March 5, 2021
Service shockbreaker motor

Tips Perawatan Shockbreaker Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Shockbrekaer merupakan bagian motor yang berfungsi untuk meredam getaran dan goncangan. Shockbreaker dapat membuat motor yang kita gunakan menjadi nyaman dan aman. Service shockbreaker motor perlu dilakukan agar tidak terjadi kerusakan pada motor. Kerusakan pada shockbreaker biasanya akan menyerang rangka dan ban motor. Ban akan menjadi semakin boros dan cepat aus sedangkan rangka dapat berubah bentuk dan melengkung akibat ketidakstabilan kendaraan ketika ditumpangi. Selalu mengecek shockbreaker menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar motor kita menjadi awet dan tahan lama sehingga tidak mudah rusak.

Service shockbreaker motor secara sederhana dapat kita lakukan dengan sering mengecek kondisi dari shockbreaker tersebut. Shockbreaker yang mati atau rusak akibat kebocoran snagat tidak direkomendasikan untuk tetap digunakan. Kita jadi tidak dapat mengontrol laju dan kestabilan kendaraan kita jika terjadi kebocoran shockbreaker. Hal terparah akan membuat rangka motor kita patah dan tidak dapat digunakan lagi. Shockbreaker menjadi penting untuk diperhatikan karena fungsinya untuk meredam goncangan ketika berkendara. Jika jalan yang kita lalui begitu terjal maka fungsi shockbreaker yang maksimal bisa digunakan untuk meredam goncangan supaya berkendara semakin nyaman.
Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan agar shockbreaker kita menjadi lebih awet dan tahan lama sehingga tidak mudah rusak. Hal ini akan semakin membuat kita lebih hemat karena tidak perlu lagi mengeluarkan biaya berlebih untuk melakukan service pada shockbreaker motor.

Service shockbreaker motor ini

1.Membersihkan shockbreaker dari debu dan kotoran

Merawat shockbreaker secara sederhana dapat kita lakukan dengan membersihkan shockbreaker dari debu dan kotoran yang menempel. Dengan membersihkan shockbreaker akan membuat kinerjanya yang lebih maksimal. Membersihkan shockbreaker juga dapat memebuat shockbreaker lebih awet untuk digunakan.

2.Selalu mengecek pegas shocbreaker secara berkala

Shockbreaker terdiri dari beberapa pegas. Pegas ini yang berfungsi untuk meredam getaran. Dengan mengecek shockbreaker secara berkala akan membuat shockbreaker tersebut lebih awet untuk digunakan serta akan membuat kenyamanan lebih ketika sedang berkendara. Pegas shockbreaker menjadi bagian yang penting dalam shockbreaker yang harus diperhatikan dengan seksama.

3.Jangan mengubah shockreaker dari aslinya

Memodifikasi shocbreaker merupakan hal yang lumrah bagi sebagian orang. Mereka biasanya lebih memendekkan shockbreaker agar motor terlihat lebih ceper. Namun hal ini sebenarnya kurang direkomendasikan karena shockbreaker akan menjadi mudah rusak. Shockbreaker standar buatan pabrik sudah didesain dengan sedemikian rupa agar nyaman dan aman untuk digunakan. Jadi jangan sekali-kali mengubah shockbreaker buatan pabrik.

Service shockbreaker motor

4.Memperhatikan kebocoran shockbreaker

Salah satu masalah utama pada shockbreaker adalah kebocoran. Hal ini dapat berdampak buruk pada kenyamanan dan keamanan berkendara. Shockbreaker yang bocor biasanya akan lebih lunak dan membuat tidak nyaman ketika berkendara. Hal ini juga berbahaya karena dapat membuat motor lebih tidak stabil untuk dikendalikan. Salah satu pemicu terjadinya kecelakaan di jalanan adalah karena pengguna kendaraan yang kehilangan kontrol.

5.Mengganti shockbreaker jika kurang nyaman digunakan

Jika kita sudah merasa tidak nyaman dengan shockbreaker kita alangkah baiknya jika kita segera mengganti shockbreaker tersebut dengan yang baru. Shockbreaker yang kurang nyaman bisa membahayakan ketika digunakan karena ada kemungkinan terjadi kebocoran sewaktu-waktu. Keruskaan pada shockbreakaer berdampak buruk bagi kendaraan kita karena akan membuat kendaraan yang kita miliki tidak dapat digunakan. Jadi memperhatikan shockbreaker snagat perlu untuk dilakukan agar motor kita menjadi awet dan nyaman untuk digunakan berkendara di jalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *