April 10, 2020
Sudah Mulai Aktif Bergerak, Yuk Cari Tahu Kemampuan Perkembangan Bayi 6 Bulan senyum

Sudah Mulai Aktif Bergerak, Yuk Cari Tahu Kemampuan Perkembangan Bayi 6 Bulan

Pada saat bayi memasuki usia 6 bulan mereka mulai mengonsumsi MPASI, karena sistem pencernaan yang sudah siap mengolah makanan padat. Di usia 6 bulan juga bayi sudah mulai mencoba berbagai posisi tubuh. Berbagai tingkah lucu dari bayi terlihat menggemaskan di usia ini. Mereka mulai menggerak-gerakkan tubuh untuk mencari perhatian orang dewasa. Berikut kemampuan bergerak pada perkembangan bayi 6 bulan.

Hal-hal yang Berkembang pada Kemampuan Gerak Bayi

1. Kemampuan Menopang Berat Badannya

Ketika bayi memasuki usia 6 bulan, dia sudah bisa membalikkan tubuh sendiri mulai terlentang hingga tengkurap. Bayi juga sudah merangkak kesana kemari dengan cepat, dan bisa duduk dengan tegak. Namun saat duduk baiknya anda tetap berada di sisi belakang bayi, karena keseimbangannya belum stabil jadi untuk berjaga tiba-tiba jatuh. Si bayi akan menopang diri dengan tangan mereka, nantinya perlahan si bayi mulai melepaskan dan berpegang di area sekitar.

2. Kemampuan Berbicara Meningkat

Jika di usia 5 bulan bayi akan berceloteh dengan bergumam, maka di usia 6 bulan bayi sudah bisa menjeda tiap kata. Si bayi mulai kebiasaan cooing atau mengeluarkan suara ‘aaa’ dan ‘uuu’. Para orang tua cukup memberi stimulasi dengan merespon setiap kata yang dikeluarkan bayi. Memanggil namanya atau terus mengajak berbicara agar bayi lebih aktif berbicara lebih banyak.

Sudah Mulai Aktif Bergerak, Yuk Cari Tahu Kemampuan Perkembangan Bayi 6 Bulan ini merangkak

3. Kemampuan Bersosial

Kemampuan bayi yang satu ini ditandai dengan berekspresi sesuai emosinya. Bayi mudah tersenyum dan tertawa saat Ia selalu dalam kondisi hati yang baik. Ia akan menggeleng saat menolak diberikan sesuatu atau tidak menyetujui sesuatu. Terkadang melambai untuk merespon saat disapa oleh orang lain. Selain itu bayi juga berusaha menarik perhatian anda dengan tindakan menyenangkan maupun yang tidak. Pada tahap ini anda bisa sambil mengajarkan mana tindakan baik dan buruk.

4. Mulai Bisa Mengonsumsi MPASI

MPASI atau makanan pendamping ASI mulai diberikan saat bayi di usia 6 bulan, karena ASI tidak cukup untuk mengimbangi kebutuhan gizi si kecil. Saluran pencernaan sudah bisa menerima jenis makanan padat, namun masih melalui proses penghalusan. Anda sudah bisa membuat daftar MPASI yang bergizi seimbang. Mulai dari brokoli rebus, labu kuning rebus, atau tahu rebus. Beri asupan makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan serat tinggi.

5. Berkembangnya Kemampuan Kognitif

Pada perkembangan bayi 6 bulan kemampuan kognitif berjalan dengan bertahap. Anda bisa melihat ciri-ciri secara fisik, mulai mata yang mampu mengikuti gerak benda, merespon suara dan memilah jenis suaranya. Jika si kecil belum menunjukkan kemampuan-kemampuan tersebut, maka orang tua perlu memperhatikan lebih intens lagi. Mengingat perkembangan anak berbeda-beda, jadi anda tidak perlu khawatir berlebihan. Namun jika masih ragu anda boleh berkonsultasi dengan dokter anak.

6. Daya Respon yang Meningkat

Bayi mulai aktif merespon sesuatu dengan tertawa atau gerakan tubuh. Misalnya ketika anda memberi sebuah mainan bola, Ia akan otomatis menggenggam bola tersebut. Atau saat anda menggelitik bagian perut, Ia akan tertawa kencang sesuai sebagai bentuk respon dari kegelian. Daya respon aktif juga menandakan bahawa Ia sedang memindai sesuatu untuk mengenalinya lebih jauh.

Itulah perkembangan bayi ketika sudah memasuki usia 6 bulan. Para orang tua perlu mengetahui setiap detail tumbuh kembangnya. Mulai dari kata apa yang keluar pertama kali atau kapan si kecil mulai merangkak. Hal itu berefek pada kemampuan motorik anak di masa mendatang, semakin cepat si kecil melewati masa tersebut semakin baik pula kemampuan motorik berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *