kelemahan pada alat pelindung ini yaitu terdapat celah pada bagian bawah dan samping. Dimana celah tersebut masih memungkinkan partikel-partikel kecil seperti virus untuk dan menempel pada wajah. Berbeda dengan masker yang bisa menutup rapat area hidung dan mulut kita jika dipakai dengan cara yang benar dan tepat.

Dari kedua jenis pelindung diri tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Meskipun tidak semua masker tergolong lebih efektif jika dibandingkan dengan pelindung wajah, namun beberapa jenis masker tertentu sudah terbukti untuk melindungi wajah dari paparan virus Corona. Akan tetapi bagi kalian yang lebih senang menggunakan pelindung wajah, maka hal itu juga tidak dilarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *