September 22, 2020
masjid tertua di indonesia Masjid Saka Tunggal Cikakak Wangon

Tambah Wawasan Sejarah Islam, Yuk Mengintip Deretan Masjid Tertua di Indonesia

Masjid merupakan bangunan sakral yang menjadi tempat beribadah bagi umat Islam. Di Indonesia sendiri, jumlah masjid ada banyak sekali mengingat kebanyakan penduduk Indonesia memeluk agama islam. Bahkan dalam satu kelurahan saja, biasanya terdapat masjid lebih dari satu. Diantara sekian banyak masjid yang ada, Indonesia memiliki beberapa masjid yang sudah berusia ratusan tahun. Berikut ini masjid tertua di Indonesia yang saat ini masih berdiri tegak.

Bangunan Masjid di Indonesia dengan Usia Ratusan Tahun

1. Masjid Wapauwe

Masjid ini terletak di daerah Maluku dan telah dibangun sejak tahun 1414 Masehi. Bangunan masjid ini memang tampak sederhana dengan ukuran 10 x 10 meter. Masjid Wapauwe dibuat dari pelepah sagu dengan atapnya dari rumbia. Masjid yang masih kokoh berdiri ini, menjadi salah satu bukti perkembangan Islam di wilayah Maluku. Tak hanya banguannya saja yang sudah berusia ratusan tahun, di dalam masjid ini juga menyimpan mushaf Al Qur’an yang tertua di Indonesia.

masjid tertua di indonesia Wapauwe

2. Masjid Tuo Kayu Jao

Masjid Tuo Kayu Jao merupakan masjid yang memiliki bangunan cukup unik. Letaknya sendiri berada di Sumatera Barat, sehingga gaya arsitektur dari masjid ini menyerupai rumah Minang. Masjid ini juga menjadi cagar budaya dan telah mendapat pengawasan dari Balai Pelestarian Purbakala. Masjid Tuo Kayu Jao sudah cukup tua, mengingat bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1599. Masjid tua ini masih mempertahankan arsitekturnya aslinya meskipun beberapa kali mengalami pemugaran.

3. Masjid raya Baiturrahman

Menjadi ikon dari kota Aceh, masjid satu ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1612. Bnagunan megah ini pertama kalidibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Maka secara tidak langsung, bangunan ini juga menjadi bukti dari kejayaan Islam pada masa kerajaan. Namun, masjid yang asli pernah mengalami kebakaran karena digunakan sebagai benteng saat melawan Hindia Belanda. Namun, masjid ini akhirnya dibangun kembali sebagai perwujudan rasa bersalah Belanda.

4. Masjid Mantingan

Berada di wilayah pesisir Pulau Jawa, masjid ini menjadi bangunan bersejarah yang dibangun oleh kesultanan Demak. Selain itu, di bangunan ini juga terdapat beberapa makam tokoh bersejarah seperti Sultan Hadlirin, Ratu Kalinyamat, hingga Patih Sungging. Arsitektur dari masjid tertua di Indonesia ini lebih khas karena menggunakan sentuhan arsitektur Tionghoa. Apalagi bahan bangunan dari masjid ini juga didapat dari Makao langsung.

5. Masjid Menara Kudus

Sangat berbeda dengan masjid pada umumnya, gaya arsitektur pada Masjid Menara Kudus tampak seperti bangunan candi. Bangunan ini merupakan perpaduan yang unik antara budaya Islam dan budaya Hindu di zaman itu. Bahkan masjid terpopuler masjid yang telah dibangun sejak 1549 M ini sudah menyebar di indonesia. Masjid yang berada di Kabupaten Kudus Jawa Tengah ini, memiliki nama resmi “Masjid Al Aqsa Menara Kudus”.

masjid tertua di indonesia Masjid Menara Kudus

6. Masjid Agung Banten

Banten ternyata memiliki bangunan bersejarah yang telah berusia ratusan tahun. Masjid Agung Banten sudah dibangun sejak tahun 1552. Masjid satu ini memiliki bangunan yang cukup luas dengan menara yang cukup besar terpisah tidak jauh dari masjid. Bangunan bersejarah ini menggunakan gaya arsitektur yang khas sebagaimana model masjid zaman dengan bangunan utama bertumpuk lima. Masjid Agung Banten ini sudah ada sejak masa pemerintahan Sultan Hasanuddin.

Itulah beberapa masjid di Indonesia yang sudah memiliki usia ratusan tahun. Masjid masjid ini, umumnya memiliki gaya arsitektur yang mirip dengan bentuk atap seperti pagoda. Karena memiliki bangunan bersejarah, beberapa masjid dijadikan sebagai tujuan wisata religi. Mengunjungi masjid ini bisa menambah wawasan mengenai sejarah Islam di Indonesia ratusan tahun yang lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *