November 20, 2019
Pengertian Asuransi Syariah Dan Konvensional

Yuk Intip Pengertian Asuransi Syariah Dan Konvensional

Beberapa tahun terakhir, asuransi syariah mulai banyak menjadi perbincangan bagi masyarakat di Indonesia. Hal ini disebabkan karena asuransi ini hadir untuk memenuhi kebutuhan akan asuransi yang halal dan syariah. Akan tetapi, apa bedanya dengan konvensional? Kali ini akan dibahas pengertian asuransi syariah dan konvensional. Sehingga pemahaman anda akan dua jenis asuransi tersebut dapat lebih mudah dimengerti.

Hal Yang Harus Anda Tahu Mengenai Asuransi Syariah Dan Konvensional

1. Berdasarkan Pengertiannya

Asuransi syariah merupakan sebuah usaha dimana mempunyai tujuan untuk saling melindungi dan saling tolong menolong terhadap sejumlah orang. Hal tersebut tentu saja akan dilakukan investasi dalam aset atau tabarru. Hal tersebut tentunya dapat memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui perikatan sesuai dengan ketentuan yang diajarkan oleh syariah Islam.

Untuk asuransi kovensional sendiri adalah perjanjian antar kedua belah pihak, dimana pada pihak penanggung akan terikat dengan pihak tertanggung dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung. Hal tersebut meliputi kerugian, kerusakan, ataupun kehilangan dari sesuatu yang diharapkan. Itulah perbedaan dari pengertian asuransi syariah dan konvensional.

2. Berdasarkan Cara Pengelolan Resiko

Pada perusahaan asuransi syariah, nantinya sekumpulan orang akan saling membantu dan tolong menolong, dan juga saling menjamin dan bekerja sama yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dana hibah atau tabbaru. Dengan begitu, bisa dikatakan jika pengelolaan resiko yang dilakukan pada asuransi syariah menggunakan prinsip yang disebut dengan sharing of risk. Dalam hal ini, nantinya resiko akan dibebankan atau dibagi kepada perusahaan dan peserta asuransi itu sendiri.

manfaat asuransi syariah

Sedangkan untuk pengertian asuransi syariah dan konvensional secara pengelolaan resiko, maka asuransi konvensional akan berlaku sistem berupa transfer of risk. Dimana hal ini nantinya resiko yang dipindahkan atau dibebankan oleh tertanggung atau peserta asuransi kepada pihak perusahaan asuransi. Dimana dalam hal ini yang bertindak sebagai penaggung di dalam perjanjian asuransi yang telah disepakati bersama tersebut.

3. Berdasarkan Cara Pengelolaan Dana

Untuk pengelolaan dana pada asuransi konvensional, perusahaan asuransi akan menentukan jumlah nominal premi dan biaya lainnya yang akan ditujukan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya bagi perusahan itu sendiri. Sedangkan dalam asuransi syariah, maka pengelolaan dan akan bersifat transparan dan dpaat dipergunakan sebesar-besarnya bagi para pemegang polis itu sendiri.

4.Berdasarkan Sistem Perjanjiannya

Pada asuransi syariah, sistem perjanjian hanya digunakan saat akad hibah atau tabarru saja yang berdasar pada sistem syariah dan akan dipastikan halal. Sedangkan untuk asuransi konvensional, akad atau perjanjian yang dilakukan akan kurang lebih sejenis dengan perjnajian jual beli. Untuk itu, sebelum memilih tempat untuk berasuransi, anda haruslah mencermati sistemnya terlebih dahulu.

5.Berdasarkan Kepemilikan Dana

Pengertian asuransi syariah dan konvensional berdasarkan kepemilikan dana berarti dana yang berada dalam asuransi syariah merupakankepemilikan bersama , dimana perusahhan asuransi hnaya bertindak sebagai pengelola dana saja. Sedangkan untuk asuransi konvensial, premi yang dibayarkan oleh perusahan asuransi tersebut tentu saja milik perusahaan asuransi, sehingga hal ini akan menimbulkan kewenangan penuh terhadap pengelolaan dn pengapilkasian dana asuransi.

Untuk itu sebelum mentukan pilihan untuk menginginkan asuransi jenis apa, maka anda perlu tahu terlebih dahulu faktor-faktor apa saja yang menjadi pembeda antara asuransi konvensional dn asuransi syariah. Tentu saja hal ini akan menjadi hal yang patut andapilih jika ingin melakukan transaksi. Namun selain dengan asuranasi, anda juga bisa membuka tabungan agar ke depannya pun anda bisa lebih mudah dan aman jika kejadian hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *