May 24, 2020
provider internet

Strategi Provider Indonesia Merebut Pasar

Kemajuan bidang telekomunikasi memudahkan manusia melakukan komunikasi satu dengan lainnya melalui jarak jauh. Hal ini didukung dengan hadirnya penyelenggara telekomunikasi di Indonesia yang berlomba untuk memberikan pelayanan terbaik. Apalagi dengan kebutuhan internet yang semakin tinggi, sehingga para provider di Indonesia saling berebut pasar untuk mendapatkan pelanggan. Berikut ini beberapa strategi persaingan yang diterapkan provider Indonesia.

Strategi Persaingan Para Provider untuk Merebutkan Pasar

1. Penerapan Teknologi

Tidak bisa dipungkiri jika teknologi memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan nilai tambah suatu perusahaan. Bagi perusahaan yang ingin bertahan dan selalu menjadi pilihan di masyarakat, maka mengikuti perkembangan teknologi menjadi sebuah keharusan. Apalagi pergerakan teknologi di telekomunikasi semakin cepat beralih dari teknologi masa kini menjadi teknologi masa depan. Salah satu bentuk strategi ini yaitu penerapan teknologi jaringan super 4G-LTE.

provider internet ini laptop touch

2. Memperbanyak Pusat Pelayanan

Strategi kedua yang diterapkan oleh para provider yaitu dengan memperbanyak pusat pelayanan untuk mempermudah pelanggan mendapatkan produk. Hal ini tidak terlepas dari kesadaran mereka mengenai sistem distribusi terhadap kepuasan pelanggan. Distribusi yang buruk dapat menghancurkan usaha pemasaran yang sebenarnya baik.

Dengan menyediakan pusat layanan yang lebih banyak, maka perpindahan produk dan jasa dapat dilakukan secara cepat, di waktu yang tepat dengan berbagai keragaman produk yang diinginkan oleh pelanggan. Selain itu, adanya pusat pelayanan akan memudahkan para pelanggan melakukan perbaikan jika terdapat masalah pada kartu perdana yang digunakan.

3. Penerapan Standar Produk

Bidang telekomunikasi berfokus pada jasa, sehingga kualitas pelayanan yang diberikan harus berstandar nasional dan internasional. Untuk itu, para provider sudah memiliki standar kualitas yang mengikuti standar secara internasional seperti ISO 9000, ISO 14000 atau standar standar yang lain. Kualitas jasa sangat penting bagi pelanggan, apalagi untuk melakukan komunikasi membutuhkan jaringan yang bagus dan cepat, terutama untuk akses internet.

Jika kualitas jasa yang diberikan buruk dan tidak sesuai dengan standar, maka pelanggan akan merasa dirugikan sehingga berpindah ke operator lain yang menyediakan kualitas yang lebih baik. Hal inilah yang mendorong provider internet untuk selalu mengedepankan kecepatan internet bagi para pelanggan, baik dari aspek pengunduhan maupun akses data lainnya seperti streaming video.

4. Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

Dalam dunia bisnis, kepuasan pelanggan menjadi kunci utama agar suatu produk bisa bertahan cukup lama. Hal ini berlaku juga dengan perusahaan penyelenggara telekomunikasi di Indonesia. Mereka menyadari tentang pentingnya kepercayaan dan dukungan pelanggan terhadap berbagai produk yang mereka keluarkan. Pemberian pelayanan yang prima tidak terlepas dari disiplin nilai yang diterapkan di perusahaan masing masing.

enak Provider Internet Kantor

5. Pengembangan Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting bagi sebuah perusahaan dalam perebutan pasar yang ada di Indonesia. Apalagi jika perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa seperti penyelenggara telekomunikasi. Sumber daya manusia yang mumpuni, akan memberikan kontribusi besar untuk perkembangan dan keberhasilan perusahaan.

Sumber daya manusia yang unggul akan memberikan dan mendukung inovasi untuk menghadirkan produk produk baru yang lebih baik. Untuk itu para perusahaan terus memberikan pelatihan dan pendidikan bagi para karyawan, sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di berbagai jenjang karir. Bahkan beberapa provider internet ada yang membuat program pengiriman karyawan ke luar negeri.

Itulah beberapa strategi provider untuk menjadi provider terkemuka di Indonesia. Penerapan beberapa strategi tidak hanya berdampak pada peningkatan pelanggan saja. Seperti misalnya penerapan teknologi yang lebih mutakhir dan kualitas pelayanan yang diberikan, akan mendapatkan apresiasi dengan diberikannya penghargaan terhadap perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *