December 12, 2019
Tips Sukses Marketing, Sudah Tahu Arti Follow Up dan Bagaimana Caranya jam

Tips Sukses Marketing, Sudah Tahu Arti Follow Up dan Bagaimana Caranya?

Bagi pelaku usaha pemula yang baru mempelajari strategi marketing, arti follow up adalah menindak lanjuti langkah presentasi pengenalan produk pada klien potensial. Follow up merupakan tahapan penting dalam pemasaran, untuk mengetahui apakah klien tertarik dan sudah memutuskan untuk menggunakan jasa atau produk anda. Bagaimana cara melakukan follow up yang tepat agar terjadi penjualan? Yuk simak tipsnya berikut!

Tips Sukses Marketing, Terapkan 6 Cara Follow Up Ini

1. Lakukan segera di waktu yang tepat

Follow up prospek harus dilakukan sesegera mungkin di waktu yang tepat. Bukan berarti anda harus mengejar klien, namun memahami kapan waktu yang tepat untuk melakukan follow up prospek bisnis. Dengan mengenali karakter dan kebutuhan klien potensial, anda pasti akan mudah menghubungi prospek di waktu yang tepat. Sebaiknya jangan menunggu klien menghubungi perusahaan anda, agar target penjualan bisa segera terpenuhi.

Tips Sukses Marketing, Sudah Tahu Arti Follow Up dan Bagaimana Caranya

2. Pahami product knowledge

Kunci sukses memasarkan produk atau jasa kepada target konsumen, adalah dengan memahami product knowledge. Staf marketing atau tenaga penjual harus mengenal segaal detil produk dan jasa yang ditawarkan, agar bisa melakukan pendekatan optimal pada klien. Pemahaman product knowledge ini juga sangat dibutuhkan saat mem-follow up, untuk mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh klien.

3. Tunjukkan empati pada masalah yang dihadapi klien

Bukan hanya kepandaian memasarkan produk yang harus dikuasai staf penjualan, tetapi juga cara berkomunikasi dan berempati kepada klien. Perlu diketahui bahwa arti follow up tidak hanya mengenai tindak lanjut presentasi, namun memahami keinginan dan kebutuhan klien potensial. Tunjukkan empati pada kesulitan yang dihadapi klien, dan berikan solusi agar mereka percaya dan mau membuka diri. Dengan demikian, anda berpeluang untuk mencapai closing sesuai target.

4. Gunakan teknik presuposisi atau asumsi terselubung

Strategi follow up yang paling direkomendasikan adalah dengan teknik asumsi terselubung (presuposisi). Cara ini dilakukan secara tersirat, mengenai tindakan klien setelah mengenal produk dan jasa yang ditawarkan. Dari pada mengajukan pertanyaan Bu, jadi beli?, lebih baik gunakan kalimat Bu, kira kira mau transfer kapan ya?. Kalimat tersebut menyiratkan asumsi bahwa klien sudah pasti membeli produk, dan sedang mempertimbangkan waktu untuk melakukan pembayaran.

5. Tawarkan bantuan dan siapkan kebutuhan klien

Selain menunjukkan empati sebagai problem solver kesulitan klien, anda juga bisa menawarkan bantuan terkait produk atau jasa yang dijual. Misalnya dengan mengingatkan solusi yang pernah anda sampaikan, menanyakan apakah ada detail yang ingin diketahui lebih lanjut, atau menyiapkan produk yang dibutuhkan klien. Waktu yang tepat untuk menawarkan bantuan ini, adalah pada pagi hari atau sore hari.

Tips Sukses Marketing, Sudah Tahu Arti Follow Up dan Bagaimana Caranya ini
6. Gunakan pengandaian Ya

Teknik sukses follow up yang berikutnya, adalah dengan pengandaian klien meng-iya-kan semua keinginan anda. Caranya sangat mudah yaitu menggunakan akhiran YA di setiap pertanyaan atau pernyataan yang ditujukan pada klien. Contohnya yaitu Selamat pagi mbak, mau transfer hari ini ya, barangnya sudah siap ya mbak. Anda bisa melakukan teknik ini secara offline (tatap muka) atau online via chat, untuk mengingatkan klien potensial agar segera melakukan transaksi.

Follow up memang harus segera dilakukan, agar target penjualan bisa segera terpenuhi. Tetapi anda juga harus mempertimbangkan jeda waktu antara pengenalan produk, follow up pertama, kedua, dan berikutnya hingga mencapai closing. Jagalah komunikasi dengan klien, sembari memberikan klien waktu untuk mengambil keputusan. Dengan pelayanan dan pendekatan yang baik, konsumen akan merasa dihargai dan percaya pada anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *