August 13, 2020
cara menghemat kuota internet cek kuota

Tips Cara Menghemat Quota Internet

Berada di era yang sudah maju nampaknya membuat semua orang mulai ketergantungan dengan gadget. Teknologi canggih yang ditawarkan oleh gadget ini bisa dijalankan dengan bantuan internet. Tanpa adanya akses internet tentunya kegunaan gadget menjadi terbatas.

Beberapa hal yang bisa diakses atau dijalankan menggunakan gadget adalah bermain media sosial, bermain game online, mengerjakan tugas, mencari informasi, berbelanja secara online, melakukan transaksi, dan masih ada banyak kegiatan lain yang bisa dijalankan gadget dengan bantuan internet. Hal ini membuat orang ketergantungan dan membutuhkan kuota internet.

Mengingat internet sangat penting untuk para pengguna gadget, kini mulai banyak yang sadar dan ingin menghemat kuota. Lalu apakah menghemat kuota tersebut sulit? Tentu saja kuota internet akan hemat jika penggunannya tidak berlebihan. Semakin banyak kegiatan atau hal yang anda akses maka semakin banyak pula kebutuhan kuota internet anda. Sehingga jangan sampai lupa untuk cek kuota yang anda miliki. Beberapa pengguna gadget mengalami kehabisan kuota karena tidak sadar penggunannya yang sudah melebihi batas. Kali ini kita akan membahas mengenai tips yang bisa digunakan agar kuota internet tidak mudah habis.

ini cek kuota internet

Tips yang pertama adalah mengubah fitur Maps menjadi offline. Tidak semua orang tahu bahwa fitur Maps yang ada di gadget membutuhkan banyak kuota internet. Hal inilah yang membuat kuota mudah habis tanpa disadari para penggunanya. Namun kini anda bisa mulai mengubah fitur Maps tersebut menjadi mode offline sehingga tidak akan menguras kuota internet anda. Tips yang ke dua adalah dengan memberikan batasan penggunaan mobile data. Biasanya orang akan menuliskan batas penggunaan data dalam jangka waktu tertentu. Sehingga ketika sudah mencapai batas tersebut akes data akan ditutup. Anda juga bisa menambahkan notifikasi atau peringatan bahwa penggunaan data sudah mencapai batas yang diinginkan. Cara ini mampu membantu anda menghemat penggunaan data mobile.

Tips yang ke tiga yakni membatasi update aplikasi atau ubah pengaturan update aplikasi ketika terhubung dengan wifi saja. Tahukah anda bahwa terkadang aplikasi bisa mengupdate sendiri fiturnya. Hal ini biasanya memakan banyak kuota internet. Disini anda bisa mulai merubah pengaturan sehingga kuota anda tidak akan habis karena update aplikasi. Tips yang ke empat adalah menggunakan aplikasi kompresi data. Sekarang ini sudah banyak aplikasi untuk kompresi data. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran data internet anda. Karena ada banyak sekali aplikasi kompresi data maka anda bisa memilih aplikasi yang paling sesuai sehingga bisa menghemat kuota anda lebih baik.

ini Internet cek kuota

Itulah ke empat tips yang bisa anda gunakan untuk menghemat kuota. Pada dasarnya kuota internet memang mudah habis jika penggunannya berlebihan. Terkadang kita sebagai pengguna gadget tidak sadar bahwa telah melakukan penggunaan paket data yang berlebihan. Ada juga beberapa aplikasi atau fitur yang aktif sehingga secara otomatis menggunakan kuota internet dengan bebas. Itulah beberapa hal yang mungkin terjadi pada gadget anda. Namun kini anda bisa mulai memperhatikan hal tersebut dengan rajin cek kuota. Selain beberapa tips di atas anda juga bisa memperhatikan berbagai hal seperti penggunaan aplikasi online anda jika banyak aplikasi online yang anda akses maka anda perlu membatasinya. Selain itu anda juga bisa mulai membatasi penggunaan data di beberapa aplikasi yang selama ini anda gunakan melalui pengaturan yang ada di dalam gadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *