August 6, 2020
Autis cara merawatnya

Yuk Kenali Ciri Ciri Anak Autis dan Cara Menanganinya di Sini

Setiap orang tua tentu menginginkan agar anaknya bisa tumbuh dengan normal. Sayangnya beberapa orang tua harus diuji dengan adanya gangguan pada perkembangan anak sehingga ia kesulitan berkomunikasi dan bergaul dengan teman sebayanya. Gangguan ini biasa disebut dengan Autis (ASD). Bagi orang tua, pengetahuan tentang gangguan ini akan membantu agar si kecil bisa menyesuaikan dengan lingkungannya. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut.

Tanda Tanda Si Kecil Mengalami Gangguan Berkomunikasi dengan Sekitar (ASD)

Sebenarnya gejala anak yang mengalami gangguan ini sangat beragam dan setiap anak bisa menunjukkan tanda tanda yang berbeda. Akan tetapi secara umum, anak yang mengalami gangguan ini dapat diketahui dari beberapa tanda seperti kesulitan berkomunikasi, kesulitan dalam bersosialisasi dan gangguan perilaku. Si kecil yang kesulitan berbicara, membaca maupun menulis serta memahami isyarat yang akhirnya menyebabkan ia kesusahan untuk memulai percakapan.

Mengasuh Anak Autis Apa Pengaruhnya pada Orang Tua

Tak hanya itu, ia juga tidak bisa memahami maksud dari apa yang dibicarakan orang orang di sekitarnya. Biasanya ia akan mengatakan secara berulang lalu ia dengar atau mengucapkan kata kata dengan irama tertentu seakan sedang bersenandung. Anda juga bisa melihat ia tidak akan melakukan kontak mata saat sedang berbicara. Karena kesulitan berkomunikasi dan terlalu asyik dengan dunianya sendiri, ia juga mengalami kesulitan berinteraksi dengan teman sebayanya.

Bahkan anak yang mengalami gangguan ini juga kurang responsif dan sulit memahami perasaan sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, ia tidak mudah berteman dengan orang lain dan lebih fokus pada suatu objek maupun mata pelajaran di sekolah. Sedangkan beberapa gangguan perilaku yang bisa dilihat diantaranya marah, tertawa atau menangis tanpa disertai alasan yang jelas. Selain itu, ia juga lebih menyukai objek maupun topik tertentu saja.

Tak jarang beberapa aktivitas yang membahayakan diri sendiri juga dilakukannya seperti membentur kan kepala ke dinding maupun menggigit tangan kencang kencang. Meskipun dengan beberapa gangguan yang ia alami, ia juga memiliki sejumlah kelebihan maupun bakat di bidang tertentu. Seperti contohnya tertarik mempelajari seni musik dan menggambar serta dapat belajar secara detail dan mampu mengingatnya dalam waktu yang lebih lama.

Cara Menangani Anak yang Mengalami Gangguan Berkomunikasi dengan Lingkungan (ASD)

Jika melihat gejala di atas pada anak anda, maka anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk menanganinya. Untuk memastikan apakah anak anda memang benar menderita autis atau tidak, sebaiknya periksakan ke dokter anak. Biasanya dokter akan melakukan diagnosa dengan mengevaluasi tumbuh kembangnya serta memberikan saran agar anak anda melakukan sejumlah pemeriksaan seperti tes genetik, tes pendengaran hingga konsultasi psikologi anak.

Autis Cara Mengenali ASD Autism Spectrum Disorder Pada Anak

Sedangkan bagi orangtua sendiri perlu menjalin komunikasi yang baik dengan membiasakan diri mengatakan dengan kalimat yang jelas dan berbicara dengan pelan. Anda juga perlu memberikan waktu kepada anak untuk memahami apa yang sedang anda katakan. Apabila dia masih kesulitan mengerti apa yang anda katakan, anda bisa menambahkan beberapa gerakan tubuh. Anda juga perlu membiasakan diri dengan selalu memanggil dengan namanya.

Memang bukan hal yang mudah menangani anak dengan gangguan ini, karena sejatinya ia juga membutuhkan perhatian yang lebih banyak. Meskipun anak dengan gangguan seperti ini tidak dapat disembuhkan, namun dengan menerapkan beberapa metode untuk menanganinya, maka penderita gangguan ini bisa lebih mudah menyesuaikan diri dengan kehidupan sehari hari serta lingkungannya. Bahkan bukan tidak mungkin jika ternyata dia memiliki bakat tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *