November 30, 2021
Keuntungan Network Switch smart factory

Simak Beberapa Keuntungan Network Switch yang Harus Kamu Ketahui!

Network Switch atau yang sering disebut juga sebagai pengalih jaringan adalah penghubung tak tampak atau pengalihan untuk segmentation banyak jaringan berdasarkan alamat MAC atau komputer itu sendiri. Network Switch atau pengalih jaringan yang juga bekerja di data link atau lapisan taut data ini umum di gunakan sebagai penghalang ataupun penghubung suatu area yang terbatas.

Terdapat beberapa tipe atau jenis serta Keuntungan Network Switch menurut jenisnya masing-masing:

1.ATM Switch

Kepanjangan dari ATM Switch adalah Asynchronous Transfer Mode . ATM Switch merupakan suatu mode transfer dengan menggunakan metode penyusunan data dalam bentuk sel- sel. Sedangkan Asynchronous sendiri mempunyai arti sel yang berulang membawakan informasi kepada para pengguna tanpa memerlukan sistem periodik.

Keuntungan Network Switch port

2.ISDN Switch

Integrated Services Digital Network Switch atau yang sering di sebut dengan ISDN ini oleh beberapa orang juga dikenal dengan sebutan miliknya yang lain, yaitu Frame Relay Switch Over. Pada umumnya ISDN dapat ditemukan pada Service Provider dengan cara kerjanya yang seperti Switch Network pada umumnya. Perbedaan di antara dua hal ini terdapat pada interface yang di gunakan. ISDN sendiri menggunakan ISDN Card atau ISDN Router sebagai interface nya.

3. DSLAM Switch

Digital Subscriber Line Access Multiplexer atau yang disingkat dengan DSLAM ini merupakan salah satu tipe Network Switch yang bisa membuat telepon garis memiliki koneksi cepat ke internet. DSLAM sendiri merupakan suatu perangkat jaringan dengan Multiplexing teknik nya yang dapat menghubungkan kecepatan tinggi backbone Internet line dengan beberapa pelanggan Digital Subscriber Lines (DSLs). Anda dapat merasakan keuntungan Network Switch satu ini, karena DSLAM dapat menghubungkan lokasi terpencil yang berada di luar jangkauan dengan sentral telepon secara efektif.

4. Ethernet Switch

Ethernet Switch merupakan suatu perangkat LAN terkoneksi yang beroperasi pada layer atau lapisan data- link (lapisan 2) dari model OSI. Keuntungan Switch Network satu ini adalah terdukungnya jumlah segmen LAN yang lebih besar yang mana hal ini terhubung drngn kemampuan manajemen yang lebih bagus. Dengan menginstal Ethernet Switch LAN Modern dapat diganti dengan media yang di aktifkan, karena Ethernal Switch dapat menghubungkan Repeater dengan operator. Partisi logis ini hanya terjadi selama segmen jaringan berada pada jalur antara sumber dan tujuan. Hal ini sangat menguntungkan karena dapat mengurangi hasil buangan Bandwidth dari kiriman paket ke bagian jaringan yang sebenarnya tidak perlu menerima data. Keuntungan Network Switch yang satu ini juga dapat menjadikan kemanan para pengguna meningat di karenakan pengguna lain tidak akan mampu Tap-In ke data pengguna yang lainnya lagi. Ethernal Switch juga memiliki manajemen yang baik dengan memiliki kemampuan untuk mengontrol siapapun yang bisa menerima informasi serta dapat mengurangi serta membatasi beberapa dampak yang dihasilkan dari masalah jaringan.

Keuntungan Network Switch port

5.Port uplink

Port uplink aalah sebuah port yang digunakan untuk menghuungkan suatu jaringan Network Switch dengan jaringan Network Switch yang lainnya dengan menggunakan basis teknologi Ethernet. Dengan menggunakan port uplink, hubungan- hubungan yang sudah ada dapat disusun secara bertumpuk untuk kemudian bisa terbentuk jaringan yang jauh lebih besar dengan menggunakan bantuan kabel Unshielded Twisted Pair yang murah saja. Akan tetapi, bila situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk menggunakan Port Uplink, maka anda dapat menggunakan alternatif lainnya seperti menggunakan kabel UTP yang disusun secara Cross Over.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *