October 27, 2020
cara transfer pulsa data Begini Lho Cara Menghitung

Tips Supaya Pulsa Jadi Lebih Irit

Seiring perkembangan, satuan pembayaran listrik saat ini menjadi beragam, salah satunya dalam bentuk pulsa atau token. Namun, Penggunaan pulsa listrik ini dinilai boros dan cepat habis pada waktu yang tidak tepat. Untuk mendapatkan bantuan tambahan listrik sementara, anda bisa melakukan transfer pulsa antar meteran dengan langkah yang sama seperti cara transfer pulsa data di HP yang sering anda lakukan. Simak tips berikut supaya pulsa listrik anda jadi lebih irit.

Tips Menghemat Pulsa Listrik Agar Lebih Irit

1. Gunakan Lampu Rumah Berjenis LED

Lampu jenis Light Emitting Dioda (LED) menjadi salah satu terobosan untuk jenis lampu yang hemat energi. Lampu ini memiliki keunggulan cahaya yang dikeluarkan lebih terang, lebih tahan lama, tidak panas dan warna benda yang terkena pantulan cahayanya tetap natural. Meskipun cahaya yang dikeluarkan lebih terang, namun lampu LED hanya memerlukan daya listrik yang rendah. Dengan daya sebesar 3 watt, kebutuhan penerangan pada ruangan anda akan tercukupi.

cara transfer pulsa data led white

Sedangkan pada lampu neon standar biasa, daya paling kecil yang dikeluarkan sebanyak 25 watt dengan penerangan 220+. Daya tersebut memiliki selisih yang cukup signifikan dengan lampu jenis LED dengan tingkat penerangan sama. Dengan mengganti lampu rumah anda menggunakan lampu berjenis LED akan membuat anda menghemat energi hingga 90%. Jadi, penggunaan pulsa listrik anda otomatis akan menjadi lebih irit dan tidak mudah habis.

2. Cabut Colokan dari Stop Kontak Yang Tidak Terpakai

Tahukah anda membiarkan colokan tetap tersambung di stop kontak dapat menyebabkan pulsa listrik cepat habis? Ya, kebiasaan buruk lupa mencabut colokan peralatan listrik seperti charger ponsel, dispenser maupun kipas angin ternyata membuat tagihan listrik tetap berjalan. Meskipun, daya yang dikeluarkan tidak sebesar saat digunakan. Pada saat peralatan listrik dalam kondisi standby, perangkatnya masih memakan listrik hingga 80% dari daya hidup.

Hal ini dikarenakan perangkat listrik seperti charger ponsel, berisi kumparan yang akan terus memutar listrik selama tidak dicabut. Saat melakukan proses charger menggunakan hp, daya listrik yang dikeluarkan charger sebesar 5 ampere, namun saat charger masih tercolok tanpa hp, daya sebanyak 2 ampere akan terus terpakai. Maka, mencabut colokan dapat membantu menjadikan pulsa listrik lebih irit dan menghindari kejadian korsleting listrik yang berbahaya.

3. Pilih AC Hemat Energi Dengan Daya Sesuai

Sebagai negara tropis, Indonesia memang dihujani sinar matahari sepanjang tahun. Hal ini juga menyebabkan cuaca di berbagai wilayah Indonesia, khususnya kota-kota besar yang memiliki suhu udara yang panas. Maka, penggunaan pendingin ruangan atau AC rasanya sudah menjadi hal lumrah yang dilakukan untuk mendinginkan ruangan rumah yang panas. Padahal, watt yang dikeluarkan dari seperangkat AC terbilang cukup besar dan membuat boros pulsa listrik anda.

cara transfer pulsa data

Untuk menghindari pemborosan pada listrik, anda bisa beralih menggunakan AC hemat energi yang sudah banyak dipasarkan dengan daya sekitar 260 watt saja. Sedangkan, seperangkat AC yang tidak dilengkapi dengan fitur hemat listrik menghabiskan daya hingga 600-700 watt. Jika sewaktu-waktu listrik anda habis karena daya AC, anda bisa melakukan transfer pulsa antar meteran dengan cara yang sama seperti cara transfer pulsa data dari ponsel.

Listrik saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi rumah tangga. Tak heran, seringkali kehabisan pulsa listrik disaat tidak tepat menjadi hal yang paling menyebalkan. Untungnya saat ini, pembelian pulsa listrik dapat dilakukan dimanapun dan juga terdapat fasilitas untuk transfer pulsa listrik. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk menghemat pulsa listrik dengan beberapa tips dan trik yang tidak susah untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *