August 12, 2020
Obat Sinusitis mengobati sinusitis

Yuk Kenali Berbagai Macam Obat Sinusitis yang Terbuat dari Bahan Bahan Alami

Sinusitis adalah sebuah penyakit yang menyerang jaringan sinus yang dimiliki oleh seseorang. Peradangan atau pembengkakan yang terjadi tentu juga akan memberikan rasa tidak nyaman bagi para penderitanya. Untuk mengatasi hal ini, juga telah tersedia berbagai pilihan obat yang dapat digunakan. Seperti misalnya ialah jenis obat obatan yang terbuat dari bahan bahan alami.

Berbagai Macam Obat untuk Sinusitis dari Bahan Alami

1. Obat dari Rempah Jahe

Jahe adalah salah satu jenis rempah yang dikonsumsi oleh banyak orang di Indonesia. Minuman yang terbuat dari rempah jahe juga akan memiliki rasa yang sedap dan menghangatkan tubuh. Namun ternyata, rempah berupa jahe tersebut adalah obat sinusitis yang dapat digunakan untuk meredakan gejala yang ada. Dengan mengonsumsi teh jahe, maka sumbatan lendir yang terjadi akibat sinusitis juga akan mereda karena minuman tersebut.

2. Obat dari Cuka Sari Apel

Tak hanya minuman dari bahan rempah jahe saja, jenis minuman lain yang dapat mempercepat penyembuhan sinusitis adalah cuka sari sari apel. Cuka yang terbuat dari buah apel ini sendiri juga diketahui kaya akan nilai gizi di dalamnya. Misalnya adalah nilai gizi seperti vitamin A, B1, B2, dan juga vitamin E. Kandungan lain yang dapat Anda temui di dalam cuka sari apel adalah zat kalsium dan juga magnesium.

Diketahui pula cuka sari apel telah digunakan sebagai bahan untuk membersihkan luka demi mencegah terjadinya sebuah infeksi. Namun cuka yang terbuat dari sari apel ini sendiri tidak dapat menggantikan obat antibiotik yang telah diberikan oleh pihak medis. Fungsi dari cuka sari apel yang Anda gunakan hanyalah sebagai obat sinusitis untuk mempercepat proses penyembuhan dari peradangan akibat penyakit yang terjadi.

3. Obat dari Bawang Putih

Sebagai salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan, bawang putih juga memiliki citarasa khas yang disukai oleh banyak orang. Dari penelitian yang dilakukan, salah satu bumbu dapur ini juga berguna dalam melakukan pencegahan pada penyakit sinusitis yang terjadi. Tak hanya itu, bawang putih pun dinilai mampu meredakan infeksi yang terjadi akibat sinusitis yang diderita oleh seseorang.

4. Obat dari Minyak Oregano

Mungkin oregano adalah jenis bumbu dapur yang lebih digunakan untuk masakan dari luar. Oregano sendiri juga biasa ditemui dalam bentuk daun yang telah melewati proses pengeringan. Namun juga terdapat oregano yang dibuat khusus dalam bentuk minyak. Minyak oregano itu sendiri dibuat dari bunga dan juga daun tanaman oregano. Beragam manfaat untuk penyakit sinusitis pun dapat diperoleh dengan mengonsumsi jenis minyak ini.

5. Obat dari Rempah Kunyit

Beralih kembali kepada bumbu yang merupakan ciri dari masakan nusantara. Jenis bumbu tersebut adalah berupa rempah kunyit. Namun siapa yang menyangka bahwa dari rempah kunyit tersebut memiliki segudang manfaat jika dilihat dari segi kesehatan. Anda dapat menyeduh kunyit dengan teh dan jahe untuk memperoleh manfaat ini. Manfaat tersebut ialah membantu menenangkan saluran hidung yang tersumbat akibat sinusitis.

Penyakit sinusitis yang dialami oleh seseorang tentu memerluka penanganan yang tepat oleh pihak medis. Namun sebagai upaya tambahan yang dapat dilakukan, Anda juga bisa menggunakan bahan bahan alami yang ada di dapur. Contohnya adalah rempah jahe dan kunyit. Penggunaan cuka sari apel dan bawang putih pun dapat dipilih untuk meredakan gejal sinusitis yang terjadi. Sebagai opsi lainnya, Anda juga bisa menggunakan minyak oregano.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *