October 30, 2020
cara membaca candlestick profesional

Trader Profesional & Candlestick

Candlestick merupakan pola analisis yang berfungsi membaca sekaligus memetakkan adanya pergerakan harga yang terjadi di pasar finansial. Setidaknya ada 42 bentuk dan pola candlestick berbeda, dimana setiap bentuknya memiliki arti dan maksud berbeda pula. Dibaik jumlahnya yang berlimpah, ternyata terdapat cara membaca candlestick dengan cepat sehingga tidak perlu menghafalkan setiap polanya satu per satu.

Mengenal Pola Candlestick Single

1. Pola Marubozu

Khusus pada pola marubozu, sinyal yang ditunjukkan cenderung bullish ataupun bearish yang berarti posisinya tergantung oleh pasar saat pembukaan maupun penutupannya sendiri. Dibandingkan beberapa pola lainnya, bisa dikatakan jika pola marubozu memiliki tingkat akurasi cukup tinggi. Pola unik ini hanyalah berupa bayangan yang terlihat naik ke atas maupun ke bawah saja, tanpa ada bulatan ataupun kotak seperti jenis pola lainnya.

cara membaca candlestick profesional

Selain tingkat akuasinya yang tinggi, pola satu ini juga memiliki sinyal pergerakan cukup kuat yang berasal dari salah satu sisinya (baik dari sisi pembeli ataupun penjualnya). Kabar gembiranya, pola ini umumnya berlangsung dan masih berlaku untuk beberapa periode kedepan. Namun satu hal yang pasti yaitu harga penutupannya cenderung meningkat drastis dibandingkan saat harga pembukaan.

2. Pola Spinning Top

Berbeda halnya dengan pola spinning top yang memiliki sinyal bearish dan bullish, dimana keduanya tergantung pada posisi harga close dan open. Sayangnya tingkat akurasi pola satu ini termasuk rendah dibandingkan dengan beberapa pola candlestick single lainnya. Ketika diperhatikan dengan seksama, kemungkinan Anda menyadari adanya ciri khas pada polanya yang berupa dua bayangan tampak memanjang di bagian atas dan bawahnya.

Bayangan memanjang tersebut menandakan bila tidak adanya kepastian yang terjadi antara pembeli, penjualnya, maupun sellernya. Namun yang perlu menjadi perhatian khusus justru terletak pada kemunculan spinning topnya. Sebab jika spinning top saat terjadi tren up, memiliki arti bahwa komposisi seller lebih banyak dibandingkan kedua komponen lainnya dan berlaku pula sebaliknya.

3. Doji

Doji disebut sebagai pola yang mampu menunjukkan tingkat akurasi menengah hingga tinggi, yang digambarkan dengan pola candlestick yang hampir serupa dengan spinning top. Bedanya, Doji dianggap memiliki kompleksitas lebih tinggi serta bodi yang lebih tipis bak hanya segaris tipis dan lurus saja. Cara membaca candlestick doji ini cukup simpel, pasalnya garis tipisnya membawa makna adanya persamaan harga yang terjadi saat pembukaan dan penutupannya.

4. Hanging Man

Hanging Man termasuk pola candle dengan tingkat akurasi rendah dan tampak serupa seperti candle hammer. Pasalnya pola unik satu ini digambarkan bak orang yang tengah digantung lalu diletakkan di bagian atas chart. Karena tingkat akurasinya rendah, dianjurkan untuk tidak mengambil tindakan gegabah saat melihatnya muncul. Sebagai gantinya, Anda harus menunggu lebih lama hingga penutupan di candlestick berikutnya.

cara membaca candlestick alasan grafik candlestick begitu populer

5. Hammer

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, hammer tampak serupa dengan pola hanging man dan pola lainnya. Bahkan untuk bisa melihatnya, dibutuhkan ketelitian mengingat bentuknya yang memang hampir serupa. Saat diteliti kembali, pola hammer tampak seperti palu dengan bentuk bodi mungil ddan bagian bawahnya yang tampak memanjang. Sebuah keberuntungan jika berhasil menemukannya, sebab pola ini memiliki tingkat akurasi menengah.

Dihadirkan dalam beberapa bentuk dan pola berbeda, namun bukan berarti Anda harus menghafal dan memahami secara keseluruhan untuk bisa membaca pergerakan pasar finansial. Sebab Anda bisa membaginya menjadi 3 bagian yang terdiri dari pola candlestick single, double, dan triple sehingga proses membaca candlestick bisa dilakukan dengan cepat bak trader profesional. Agar lebih fasih, silahkan asah kemampuan tersebut secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *