October 27, 2020
Perbedaan Bakteri dan Virus

Sering Salah Persepsi, Yuk Simak Perbedaan Bakteri dan Virus Corona

Meski dianggap sesuatu yang sama-sama dapat menimbulkan penyakit, namun virus dan bakteri atau bacteria adalah hal yang berbeda. Namun, banyak orang yang masih tidak mengetahui perbedaannya dan menganggap keduanya adalah hal yang sama. Seperti disaat merebaknya wabah corona ini, banyak yang beranggapan jika corona disebabkan oleh bacteria. Padahal, corona merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, yang berbeda dengan bacteria.

Mengenal Lebih jauh Tentang Apa Itu Bacteria

Bacteria adalah salah satu sel yang banyak hidup di dalam tubuh manusia. Mikroorganisme bersel satu yang hidup dalam tubuh manusia ini, sebagian besar bukan merupakan organisme perusak. Bacterium yang dapat membahayakan kesehatan manusia, disebut sebagai patogen bacteria. Sedangkan sebutan untuk bacteria yang memiliki manfaat dan dapat menunjang kesehatan disebut beneficial bacteria. Keduanya dapat hidup dalam berbagai tempat dan keadaan.

Bakteri dan Virus Corona

Orang awam, lebih banyak menyebut patogen bacteria sebagai kuman. Mikroorganisme bersel satu yang kecil ini, hanya bisa dilihat menggunakan bantuan mikroskop. Meski hanya bersel satu, kuman yang berhasil menular dan masuk ke dalam tubuh akan terus berkembang biak di sel – sel tubuh manusia. Sehingga akan terus memproduksi toksin yang dapat menghancurkan sel – sel tertentu pada jaringan tubuh manusia. Zat toksin inilah yang akan menyebabkan manusia jatuh sakit.

Biasanya, tubuh yang terserang bakteri akan mudah terserang penyakit seperti radang paru, radang tenggorokan, kolera, jerawat, diare dan banyak lagi. Untuk mengobatinya biasanya dokter akan meresepkan antibiotik yang bisa dikonsumsi untuk melawan bacteria jahat dalam tubuh. Antibioitik dapat bekerja dengan dua cara, yaitu dengan membunuh bacteria ataupun untuk menghentiukan pertumbuhan bacteria yang dapat dengan mudah berkembang biak.

Mengenal Lebih jauh Tentang Apa Itu Virus

Sedangkan virus memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari bacteria, dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop khusus yang lebih canggih. Berbeda dengan bacteria yang masih memiliki manfaat, virus adalah organisme yang hanya mengambil keuntungan dari inang atau sel induk yang ditumpanginya, atau disebut parasit. Inang ini dimanfaatkan virus untuk mendapatkan makanan dan membantu reproduksi dengan nutrisi yang didapatkan dari inangnya, termasuk sel manusia.

Perbedaan Bakteri dan Virus Corona

Virus memerlukan tumpangan pada inangnya untuk dapat memperbanyak jumlahnya. Namun karena merupakan organisme parasit, virus dapat dengan mudah merusak sel-sel dalam tubuh manusia yang ditumpanginya, bahkan melumpuhkan sel aslinya. Ketika menyerang bagian tubuh, virus akan berusaha menguasai beberapa sel dalam tubuh manusia, dan akan membuat sel inang memproduksi bagian yang dibutuhkan oleh virus untuk terus mereplika dirinya sendiri.

Oleh karena itu, sakit yang disebabkan karena adanya virus seperti covid-19 tidak bisa hanya diobati menggunakan antibiotik. Karena, orang yang terjangkit virus memerlukan vaksin dan juga anti virus. Namun untuk menemukan anti virus ataupun vaksin, diperlukan masa waktu penelitian dan percobaan yang sangat lama. Hal inilah yang menyebabkan untuk membasmi sebuah wabah yang disebabkan oleh virus seperti covid, tidak bisa dilakukan dengan jangka waktu yang cepat.

Virus maupun bacteria sama-sama dapat menggerogoti sel tubuh manusia hingga akhirnya terserang penyakit. Untuk menghalaunya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan terus berusaha menjaga kesehatan, menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Karena dengan menjaga tiga hal tersebut, tubuh akan lebih sehat dan bugar dan semakin kuat dalam upaya menghalau virus ataupun bacteria jahat yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *