November 30, 2021
Guinness stout

Stout, Bir Hitam yang Punya Cita Rasa Unik

Bir hitam atau stout merupakan satu dari banyaknya varian bir yang cukup terkenal seperti salah satunya yang popular dikalangan orang yang menyukai bir yaitu Guinness stout yang merupakan salah stau jenis stout yang tidak manis dan berwarna gelap biasa disebut sebagai bir hitam. Stout ini termasuk salah satu jenis irish stout atau dry stout yang banyak diproduksi di Irlandia.

Sebelum fokus memproduksi stout atau lebih sering disebut bir hitam, Arthur Guinnes, Founder dari Guinness bir memproduksi dua signature bir yaitu Guinnes aledan stout, tetapi ditahun 1790-an, Arthur memperbesar brand Guinness memutuskan untuk berhenti memproduksi ale dan fokus memproduksi bir stout yang termasuk dari jenis irish stout. Selain irish stout sebetulnya masih banyak lagi jenis stout yang lain seperti berikut:

1. Coffee stout

Coffee stout atau yang lebih dikenal dengan coffee bir atau bir kopi merupakan biryang memiliki cita rasa dan aroma kopi sesuai dengan namanya. Bir ini biasanya terbuat dari black patentmalt, beberapa brewer juga tak segan menambahakan bubuk kopi tersendiri untuk menonjolkan aroma khas dari kopi.

Guinness stout

2. Milk Stout

Stout yang satu ini merupakan stout dengan rasa manis karena mengandung laktosa atau kandungan gula yag berasal dari susu yang digunakan.

3. Imperial stout

Stout ini juga memiliki sebutan lain yaitu Russian Imperial stout. Memiliki kadar alcohol mencapai 9% stout ini memiliki after taste yang kuat dibandingkan stout biasa.

4. Baltic Porter

Bir yang satu ini merupakan hasil dari fermentasi dingin Imperial stout dan warnanya cenderung ke warna coklat daripada hitam. Banyak ditemui di negara-negara Baltik seperti Jerman, Finlandia, dan Denmark.

Guinness stout tips menikmati guinness beer

Beberapa stout seperti yang disebutkan di atas merupakan stout-stout yang juga popular dikalangannya, tetapi bir hitam Guinnes stouthingga saat ini menjadi bir hitam dengan rasa cenderung tidak manis yang paling popular dan favorit. Pasalnya, dimasa kini bir tidak hanya bisa dinikmati dimasa-masa tertentu, tetapi juga stout bir guinnes bisa dinikmati disaat-saat santai. Meski begitu, stout bir tidak bisa dinikmati dengan sesuka hati tanpa batasan tertentu. Tetapi diperlukan batasan karena apapun yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuhnya dan bisa jadi jika kita melebihi batasan yang ada manfaat utuh dari stout bir tidak bisa kita dapatkan. Hal ini dikarenakan, walaupun stout bir mengandung alkohol, tetapi bir ini juga membawa banyak manfaat bagi tubuh kita seperti sebagai antioksidan, mencegah resiko penyakit jantung, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Bir tidak selalu membawa pengaruh buruk seperti stigma kebanyakan masyarakat saat ini. Ada berebagai hal baik juga yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi bir dalam takaran yang tepat, apalagi bir hitam. Bagi kalian yang tidak menyukai stout dengan citarasa yang cenderung pahit sekarang ada banyak alternatif stout yang bisa kalian coba, tetapi bagi kalian yang belum pernah mencoba stout, maka stout dari Guinness dapat menjadi pilihan pertama kalian untuk dicoba. Guinness yang sudah berkancah di dunia minuman bir tentu dapat menjamin kalian untuk dapat merasakan sensasi berbeda dan unik dari produk mereka, apalagi stout atau bir hitam merupakan salah satu bir andalan mereka. Jika anda mencara stout dengan rasa yang orginal, Guinness siap memberikan anda pengalaman rasa yang otentik dan asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *