October 30, 2020
persiapan sebelum wawancara

Tak Perlu Panik, Yuk Cari Tahu 6 Persiapan Sebelum Wawancara Kerja

Bagi sebagian orang yang pertama melakukan wawancara kerja pasti akan jadi momen yang mendebarkan. Apalagi bagi yang lulusan baru, namun hal ini wajar jika merasa gugup, tidak percaya diri atau bahkan tidak tenang. Hampir semua orang mengalami hal ini, yang perlu anda lakukan hanyalah menyiapkan beberapa hal sebelum hari H datang. Berikut beberapa persiapan sebelum wawancara kerja yang bisa dilakukan. Simak ulasannya.

Hal Yang Sebaiknya Dipersiapkan Sebelum Lakukan Wawancara

1. Cari Tahu tentang Perusahaan

Langkah pertama yang bisa anda lakukan sebelum nantinya wawancara adalah mencari tahu atau riset tentang perusahaan. Informasi ini bisa anda dapatkan dengan memanfaatkan internet atau mengunjungi situs resminya. Nantinya anda bisa menemukan visi misi perusahaan serta hal lainnya yang dibutuhkan. Informasi ini nantinya bisa sangat membantu ketika anda melakukan wawancara. Rektruter juga akan memberi nilai plus karena anda benar benar siap.

apa persiapan sebelum wawancara
Smiling businesswoman greeting shaking hand female client, new colleague, vacancy candidate at meeting in office. Hiring sale bank investment deal start of negotiations job seeker applicant interview

2. Mempelajari Deskripsi Pekerjaan

Selain informasi perusahaan, mengetahui lebih banyak tentang pekerjaan yang anda lamar juga harus dilakukan. Jika sudah tahu deskripsinya dengan baik, anda bisa menyesuaikan dengan potensi yang dimiliki. Anda juga akan mudah menjawab pertanyaan yang nantinya bisa dikaitkan dengan pekerjaan tersebut. bukan hanya itu saja, anda juga bisa menonjolkan beberapa hal yang memang dibutuhkan dalam job desk tersebut.

3. Mengantisipasi Pertanyaan Umum

Pertanyaan yang diberikan saat wawancara kerja sangat beragam. Salah satunya yang sering ditanyakan adalah pertanyaan yang sifatnya umum. Untuk itu dalam Persiapan Sebelum Wawancara Kerja, anda perlu untuk mengantisipasinya. Pertanyaan seperti gambaran 5 tahun ke depan, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dan lain lain. Jika anda sudah membuat perkiraan jawaban, maka akan membuat anda terlihat siap dan menjawab tidak gagu.

4. Merapikan Media Sosial

Merapikan media sosial juga perlu dilakukan, ketika anda melamar pekerjaan dan akan wawancara. Sebab di era digital seperti saat ini jejak digital yang dimiliki calon pekerja juga tak luput dari penilaian. Tak jarang akan kehilangan kesempatan jika dirasa ada postingan yang cukup sensitif di media sosial anda. Daripada terjadi yang tidak diinginkan ada baiknya dirapikan. Sehingga anda tidak kehilangan atau merusak citra positif yang telah dibangun.

5. Menyiapkan Daftar Pertanyaan

Dalam wawancara, bukan hanya anda yang akan diberikan pertanyaan. Pihak rekruter juga akan memberikan kesempatan untuk anda bertanya. Sebaiknya menyiapkan daftar pertanyaan dan menjadi calon pekerja yang aktif. Selain bisa mendapatkan informasi tambahan, anda juga akan memberikan kesan bahwa anda memang benar benar tertarik dengan pekerjaan tersebut. tentunya hal ini bisa menambah pon anda di mata rekruter.

mau tau persiapan sebelum wawancara

6. Berlatih Wawancara

Persiapan yang terakhir dan juga penting adalah berlatih. Anda bisa berlatih bersama teman atau keluarga. Dengan berlatih tidak hanya bisa membuat kita lebih siap, juga bisa mengurangi stres. Anda harus mulai menerapkan mindset jika wawancara adalah kompetisi. Anda harus memenangkan hal ini dan caranya dengan membangun kematangan serta pertahanan. Manfaatkan internet atau apapun untuk membantu anda berlatih.

Momen wawancara kerja merupakan momen yang membuat perasaan campur aduk. Penting rasanya untuk menyiapkan semua hal dari yang terlihat hingga tidak terlihat. Persiapan seperti pakaian dan lainnya akan membantu kita untuk siap menghadapi wawancara. Mengingat tak jarang kesempatan hilang begitu saja hanya karena wawancara. Untuk itu persiapkan diri sebaik mungkin agar segala rasa gugup dan takut bisa dinetralisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *