September 19, 2020
penyebab autis Faktor Pemicu Autisme pada Anak

Sudah Tahu Beragam Penyebab Autis? Yuk Lakukan Pencegahan Sejak Dini

Hingga saat ini tidak dapat diketahui secara pasti mengenai penyebab dari terjadinya autisme pada anak. Namun dengan beragam pendekatan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa terdapat beberapa hal yang dapat memicu terjadinya autis pada seorang anak. Informasi akan hal tersebut tentu saja layak unduk diperhatikan guna melakukan pencegahan sedini mungkin mulai sekarang.

Beragam Hal yang Dapat Berisiko Menyebabkan Seorang Anak Menjadi Autis

1. Faktor Genetik

Diketahui bahwa terdapat 2 % hingga 18 % para orang tua yang telah melahirkan anak pertama dengan autisme, maka akan memiliki risiko serupa pada anak yang kedua. Salah satu faktor yang dapat memicu dan menjadi penyebab autis pada anak adalah dari segi genetik seperti contoh yang telah disebutkan. Gangguan berupa autisme tersebut tentu harus ditangani dan dihadapi secara bijak oleh orang tua.

2. Faktor Kelahiran Prematur

Hal lain yang juga dapat memicu terjadinya autisme pada anak adalah dari faktor kelahiran sang anak tersebut. Dalam masalah berupa persalinan sendiri diketahui terdapat beberapa hal yang berisiko terjadi pada seorang ibu dan anak yang dikandungnya. Seperti misalnya adalah anak yang lahir lebih cepat dari waktu yang diperkirakan. Kelahiran di pada bulan bulan tertentu biasa disebut dengan kelahiran prematur.

3. Faktor Kelahiran Kembar

Dalam dunia kehamilan dan persalinana sendiri tentu diketahui bahwa terdapat seorang anak yang lahir bersama dengan kembarannya. Penyebab autis dari faktor kelahiran ini akan semakin meningkat dengan kasus kelahiran kembar yang identik. Pengaruh dari hal tersebut juga dapat terjadi hingga anka 36 % sampai dengan 95 %. Kemungkinan ini terjadi saat seorang anak menderita autis maka kembaran miliknya juga akan mengalami hal serupa.

4. Faktor Usia Orang Tua

Faktor usia orang tua saat melahirkan anak juga merupakan salah satu faktor yang dapat memicu munculnya autisme pada anak. Pada seorang wanita yang melahirkan di atas 40 tahun memiliki risiko memiliki bawaan autis sebanyak 77 %. Angka tersebut dapat dibandingkan dengan wanita yang melahirkan di bawah usia 25 tahun. Sementara untuk laki laki di usia 40 tahun memiliki risiko memiliki anak yang autis lebih tinggi sebanyak 28 %.

5. Faktor Obat Obatan

Tak hanya dari usia orang tua saja, hal lain yang dapat mempengaruhi munculnya autisme pada anak adalah dari faktor obat obatan. Misalnya adalah dari obat epilepsi yang diminum oleh ibu yang tengah hamil atau mengandung. Minuman beralkohol yang dikonsumsi sang ibu juga dapat memicu terjadinya autisme pada anak. Tentu saja hal ini layak untuk diperhatikan oleh para orang tua.

6. Faktor Penyebab Lainnya

Faktor penyebab lain dari terjadiya autisme pada anak yang dilahirkan antara lain adalah karena sindrom rett yang telah ia derita. Pengaruh berupa cerebral palsy atau lumpuh otak yang dimiliki sang anak juga dapat memicu terjadinya hal tersebut. Distrofi otot dan juga sindrom down yang telah dialami seorang anak juga dinilai akan memicu seorang anak dalam mengalami autisme.

Banyak hal yang diperkirakan dapat memicu terjadinya autisme pada anak. Misalnya adalah faktor genetik yang dimiliki oleh saudaranya, faktor kelahiran prematur, dan juga faktor dari usia orang tua. Hal lain yang juga dapat memicu terjadinya hal ini adalah dari faktor obat obatan dan juga kelahiran kembar yang terjadi. Dari banyaknya faktor tersebut tentu diharapkan dapat membuat para orang tua agar dapat melakukan pencegahan sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *