April 10, 2020
Yuk Cari Tahu Gizi Dan Nutrisi Tepat Untuk Perkembangan Bayi 5 Bulan dari makanan nya

Yuk Cari Tahu Gizi Dan Nutrisi Tepat Untuk Perkembangan Bayi 5 Bulan

Pertumbuhan berat badan yang seimbang tidak lepas dari kontrol nutrisi yang masuk dalam tubuh bayi. Saat bayi berusia 5 bulan umumnya akan naik 2 kali lipat dari berat ketika awal kelahiran. Berat badan wajar untuk bayi laki-laki sekitar 6 kg-9,5 kg sedangkan bayi perempuan sekitar 5,5 kg-9 kg. Maka untuk menjaga perkembangan bayi 5 bulan dalam angka normal, anda perlu mengontrol asupan gizi dan nutrisi yang dikonsumsi oleh si bayi.

Kenali Makanan Kaya Gizi dan Serat Untuk Bayi

1. Berikan Makanan Bernenergi

Untuk menunjang keseluruhan proses perkembangan baik fisik maupun otak, bayi membutuhkan energi kurang lebih 112 kkal per kilogram berat badan. Belum lagi di usia ini bayi mulai bergerak aktif karena daya ingin tahunya meningkat. Ia akan mengeksplorasi sana-sini untuk mengakhiri rasa penasaran, gerakan ini memakan banyak energi pada bayi. Oleh karena itu asupan makanan bernergi yang seimbang perlu dijaga.

2. Mengatur Jam Minum ASI

ASI merupakan asupan nutrisi yang ideal untuk menyokong perkembangan bayi. Di usia 5 bulan bayi tidak perlu lagi diberikan ASI eksklusif, hanya saja jadwal meminum ASI yang dikontrol. Berikan ASI 3-4 kali setiap hari atau hingga si bayi terlihat kenyang. Untuk bayi yang meminum ASI lewat botol, beri takaran ASI 90 ml setiap pemberian susu. Jika asupan ASI cukup wajarnya akan mengganti popok 4-5 kali sehari.

Yuk Cari Tahu Gizi Dan Nutrisi Tepat Untuk Perkembangan Bayi 5 Bulan asupan nya

3. Berikan Makanan Mengandung Vitamin

Untuk menjaga kesehatan indra anak mulai pengelihatan hingga pembentukan tulang rawan, anda sudah harus memberikan makanan yang mengandung vitamin A dan D. Pada vitamin D terdapat kolagen, yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan penyerapan kalsium. Sedangkan vitamin A sangat penting untuk melindungi bayi dari infeksi. Disarankan bayi mengonsumsi ubi jalar dan wortel yang telah dihaluskan lembut.

4. Beri Buah Pisang Saat Jeda Lapar

Anda harus memerhatikan jadwal makan si bayi, kapan saat pemberian ASI atau asupan makanan lainnya. Perlu diingat bayi usia 5 bulan tidak lagi memerlukan ASI ekslusif, jadi anda cukup memberi makanan pendamping untuk bayi. Pisang menjadi pilihan utama karena kaya vitamin, kalsium dan zat besi. Jenis rekomendasi pisang yang bisa dikonsumsi adalah pisang susu, pisang ambon, dan pisang emas. Untuk cara menyajikan anda bisa menghaluskan potongan pisang.

5. Makanan yang Kaya Serat

Makanan berserat khusus perkembangan bayi 5 bulan jatuh pada sayuran brokoli. Brokoli mengandung serat, folat, dan kalsium yang membantu penyusunan tulang-tulang lebih kuat. Rasa sayuran pada brokoli yang cukup kuat membantu bayi mengenal sayuran pertama kali. Cara menyajikan brokoli pada si bayi dengan kukus brokoli hingga empuk, lalu potong dengan ukuran kecil-kecil yang bisa dikonsumsi bayi.

6. Hindari Memberi Madu

Bagi orang dewasa mengonsumsi madu bisa menjadi solusi mengembalikan imun tubuh. Pada usia bayi 5 bulan pemberian madu tidak diperbolehkan, karena di dalam madu terdapat spora botulisme. Jika bayi mengonsumsi madu bisa menyebabkan botulisme yang berakibat pada kekakuan otot si bayi. Hal ini bisa terjadi karena perut bayi tidak bisa mencerna spora botulisme dalam madu.

Itulan jenis-jenis makanan bergizi yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan seimbang pada bayi. Selain itu, hindari makanan yang mengandung gula dan garam pada bayi. Karena organ ginjal bayi belum bisa mengolah garam dan gula, kelebihan gula juga bisa memicu obesitas pada anak. Anda bisa menyajikan bahan-bahan diatas dalam keadaan segar, agar tidak menimbulkan efek negatif pada bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *