April 9, 2020
Yuk Kenali Gejala Penyakit Kencing Manis yang Wajib Diwaspadai itu

Yuk Kenali Gejala Penyakit Kencing Manis yang Wajib Diwaspadai

Kencing manis atau diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Sekitar 39 % penduduk Indonesia yang menderita penyakit diabetes. Pola hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan yang mengadung karbohidrat berlebih, dapat menyebabkan penyakit diabetes. Penyakit kencing manis perlu diwaspadai dengan mengenali gejala awal pada tubuh.

Gejala Penderita Kencing Manis yang Harus Diketahui

1. Sering Buang Air Kecil

Salah satu tanda yang paling umum seseorang menderita penyakit diabetes adalah sering buang air kecil. Hal ini karena naiknya kadar gula di dalam darah akibat diabetes. Gula darah yang masuk ke ginjal akan disaring dan dikembalikan ke dalam darah. Namun kondisi gula darah yang berlebih, dapat menyebabkan ginjal harus bekerja lebih ekstra. Hal ini bertujuan agar sebagian besar gula yang masuk bisa keluar dari tubuh bersama urine.

Kondisi ini menyebabkan urine yang dikeluarkan menjadi lebih kental, sehingga air yang ada di dalam tubuh dipergunakan untuk mengencerkannya. Kebutuhan air yang banyak pada tubuh, akan memberikan sinyal ke otak agar lebih banyak minum. Karena konsumsi air yang berlebihan, maka penderita penyakit kencing manis harus sering buang air kecil.

Yuk Kenali Gejala Penyakit Kencing Manis yang Wajib Diwaspadai

2. Terdapat Infeksi Pada Saluran Kemih

Infeksi pada saluran kemih disebabkan karena adanya bakteri. Makanan yang mengandung glukosa yang tinggi, dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi naik. Kondisi ini kemudian memicu munculnya bakteri yang mudah berkembang pada saluran kemih. Gejala infeksi kemih ini, umumnya dirasakan oleh wanita yang mengidap penyakit diabetes. Maka dari itu, jika anda mengalaminya rasa sakit pada saluran kemih segera berkonsultasi ke dokter.

3. Tubuh Semakin Kurus

Diabetes menyebabkan kerja hormon insulin terganggu. Hormon insulin pada tubuh berfungsi untuk mengubah zat gula menjadi energi. Gula yang tidak bisa diubah menjadi energi, menyebabkan tubuh mengirim sinyal ke otak bahwa membutuhkan energi lebih sehingga makan lebih banyak. Namun di saat yang sama, otak juga memerintahkan untuk memecah jaringan otot. Pemecahan ini kemudian menyebabkan tubuh kehilangan berat badan.

4. Luka yang Sulit Sembuh

Salah satu ciri yang paling umum pada penderi diabetes adalah luka yang sulit sembuh. Hal ini karena kadar gula dalam darah yang sangat tinggi, menyebabkan mekanisme di dalam tubuh menjadi terganggu. Sehingga kemampuan mendapatkan energi dan oksigen menjadi terhambat, serta sistem kekebalan pada tubuh menjadi menurun. Tidak hanya itu, peradangan pada beberapa bagian tubuh lebih meningkat.

Kadar gula yang terlalu tinggi di dalam darah juga menjadi makanan bagi bakteri yang yang masuk ke dalam tubuh, sehingga bisa berkembang dengan baik. Bakteri-bakteri tersebut kemudian menyebabkan adanya infeksi pada tubuh. Kondisi ini juga menghambat kerja sisitem kekebalan tubuh yang berperan dalam memerangi bakteri jahat. Sehingga prosese penyembuhan luka membutuhkan waktu yang lebih lama.

Yuk Kenali Gejala Penyakit Kencing Manis yang Wajib Diwaspadai ini

5. Rasa Gatal yang Tak Kunjung Reda

Penderita diabetes memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga menghambat sirkulasi darah. Aliran darah yang tidak lancar bisa menyebabkan rasa gatal dan kulit kering. Umumnya penderita diabetes mengeluhkan gatal-gatal pada bagian tangan dan betis dan kaki. Jika anda merasakan gejala ini sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Mengenali gejala penyakit diabetes dapat membuat anda lebih waspadainya agar penyakit tidak semakin parah. Sebenarnya, penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Kondisi kadar gula yang berlebihan disebabkan karena konsumsi makanan yang kurang seimbang seperti kandungan karbohidrat yang berlebih. Selain itu, kurangnya aktivitas dan olahraga juga menyebabkan gula pada tubuh tidak diubah menjadi energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *