April 9, 2020
Tips Meningkatkan Hubungan Baik dengan Pelanggan

Tips Meningkatkan Hubungan Baik dengan Pelanggan

Sebagai seorang pedagang, pengusaha atau pebisnis pelanggan adalah orang terpenting dalam memajukan usaha Anda tersebut bukan? menjalin hubungan baik dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting. Anda tidak akan mungkin mendapatkan keuntungan atau penghasilan tanpa adanya pelanggan. Membuat pelanggan setia akan produk yang kita buat adalah bukanlah perkara yang mudah. Rasa percaya dan rasa nyaman juga penting untuk ditumbuhkan, perasaan tersebut dapat tercipta ketika Anda mampu menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menjalin hubungan baik dengan para pelanggan Anda.

1.    Layani Keluh Kesah

Tidak semua pelanggan memiliki ulasan positif akan produk yang Anda jual, beberapa faktor mengakibatkan banyak pelanggan memiliki kekecewaan. Saat Anda mendapati pelanggan yang memiliki keluh kesah jangan mengabaikan keluhan tersebut. dengarkan dengan baik keluh kesahnya lalu jangan ragu untuk menawarkan solusi terbaik. Dengan tanggapan Anda yang positif saat menanggapi keluh kesah pelanggan akan membuatnya merasa lebih nyaman.  Hubungan baik tidak selalu berawal dari ulasan kepuasan tapi juga bisa berasal dari kekecewaan yang ditanggapi dengan benar. Pelanggan akan merasa Anda peduli akan keluhan mereka sehingga hubungan baik akan tercipta. 

Tips Meningkatkan Hubungan Baik dengan Pelanggan ini

Dengan menciptakan hubungan yang baik tingkat kepuasan pelanggan pun akan naik, jadi jangan pernah mengabaikan keluhan pelanggan sekecil apapun keluhan tersebut. bersikaplah ramah saat menanggapi pelanggan, banyaklah mendengar supaya Anda paham betul apa keluh kesahnya. Anda bisa menggunakan customer relationship management untuk membantu Anda guna mengetahui cara menjalin hubungan baik dengan para pelanggan.

2.    Buat Akun Media Sosial Supaya Lebih Dekat Dengan Pelanggan

Kini bukan hanya kualitas produk yang membuat pelanggan mau loyal akan brand dan produk Anda, kini layanan juga menjadi faktor yang mempengaruhi loyalitas. Menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan kini lebih mudah. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menjalin kedekatan tersebut. biarkan pelanggan mengajukan pertanyaan atau memberi ulasan di kolom komentar media sosial. Jawab setiap pertanyaan pelanggan dengan ramah dan penuh solusi. Anda bisa menggunakan media sosial seperti facebook, twitter bahkan Instagram sehingga lebih memudahkan Anda untuk lebih dekat dengan pelanggan. Dengan hubungan yang baik Anda juga lebih mengetahui apa keinginan yang pelanggan harapkan, kritik dan ulasan juga bisa membuat Anda semakin maju dan dapat menjadi lebih baik kedepannya. Mengetahui keinginan pelanggan juga merupakan aspek yang penting sehingga produk Anda bisa lebih sesuai dengan target pasar.

3.    Ucapkan Rasa Terimakasih

Bagi seorang pelanggan, pelayanan adalah hal yang sangat diperhatikan bahkan untuk hal kecil seperti ucapan terima kasih. Anda bisa membuat kartu ucapan terimakasih ketika pelanggan membeli produk Anda. sisipkan kartu ucapan tersebut pada kardus atau pada pembungkus. Meskipun terlihat kecil namun hal tersebut bisa memberikan kepuasan pada pembeli lo. Ucapan terimakasih juga sering dimaknai sebagai bentuk penghargaan pada pelanggan. 

4.    Buat Media Ulasan Untuk Pelanggan

Anda tidak akan tahu bagaimana tanggapan pelanggan terhadap kualitas produk maupun pelayanan Anda jika pelanggan tidak memberitahukannya bukan? untuk mengetahui semua itu Anda bisa membuat media untuk tempat bagi pelanggan mengulas produk maupun pelayanan Anda. melalui media sosial yang telah Anda buat Anda bisa meminta pelanggan untuk mengisi beberapa pertanyaan yang Anda ajukan. Dengan langkah seperti itu Anda bisa menjalin kedekatan dengan pelanggan sekaligus mengetahui keinginan mereka. Untuk memudahkan Anda, Anda bisa menggunakan customer relationship management untuk membantu tujuan Anda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *